3 Cara Membuat Surat Pengunduran Diri yang Benar

30 Jun 2021 by Laruan
3 Cara Membuat Surat Pengunduran Diri yang Benar

Jika Sobat Pintar telah benar-benar yakin untuk meninggalkan tempat kerja, Sobat Pintar pasti ingin menginformasikannya secara profesional. Tentu saja, ada banyak alasan mengapa seseorang ingin keluar dari pekerjaannya, termasuk alasan yang sifatnya personal. Dalam artikel ini, kami membahas mengenai surat pengunduran diri dan bagaimana cara membuat nya.

Surat ini adalah dokumen resmi yang mencatat akhir pekerjaan Sobat Pintar dengan suatu organisasi. Dokumen ini biasanya diperlukan setelah Sobat Pintar menyatakan keputusan untuk pergi meninggalkan kantor dengan mengucapkannya secara langsung atau melalui email.

Yang terbaik adalah berbicara langsung dengan manajer sebelum mengirim surat ini, baik secara langsung, melalui obrolan video, atau melalui telepon sebagai tanda hormat. 

Ini juga merupakan masalah kesopanan profesional untuk mengirimkan ini setelah Sobat Pintar melakukan percakapan ini untuk memberi departemen SDM perusahaan mengenai Sobat Pintar yang meninggalkan pekerjaan.

Biasanya surat pengunduran diri mencakup informasi berikut:

  • Pernyataan pengunduran diri dari perusahaan
  • Tanggal hari terakhir kerja
  • Pernyataan terima kasih
  • Langkah selanjutnya dan informasi penting lainnya
  • Tanda tangan

Terlepas dari alasan Sobat Pintar untuk meninggalkan pekerjaan, komunikasikan keputusan kepada atasan dengan cara yang positif dan hormat. Sebagai dokumen profesional, surat pengunduran diri tidak boleh menyertakan keluhan tentang perusahaan, manajer, atau rekan kerja. 

Agar tetap profesional, hanya sertakan informasi yang tercantum di atas dan gunakan nada positif atau tanpa basa-basi. Sekarang, kita masuk pada pembahasan cara membuat surat ini.

Membuat Surat Pengunduran Diri

Menulis surat pengunduran diri sebenarnya sangatlah sederhana, karena ada beberapa panduan yang nantinya akan kami berikan. Perlu diingat bahwa sebelum menulis surat ini, ada baiknya konsultasi pada pihak SDM untuk mengetahui bagaimana proses yang terkait dengan hal ini

Berikut cara membuat nya:

1. Mulailah dengan perkenalan dan pemberitahuan pengunduran diri

Jika Sobat Pintar mengirimkan salinan cetak surat Sobat Pintar, gunakan format surat bisnis standar dengan tanggal dan informasi kontak Sobat Pintar di bagian atas halaman—jika Sobat Pintar mengirim surat melalui email, informasi ini tidak diperlukan. 

Perkenalkan surat dengan salam formal, sapa penerima dengan nama dan, jika Sobat Pintar mau, gunakan sapaan standar. Contoh nya: “Yang Terhormat, Bapak XX”

Kemudian, jelaskan alasan Sobat Pintar yang jelas untuk mengajukan pengunduran diri resmi dari posisi Sobat Pintar di perusahaan dan sertakan tanggal hari terakhir Sobat Pintar bekerja, contoh nya: “Hari terakhir saya di kantor adalah 20 Juni, sekitar 2 minggu dari sekarang”

2. Sertakan pernyataan terima kasih

Adalah hal yang positif untuk menjaga hubungan kerja tetap baik. Menulis beberapa hal yang Sobat Pintar syukuri selama Sobat Pintar ada di perusahaan akan membantu untuk membuat kesan perpisahan yang damai. Contoh yang bisa Sobat Pintar tambahkan di surat Sobat Pintar:

“Saya sangat berterima kasih, karena selama bekerja disini saya mendapatkan banyak pengalaman sekaligus kawan-kawan yang berharga dalam hidup saya. Saya akan mensyukuri pengalaman yang saya dapatkan saat bekerja dengan anda dan segenap tim.”

3. Kalimat penutup

Tutup dengan pernyataan perpisahan seperti “Hormat kami,” atau ucapan “Terima Kasih,” dan lengkapi dengan nama Sobat Pintar.

Perpisahan memang menyakitkan, tapi itulah yang namanya proses untuk berkembang. Tidak ada salahnya meninggalkan pekerjaan yang lama, justru kita patut bersyukur karena bisa mendapatkan banyak pengalaman yang berharga.

Meninggalkan pekerjaan yang lama untuk pekerjaan baru biasanya memerlukan waktu transisi, dan dalam waktu ini, tentu kebutuhan akan terus berjalan. Apabila Sobat Pintar membutuhkan bantuan finansial, Sobat Pintar bisa mengandalkan Kredit Pintar.

Dengan dana yang langsung cair, Sobat Pintar bisa segera menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan Sobat Pintar mencari pekerjaan baru atau menyambung hidup. Gunakan Kredit Pintar sekarang!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload