Download Dan Instal Windows 11 Gratis, Ini Caranya!

08 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 10 Dec 2021

Windows 11 mulai diluncurkan ke perangkat yang memenuhi syarat beberapa waktu yang lalu, saat Microsoft meluncurkan sistem operasi barunya pada 5 Oktober. Semua orang yang menggunakan Windows 10 dapat meningkatkan versi secara gratis jika mereka memiliki komputer yang kompatibel. Namun, jika Sobat Pintar segera memiliki memperbarui sistem operasi Windows tanpa menunggu tawaran upgrade, ada beberapa cara untuk menginstalnya di komputer, salah satunya dengan dengan langsung download file ISO dan melakukan instal secara mandiri.

Download Dan Instal Windows 11 Gratis, Ini Caranya!

Cara Download dan Instal Windows 11

Pastikan Komputer Siap

Sebelum Sobat Pintar menginstal pembaruan sistem operasi ini, paastikan bahwa komputer Sobat Pintar sudah siap dan semua data pribadi aman.

Pertama, periksa apakah sistem komputer Sobat Pintar dapat mendukungnya. Sobat Pintar dapat melakukan download dan menjalankan aplikasi Microsoft’s PC Health Check untuk memverifikasi bahwa komputer Sobat Pintar memenuhi persyaratan sistem dasarnya berikut ini:

CPU: prosesor 1 GHz atau dual-core yang lebih tinggi atau lebih cepat pada prosesor 64-bit yang kompatibel, atau System on a Chip

Memori: RAM 4 GB

Penyimpanan: 64 GB

TPM: Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0

VGA: DirectX 12 compatible graphics atau WDDM 2.x

Layar: Layar 9 inci atau lebih besar, dengan resolusi 720p atau lebih tinggi

Kemudian, pastikan untuk mencadangkan sistem Sobat Pintar ke drive penyimpanan eksternal atau salah satu layanan pencadangan cloud. Memiliki Windows terbaru lebih awal memang terlihat keren, tetapi Sobat Pintar tentu tidak ingin kehilangan semua data pribadimu, kan?

Cara Update dari Windows 10 ke Windows 11

Jika komputer Sobat Pintar memenuhi persyaratan sistem minimum instalasinya dan sedang menjalankan Windows 10, Sobat Pintar akan mendapatkan tawaran dari Microsoft untuk meningkatkan sistem operasi antara Oktober 2021 dan pertengahan 2022.

Sobat Pintar dapat memeriksa dan melihat apakah pemutakhiran OS Windows dinilai kompatibel untuk komputer Sobat Pintar dengan navigasi ke halaman pengaturan Windows Update Sobat Pintar. Tekan tombol Start dan ketik “Settings”, lalu tekan Enter untuk membuka aplikasi Settings. Dari sana, pilih Update & Security dan kemudian Windows Update, lalu klik tombol Check for Updates.

Jika pemutakhiran Sobat Pintar sudah siap, opsi untuk melakukan download dan menginstal akan muncul. Silakan download dan instal, lalu ikuti petunjuk di layar.

Baca juga: Intip Berbagai Fitur yang Ada di OS Windows Terbaru

Cara Menginstal Windows 11 dari File ISO, Tidak Perlu Upgrade

Jika Sobat Pintar ingin menginstal sistem operasi tersebut di komputer, salah satu cara yang dapat dilakukan tanpa perlu upgrade adalah dengan melakukan download file ISO versi terbaru dari situs web pihak ketiga bernama UU Dump. Ini adalah sumber yang aman dan terpercaya, dan Sobat Pintar bahkan tidak perlu mendaftar ke situs ini.

Download Dan Instal Windows 11 Gratis, Ini Caranya!

Lewat UU Dump, Sobat Pintar dapat download file ISO sendiri, melakukan mount, dan melakukan instalasi secara mandiri seperti yang Sobat Pintar lakukan pada disk boot Windows. Ini adalah proses yang cukup rumit, jadi pastikan untuk membaca panduan tentang cara melakukan instalasi Windows 11 menggunakan file ISO sebelum Sobat Pintar memulai.

Cara Menginstal Build Preview Windows 11 Melalui Windows Insider

Cara lain bisa Sobat Pintar lakukan untuk menikmati Windows 11 lebih awal adalah dengan mendaftar untuk menguji build-nya di Microsoft Windows Insider Program. Sobat Pintar memerlukan komputer yang kompatibel untuk mendapatkan hasil yang terbaik dan lakukan tips berikut untuk upgrade secara resmi.

1. Gabung Program Windows Insider

Untuk mendapatkan Windows 11 sekarang, Sobat Pintar harus berada di Windows Insider Program, di mana Sobat Pintar dapat bergabung melalui situs web Microsoft  (insider.windows.com).

2. Atau, Gunakan Start Menu 

Alternatif lain yang dapat bisa Sobat Pintar lakukan untuk dapat bergabung dengan Windows Insider Program yaitu melalui Windows 10 dengan mengklik Start Menu.

Baca juga: Cara Lakukan Partisi Hard Disk di Windows 10

3. Kemudian Klik Settings

4. Pilih Update & Security

5. Pilih Windows Insider Program 

Sobat Pintar bisa memilih Windows Insider Program di menu sebelah kiri. Jika misalnya Sobat Pintar belum setuju untuk mengirim semua data diagnostik Windows Sobat Pintar ke Microsoft, Sobat Pintar harus melakukannya sebelum Sobat Pintar diizinkan untuk menerima build pratinjau.

Sobat Pintar akan tahu apakah hal ini perlu dilakukan atau tidak karena Microsoft akan memintamu melakukannya pada tahap ini, dan tidak akan mengizinkan Sobat Pintar melanjutkan hingga mengaktivasi “Optional diagnostic data” di Diagnostic Data Section pada panel Diagnostics & Feedback di menu Settings.

6. Selanjutnya, Klik Get Started

Setelah selesai, Sobat Pintar bisa memilih Get Started. Jika Sobat Pintar sudah terdaftar, Sobat Pintar dapat melompat ke langkah nomor 8.

8. Pilih Akun Microsoft 

Setelah itu, Sobat Pintar dapat memilih akun Microsoft mana yang akan Sobat Pintar tautkan.

Download Dan Instal Windows 11 Gratis, Ini Caranya!

9. Pilih Dev Channel dan tekan Confirm

10. Ikuti Petunjuk Selanjutnya 

Nah, sekian sudah cara dan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk melakukan upgrade OS Windows.Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

10 Dec 2021
mobile-closeKredit PintarDownload