Waspadai 6 Penyebab Nafsu Makan Berkurang

23 Aug 2021 by Laruan

Apa yang jadi penyebab penyebab nafsu makan berkurang? Pernahkah Sobat Pintar merasakan nafsu makan menghilang? Padahal makanan yang disajikan merupakan hidangan favorit. Dalam hidup pasti seseorang pernah merasakan hilang nafsu makan, dikarenakan satu dan lain hal.  Di bawah ini akan kami ulas informasi lengkapnya beserta tips menambah nafsu makan.

Waspadai 6 Penyebab Nafsu Makan Berkurang

Penyebab Nafsu Makan Menurun

Pada dasarnya banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan nafsu makan seseorang menurun bahkan hilang. Umumnya hal tersebut dapat terjadi karena terdapat gangguan medis atau kesehatan mental. Ciri paling menonjol ketika seseorang kehilangan nafsu makannya adalah berat badan yang menurun atau kekurangan gizi.

Peristiwa ini tentu saja tidak bisa dianggap sepele, perlu dilakukan tindakan khusus agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan. Untuk menghindarinya maka seseorang harus mengetahui terlebih dahulu soal penyebab nafsu makan berkurang, dan bagaimana cara mengatasinya. Berikut akan kami uraikan informasi lengkapnya:

1. Efek Samping Obat-Obatan

Penyebab pertama mengapa nafsu makan seseorang bisa menurun, karena efek samping mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Hal ini biasanya diikuti dengan rasa mual, rasa lelah, apalagi pada seseorang yang sedang menjalani perawatan kanker.

Adapun sederet obat yang dapat menghilangkan nafsu makan tersebut adalah Antidepresan, Antibiotik, obat diabetes tipe 2. Obat lainnya seperti obat penghilang rasa sakit, steroid anabolik dan morfin.

2.Infeksi

Baik itu infeksi karena virus maupun infeksi karena bakteri, seseorang yang terkena infeksi umumnya dapat menyebabkan nafsu makan berkurang. Ada beberapa jenis infeksi yang bisa membuat nafsu makan berkurang pada seseorang. 

Adapun infeksi yang dapat mempengaruhi selera makan diantaranya radang paru-paru, Gastroenteritis, flu dan meningitis. Selain itu infeksi saluran pernapasan bagian atas, infeksi pada kulit, dan radang usus besar. Ketika infeksi yang sedang Sobat Pintar jalani membaik, maka nafsu makan bisa kembali normal.

3.Masalah Pada Mulut dan Gigi

Bukan perkara aneh lagi jika seseorang yang sedang mengalami masalah pada mulut dan gigi, bisa mengganggu nafsu makan. Seperti sukar mengunyah, sukar mencicipi makanan hingga susah menelan makanan.

Adapun kondisi yang sering terjadi adalah sakit gigi, abses gigi, mulut kering, sariawan, hingga pemasangan gigi palsu yang kurang pas. Biasanya seseorang yang mengalami beberapa kondisi tersebut akan kehilangan nafsu makan secara tidak langsung. Selain dikarenakan sulit untuk mengunyah dan menelan, rasa malas pun bisa menjadi faktornya.

4.Gangguan Psikologis

Penyebab nafsu makan berkurang berikutnya adalah dikarenakan gangguan psikologis, terutama pada orang dewasa yang lebih tua. Namun para ahli belum mengetahui secara pasti apa penyebabnya tersebut. 

Bagi beberapa orang nafsu makan cenderung berkurang ketika ia merasa sedih, berduka, cemas, atau tertekan. Bahkan nafsu makan berkurang juga dikaitkan dengan tingkat stres dan bosan pada seseorang. 

Selain itu gangguan makan atau eating disorder seperti Anoreksia Nervosa juga dapat memicu nafsu makan berkurang. penyandang gangguan makan ini cenderung banyak kehilangan berat badan dan khawatir berat badannya bertambah. Nah, bila kondisi ini terus dibiarkan Anoreksia dapat menyebabkan malnutrisi. 

5.Masalah Pada Indera

Pada dasarnya seseorang akan tergiur ketika ia melihat, mencicipi, dan mencium makanan, sehingga nafsu makannya akan meningkat. Bila salah satu dari indera tersebut terganggu, maka dapat menghilangkan nafsu makan pada seseorang. Jadi salah satu sebab nafsu makan menjadi berkurang bisa diakibatkan karena gangguan penglihatan, indera pengecap, hingga gangguan penciuman. 

6.Faktor Usia

Perlu Sobat Pintar ketahui jika seorang lansia paling sering mengalami kondisi menurunnya nafsu makan. Faktor usia dapat memperlambat pengosongan perut, sehingga orang yang lebih tua mungkin merasakan kenyang lebih lama. Selain itu dikarenakan bertambahnya usia aktivitas akan berkurang, sehingga tidak akan mudah merasa lapar.  

Setelah mengetahui beberapa penyebab seseorang kehilangan nafsu makan, maka kurang lengkap jika tidak membahas tips menambah nafsu makan. Di bawah ini ada beberapa cara menambah nafsu makan yang perlu Sobat Pintar ketahui.

Tips Menambah dan Meningkatkan Nafsu Makan

Bagi seseorang yang memiliki kekurangan berat badan atau mudah sekali kehilangan berat badan, kehilangan nafsu makan menjadi persoalan penting. Sobat Pintar pastinya paham betul berapa pentingnya makan beberapa jenis makanan untuk menjaga kesehatan tubuh. Baik itu untuk menjaga berat badan agar tetap ideal, atau untuk menjaga agar tidak mudah kehilangan berat badan. 

1.Makan Lebih Sering dengan Porsi Lebih Sedikit

Makan dengan piring besar nasi dengan lauk pauk yang lengkap, mungkin akan terasa sulit untuk menghabiskannya. Dengan pemandangan yang seperti itu membuat seseorang akan lebih malas dan enggan untuk makan, dan nafsu makan akan terganggu. Tetapi merubah gagasan tersebut menjadi “ngemil”, mungkin akan terasa lebih menggoda lagi.

Singkatnya daripada Sobat Pintar makan tiga kali sehari dalam porsi yang banyak, lebih baik makan 6-7 kali sehari dalam porsi sedikit. Selain itu hindarilah makanan dengan kalori yang kosong seperti kue basah, gula, soda dan keripik. Seiring bertambahnya usia kebutuhan gizi akan lebih tinggi dibandingkan dengan kalori. Pilihlah makanan yang berkalori rendah namun padat nutrisi, seperti kacang-kacangan, buah-buahan kering, selai kacang dan lainnya.

2.Buatlah Makanan Lebih Menarik

Cara menambah nafsu makan berikutnya adalah dengan membuat makanan lebih menarik. Membuat kreasi makanan agar terlihat lebih menarik tidak hanya berlaku untuk anak kecil saja. Terkadang orang dewasa pun perlu membuat makanan semenarik mungkin, untuk menambahkan selera makan mereka. 

Salah satu faktor seseorang tergoda dengan makanan dikarenakan indera yang dimilikinya. Maksudnya seseorang akan lebih tertarik memakan sesuatu dikarenakan penampilannya, aromanya, dan rasanya. Jadi buatlah makanan semenarik mungkin, sehingga selera makan Sobat Pintar akan semakin terpacu. 

3.Mengatur Waktu Makan

Cara menambah nafsu makan selanjutnya adalah dengan membuat jadwal makanan secara teratur. Alih-alih makan karena rasa lapar saja, makan sesuai jadwal yang telah ditentukan akan lebih efektif. Jadi buatlah jadwal makan setiap harinya, sehingga seseorang akan cenderung mengikuti jadwal makan tersebut. Karena jadwal makan inilah seseorang akan rutin makan meskipun ia sedang tidak ingin makan. 

4.Berolahraga 

Membakar kalori ketika berolahraga memang terlihat bertentangan dengan logika. Bagaimana bisa dengan berolahraga justru dapat meningkatkan nafsu makan seseorang, bukankah akan membuat Sobat Pintar lelah dan tak bersemangat?.

Tidak banyak yang tahu jika melatih fisik dapat merangsang nafsu makan pada seseorang. Dengan melakukan aktivitas fisik akan merilis senyawa kimia dalam otak, sehingga akan meningkatkan mood dan merangsang nafsu makan Sobat Pintar. Lakukanlah beberapa jenis olahraga yang dapat meningkatkan nafsu makan seperti kardio, dan latihan fisik melatih otot. Bahkan melakukan kegiatan fisik ringan seperti berjalan kaki selama 10 menit pun, dapat merangsang nafsu makan seseorang. 

Selain yang telah disebutkan di atas, setiap orang mempunyai cara masing-masing dalam meningkatkan nafsu makan. Contoh paling sederhana dan mudah yakni makan dengan cara yang disukai atau dengan melakukan kegiatan favorit. Sederhananya penyebab nafsu makan berkurang pada seseorang dikarenakan dua hal, yakni karena gangguan kesehatan fisik dan kesehatan mental.

Baca Juga: 3 Alasan Kredit Pintar Jadi Fintech P2P Lending Aman

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload