Cara Meningkatkan Hard Skill yang direkomendasikan

25 Aug 2021 by Laruan

Kemampuan dan keterampilan seseorang dapat dibagi menjadi dua, yaitu hard skill dan soft skill. Soft skill merupakan kemampuan yang berhubungan dengan kepribadian seperti kemampuan memimpin, berorganisasi, dan kerja tim. Sedangkan hard skill merupakan kemampuan yang akrab dengan keterampilan tertentu yang bisa diasah dengan cara berlatih maupun menempuh pendidikan.

Hard skill dalam dunia kerja tentu sangat beragam. Misalnya adalah hard skill sebagai seorang akuntan, guru, dokter, atlet, marketing, dan lain sebagainya. Kemampuan ini lah yang akan menentukan apa pekerjaan seseorang yang bisa ia tangani sesuai dengan keterampilan yang dimiliki. Karena tidak mungkin seseorang bekerja pada bidang yang tidak sesuai dengan keterampilannya.

Misalnya adalah seorang guru yang tidak mungkin bekerja sebagai dokter apabila ia belum menempuh pendidikan dan keprofesian sebagai dokter. Keterampilan tersebut perlu dimiliki sebelum seseorang menangani suatu pekerjaan yang berkaitan pada bidang tersebut. Yuk simak cara meningkatkan hard skill yang dibutuhkan dan mudah untuk dilakukan!

Cara Meningkatkan Hard Skill yang direkomendasikan

Menempuh Pendidikan Sesuai Keterampilan

Cara meningkatkan hard skill yang paling sering dilakukan adalah dengan menempuh pendidikan yang sesuai dengan keterampilan yang diinginkan. Misalnya apabila Anda ingin memiliki skill di bidang komputer sebagai IT, Anda bisa menempuh pendidikan tinggi di jurusan Ilmu Komputer agar Anda dapat memperoleh ilmu yang sesuai dengan skill tersebut.

Di bangku pendidikan tinggi, Anda bisa mengenyam suatu ilmu secara utuh dalam waktu bertahun-tahun. Mulai dari dasar hingga tingkat yang lebih tinggi bisa Anda kuasai ketika menempuh pendidikan yang lebih tinggi baik itu S1, S2, bahkan hingga program S3. Pilihlah universitas terbaik yang menyediakan program studi sesuai bidang skill yang Anda minati.

Keunggulan dari cara yang pertama ini adalah Anda memperoleh pendidikan formal dengan kurikulum yang telah dipersiapkan dan memenuhi standar nasional. Setelah lulus, Anda juga dibekali dengan ijazah yang bisa menunjang Anda untuk melamar pekerjaan yang sesuai dengan program studi yang telah Anda tempuh. Dengan demikian, akan lebih mudah lolos administrasi ketika diseleksi oleh HRD perusahaan.

Mengikuti Kursus Online

Untuk bisa meningkatkan skill Anda pada suatu bidang keterampilan, Anda juga bisa menjadikan kursus online sebagai jalan alternatif. Tidak melulu pendidikan formal yang dapat menunjang dan membantu Anda dalam meningkatkan skill yang diminati. Apalagi jika Anda memiliki keterbatasan waktu, sumber daya, maupun secara finansial sehingga tidak memungkinkan untuk menempuh pendidikan formal.

Kursus online terbilang sangat solutif mengingat kemudahan pendidikan yang ditawarkan. Sekarang, telah banyak tersebar berbagai platform dan jasa kursus online yang bisa menjadi pilihan bagi Anda dalam meningkatkan hard skill. Kursus online biasanya lebih fleksibel dengan pilihan waktu atau jadwal yang bisa disesuaikan dengan kesibukan keseharian Anda.

Tak hanya itu, Anda juga bisa memodifikasi biaya kursus sesuai dengan kompetensi apa saja yang Anda butuhkan. Tidak seperti bangku kuliah yang mengharuskan Anda menempuh semua mata kuliah yang ada di dalam kurikulum. Kursus online dapat memberikan Anda kebebasan akan kompetensi apa saja yang Anda ingin ikuti.

Cara Meningkatkan Hard Skill yang direkomendasikan

Belajar Secara Otodidak

Apabila Anda tidak memiliki anggaran untuk mengambil sejumlah kursus online yang mungkin menawarkan harga yang cukup fantastis, maka Anda bisa belajar sendiri secara otodidak. Di era teknologi yang maju sekarang, telah banyak tersebar berbagai video yang membahas tentang suatu keterampilan.

Anda bisa mengakses beberapa platform seperti Youtube dan lain sebagainya. Di sana, Anda bisa mencari video-video pembelajaran dan menyimaknya dari dasar hingga ke level yang lebih expert. Tak hanya video, ada banyak blog atau media sosial yang memberikan edukasi dan materi pembelajaran secara cuma-cuma terkait suatu skill.

Anda juga bisa memperlengkap sarana pembelajaran secara otodidak dengan membeli sejumlah buku atau e-book yang mengupas skill yang Anda minati. Bertanya kepada rekan atau teman yang lebih expert dalam skill tersebut juga bisa menjadi solusi agar Anda memiliki seorang mentor yang lebih berpengalaman.

Pentingnya Mentor

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, seorang mentor yang berpengalaman tentu saja dapat memberikan pencerahan dan penjelasan lebih lanjut terkait hal-hal yang Anda tidak pahami dengan baik sebelumnya. Mentor atau orang yang lebih mahir dalam suatu bidang akan mengetahui di mana letak kekurangan dan apa keunggulan Anda dalam suatu skill tertentu.

Jangan patah semangat ketika mentor memberikan kritik ataupun saran asalkan kritik dan saran tersebut bersifat konstruktif atau membangun. Kritik dan saran yang diberikan akan menjadi pedoman bagi Anda untuk lebih mengevaluasi dan melakukan perbaikan pada sisi yang sebelumnya masih diberi kritik tersebut. 

Konsisten dan Disiplin

Kunci dari cara meningkatkan hard skill adalah dengan melakukan latihan dan praktik secara konsisten dan disiplin. Orang yang berlatih dan melakukan praktik lebih banyak dan teratur tentu saja akan lebih mahir daripada orang yang jarang berlatih. Latihan dan praktik akan membuat Anda terbiasa dalam melakukan skill tersebut sehingga keterampilan yang dimiliki semakin terasah.

Tak hanya itu, ketika seseorang melakukan latihan dan praktik secara konsisten dan disiplin, biasanya mereka akan menemukan beberapa kendala dan permasalahan. Namun jangan putus asa, ketika menemukan permasalahan atau bahkan kegagalan, segera cari jalan keluar untuk memperbaikinya. Dengan demikian, Anda akan mengenal secara lebih dalam terkait skill tersebut.

Ke depannya, Anda tidak akan merasa kebingungan apabila menemui masalah atau kegagalan yang serupa. Hal tersebut disebabkan oleh pengalaman Anda memecahkan masalah dan mencari jalan keluar ketika menjumpai kegagalan yang terjadi selama berlatih dan praktik secara konsisten. Tidak heran apabila praktik merupakan kunci dari suatu skill.

Anda bisa menyusun jadwal rutin berlatih atau praktik sehingga diri Anda dapat lebih konsisten dalam berlatih. Sesekali tanyakan kepada mentor terkait hasil praktik yang Anda lakukan. Minta lah saran maupun kritik supaya praktik dan latihan Anda ke depannya akan jauh lebih baik dari sebelumnya. Jangan lupa untuk mencatat setiap progress yang Anda miliki. 

Catat pula permasalahan-permasalahan yang muncul selama berlatih beserta solusi atau jalan keluarnya. Dengan demikian, Anda dapat memanfaatkan dan mengandalkan catatan tersebut ketika ke depannya Anda menjumpai permasalahan yang serupa lagi. Anda bisa pula membandingkan solusi yang Anda miliki dengan solusi yang diberikan oleh mentor Anda.

Apabila Anda dapat belajar dari kesalahan, maka hal ini dapat membantu Anda untuk lebih berhati-hati di waktu yang akan datang. Dengan demikian, peluang untuk melakukan kesalahan yang sama tentu saja akan semakin kecil.Demikianlah beberapa cara meningkatkan hard skill yang sangat mudah untuk dilakukan. Lakukan setiap langkah dengan kemauan yang keras dan sikap pantang menyerah. Jangan bosan untuk memperdalam kemampuan yang dimiliki supaya Anda bisa memiliki nilai plus tersendiri karena telah mahir pada suatu hard skill tertentu. Selamat mencoba!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload