Jadi Wanita Mandiri, Harus Tahu Cara Dapat Uang Sendiri!

21 Sep 2018 by Edwin

“A woman must have money and a room of her own if she is to write fiction.”Virginia Woolf

Kutipan di atas ditulis oleh Virginia Woolf, seorang penulis sekaligus seorang feminis yang gencar memperjuangkan hak wanita melalui novel-novel yang ditulisnya semasa hidupnya dulu. Maksud dari kutipan itu adalah untuk bisa menikmati hidup, paling tidak seorang wanita harus tau cara dapat uang sendiri.

Gimana? Sobat Pintar setuju nggak dengan pernyataan di atas?

Kita tumbuh di dunia dengan sistem patriarki yang mendominasi, dimana pandangan akan derajat pria masih lebih tinggi daripada wanita. Termasuk dalam keluarga, dimana posisi kepala keluarga selalu diisi oleh suami. Yang dalam uraian tugasnya mewajibkan kepala keluarga untuk bekerja sementara sang istri hanya bisa jadi ibu rumah tangga mengandalkan penghasilan suaminya.

Padahal kalau dibahas lebih lanjut, ada berbagai alasan mengapa wanita harus tahu cara dapat uang sendiri:

Bantu keuangan keluarga

Salah satu keunggulan kalau istri tahu cara dapat uang sendiri tentunya adalah bisa membantu keuangan keluarga, baik sebagai tambahan ataupun penghasilan inti. Kalau selama ini sumber pendapatan hanya bergantung dari suami, kini istri juga menambah sumber pendapatan. Uang tersebut juga bisa disimpan sebagai uang cadangan untuk keperluan dadakan.

Bisa beli barang yang diinginkan tanpa harus minta suami

Yakin deh kalau istri hanya bergantung dari pendapatan suami saja, pasti kalau mau beli barang yang diinginkan ada perasaan tidak enak. Apalagi kalau sudah mempunyai anak. Pasti mau tidak mau, kebutuhan anak harus terpenuhi dahulu. Seringkali, keinginan istri untuk membeli barang baru harus dilupakan karena tidak enak harus meminta uang dari suami.

Nah, kalau istri tau cara dapat uang sendiri, rasa tidak enak itu tidak akan muncul. Dengan punya pendapatan sendiri, Istri tidak perlu melupakan keinginan untuk beli sepatu atau tas baru karena harus kalah dengan kebutuhan lain.

Kedudukan istri dalam keluarga jadi setara dengan suami

Meskipun sudah jarang dibahas, kasus kekerasan dalam rumah tangga dimana istri menjadi korban sang suami masih banyak terjadi. Seringkali sebabnya adalah suami yang semena-mena, merasa dirinya paling tinggi karena menjadi tulang punggung keluarga. Dan parahnya, dalam kasus-kasus kekerasan rumah tangga yang tak terungkap, istri tidak melapor ke pihak berwajib karena merasa hidupnya bergantung pada suaminya. Hubungan keluarga seperti itu tentunya tidak sehat.

Karena itu, manfaat lain kalau istri tahu cara cari uang sendiri adalah suami tidak bisa semena-mena kepada istri. Dengan begini, kedudukan istri bisa sejajar dengan suami kalau menggunakan uang sebagai tolak ukur kedudukan.


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan tips mengatur keuangan lain yang bermanfaat. Ingin mengenal Kredit Pintar lebih dekat?

mobile-closeKredit PintarDownload