Waspadai 6 Penyebab Uban Di Usia Muda, Apakah Berbahaya?

19 May 2021 by kreditpintar
penyebab uban

Munculnya uban seringkali dikaitkan dengan bertambahnya usia. Namun bagaimana jadinya jika uban tersebut muncul di usia yang masih muda? Apa saja penyebab uban di usia muda muncul dengan mudah? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya jika Sobat Pintar simak penjelasan berikut ini :

Ada faktor genetik atau keturunan

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada tahun 2013 lalu dan kemudian dipublikasikan pada Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology. Penelitian tersebut menyatakan bahwa salah satu faktor utama munculnya uban adalah keturunan. Namun selain hal tersebut ada pula beberapa faktor genetis lainnya yang turut mempengaruhi. Seperti ras atau bahkan etnis tertentu.

Hal ini juga dibuktikan melalui studi kasus yang dilakukan pada salah satu ras. Lebih tepatnya pada ras Kaukasia yang ternyata ditemukan bahwa uban muncul pada usia 20 tahunan pada ras tersebut. Hal ini berbeda dengan ras lainnya, seperti ras Asia yang dimulai pada usia 25 tahun dan juga ras lainnya.

Kondisi medis tertentu

Selain faktor genetic, penyebab uban di usia muda juga dapat terjadi pada mereka yang memiliki kondisi medis tertentu. Hal ini juga telah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang berkaitan dengan fungsi tiroid. Dalam hal ini, gangguan pada fungsi tiroid akan menghadirkan munculnya uban pada usia dini.

Tidak hanya itu, mereka yang berada dalam kondisi vitiligo juga dapat mengalami hal serupa. Kejadian ini terjadi akibat adanya sel pigmen melanin yang mati. Sedangkan sel tersebut berperan dalam memberikan pewarnaan pada bagian rambut.

Kurangnya asupan vitamin

Vitamin termasuk dalam salah satu nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kekurangan vitamin tentunya dapat menimbulkan beberapa efek berbahaya. Salah satu diantaranya adalah menghadirkan uban muncul sejak dini.

Beberapa jenis vitamin yang penting untuk menghindari munculnya uban di usia muda adalah vitamin B6, B12, Vitamin D, Vitamin E, juga Biotin. Permasalahan munculnya uban pada mereka yang kekurangan vitamin juga dibuktikan pada studi lainnya. Dalam penelitian tersebut dinyatakan bahwa kekurangan vitamin D3 serta B12 dapat menjadikan rambut beruban.

Penyakit autoimun

Meskipun jarang ditemukan, namun penyakit autoimun juga dapat dinyatakan sebagai penyebab uban di usia muda. Hal ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang justru menyerang dirinya sendiri, serupa dengan kasus alopesia juga vitiligo. Pada permasalahan tersebut, sistem imun menyerang bagian rambut hingga menghilangkan pigmen warna yang dimilikinya.

Akibat penggunaan produk tertentu

Saat ini ada banyak sekali jenis produk yang ditujukan untuk penataan rambut. Dimulai dari shampo, pewarna dan lainnya. Beberapa produk tersebut mengandung bahan kimia yang tentunya memiliki resiko penggunaan berbeda. Namun salah satunya adalah mengurangi produksi melanin, sehingga rambut berubah menjadi beruban.

Sebagai salah satu contoh, kandungan Hidrogen Peroksida yang terdapat pada produk pewarnaan rambut. Bahan kimia tersebut dikenal sebagai salah satu bahan penyebab uban di usia muda. Karena itulah jika Sobat Pintar menggunakan produk dengan kandungan bahan tersebut, pastikan untuk tidak menggunakannya secara berlebih.

Neurofibromatosis

Hal lainnya yang juga menjadikan munculnya uban di usia muda adalah Neurofibromatosis. Jenis permasalahan yang satu ini merupakan kondisi bawaan sejak lahir. Hal ini ditandai dengan munculnya tumor yang tumbuh di setiap bagian saraf. Baik itu pada saraf perkembangan tulang atau bahkan kulit yang juga berubah menjadi tidak normal.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat mengenai beberapa faktor yang membuat uban muncul di usia muda dan sebaiknya Sobat Pintar perhatikan dan waspadai.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload