Wajib Coba, Begini 13 Cara Mengatasi Malas Belajar

18 Jun 2021 by kreditpintar
Wajib Coba, Begini 13 Cara Mengatasi Malas Belajar

Rasa malas memang seringkali tidak dapat kita hindari, itu merupakan sesuatu yang normal saja. Namun sebaiknya tidak Sobat Pintar biarkan berlarut-larut hingga banyak pekerjaan menjadi terbengkalai. Ketika rasa malas bertumpuk di dalam diri, maka dapat mengakibatkan kurang fokus dan kinerja menurun. Yuk, simak ulasan lengkap cara mengatasi malas belajar di bawah ini!

Pengertian Malas

Menurut self determination theory, seseorang bisa merasa malas untuk melakukan banyak hal karena kekurangan motivasi intrinsik. Motivasi intrinsik merupakan dorongan untuk melakukan sesuatu berdasar sumber eksternal dan menghasilkan imbalan internal. 

Mengapa Rasa Malas Muncul Di Dalam Otak?

Sebelum mengulas cara mengatasi malas belajar, Sobat Pintar perlu mengetahui mengapa rasa malas dapat hinggap di otak manusia?

Berdasarkan penelitian menggunakan pemindaian MRI, hasilnya adalah korteks premotor pada otak tidak menyala karena terputus. Hal inilah yang menyebabkan seseorang menjadi malas. Akibatnya, otak harus berupaya keras untuk menyalakan kembali.

Di dalam sebuah jurnal cerebral cortex tahun 2012, menemukan bahwa tingkat dopamin di otak dapat berperan sebagai motivasi manusia untuk melakukan sesuatu. Namun tingkat dopamin dapat memberikan reaksi yang berbeda-beda pada setiap manusia. 

Pekerja kerja mempunyai tingkat dopamin lebih banyak sedangkan orang malas cenderung memiliki tingkat dopamin yang lebih rendah. 

Penyebab Rasa Malas

Menurut Jodi Clarke, seorang Psikolog asal Amerika Serikat, terdapat beberapa penyebab seseorang menjadi lebih malas. 

  1. Rencana Yang Terlalu Besar

Salah satu penyebab orang sering merasa malas adalah rencana yang terlalu muluk-muluk, sehingga melupakan hal-hal kecil di sekitar. Apabila suatu saat Sobat Pintar merasakan kesulitan mencapai rencana tersebut, maka secara otomatis mengubah pandanganmu. Hal inilah yang memunculkan rasa malas. 

  1. Terlalu Berharap Bahwa Segala Berjalan Baik

Ekspektasi yang tinggi pada sesuatu terkadang memang kurang bijak. Sebab, banyak hal dapat terjadi di luar rencana semula. Sobat Pintar akan merasa kesal ketika sesuatu terjadi tidak sesuai harapan. Perasaan kesal inilah yang dapat memunculkan rasa malas. 

  1. Terlalu Mendengar Kritik Dari Orang Lain

Terkadang kritik memang membangkitkan motivasi. Namun tidak semua orang tahan dengan kritikan. Sobat Pintar harus mulai memilah mana kritik yang membangun dan mana yang tidak. 

Jika Sobat Pintar selalu mendengarkan kritikan buruk dari orang lain, secara otomatis malas akan muncul di dalam otak Sobat Pintar. 

Cara mengatasi malas belajar

Rasa malas tentu saja harus Sobat Pintar lawan. Berikut adalah beberapa cara mengatasi malas belajar yang bisa Sobat Pintar coba, antara lain :

1. Fokus Pada Tujuan

Penyebab rasa malas adalah berkurangnya motivasi di dalam diri dan kehilangan fokus. Untuk mengembalikan fokus, Sobat Pintar bisa melakukan aktivitas fisik seperti rutin berolahraga ringan. Cukup jalan-jalan santai di sekitar rumah selama minimal 30 menit maka perasaan malas pun berangsur menghilang.  

2. Bermeditasi

Meditasi merupakan salah satu cara mengatasi malas belajar yang dapat Sobat Pintar lakukan sejenak. Misalnya melakukan meditasi di tengah-tengah waktu istirahat kerja atau sebelum berangkat ke kantor agar menambah konsentrasi. 

Dengan melakukan meditasi rutin, Sobat Pintar akan menjadi lebih tenang dan mendapatkan positive vibes, sehingga dapat mengusir rasa malas. 

3. Istirahat Yang Cukup

Salah satu alasan orang malas beraktivitas yaitu kurang istirahat. Apabila tubuh terus menerus melakukan aktivitas tanpa memperhatikan kualitas istirahat maka konsentrasi juga akan menurun, hingga muncul rasa malas. 

Usahakan tidur selama 8 jam per hari, sehingga energi di dalam tubuh Sobat Pintar akan kembali terisi. Setelah bangun tidur pun Sobat Pintar bisa menjadi lebih bersemangat dan segar. 

4. Tidak Menunda Pekerjaan

Cara mengatasi rasa malas selanjutnya adalah tidak menunda melakukan sesuatu. Menunda pekerjaan justru akan membuat beban yang lebih berat di kemudian hari. Usahakan untuk segera melakukan pekerjaan sekecil apapun. 

Apabila Sobat Pintar terbiasa melakukan pekerjaan yang kecil dengan tepat waktu, maka dapat melawan rasa malas muncul di dalam otak. 

5. Menjauhkan Diri Dari Sofa atau Tempat Tidur

Buatkan jadwal tidur yang tertib, jika belum waktu untuk beristirahat sebaiknya tidak mendekati tempat tidur atau sofa. Sebab, tempat tidur atau sofa dapat memberi sugesti untuk bermalas-malasan atau sekadar rebahan saja. 

Jika terlanjur demikian maka rasa malas pun sudah pasti datang menyelimuti pikiran Sobat Pintar. 

6. Buatlah Jadwal Harian

Cara lain untuk mengatasi rasa malas adalah membuat jadwal kegiatan harian. Sobat Pintar bisa membuat target harian, agar tetap terlaksana dengan baik. 

7. Mengubah Persepsi

Untuk mengatasi rasa malas yang menyelimuti pikiran, Sobat Pintar harus memotivasi diri sendiri. Caranya, Sobat Pintar perlu mengubah persepsi.

Buat sugesti positif yang Sobat Pintar ucapkan berulang kali di dalam diri, misalnya “Saya mau mulai kerja.” Penggunaan kata “Mau” dapat mensugesti alam bawah sadar dan mengendalikan pikiranmu. Sehingga Sobat Pintar pun menjadi lebih termotivasi.

8. Jauhkan HP atau Smartphone

Kenapa bisa begitu? Karena HP adalah sumber dari segala kemalasan. Jika Sobat Pintar sudah memegang HP/ smartphone pasti tangan akan gatal untuk membuka aplikasi sosial media yang terkadang membuat lupa waktu. 

Sehingga banyak waktu terbuang sia-sia hanya karena Sobat Pintar asyik scroll beranda sosial media atau stalking gebetan. Cobalah menjauhkan HP dari pandanganmu ketika ada pekerjaan yang harus segera Sobat Pintar kerjakan. 

9. Apresiasi Segala Keberhasilan

Cara mengatasi rasa malas berikutnya adalah memberikan hadiah kepada diri sendiri atas apa yang telah Sobat Pintar capai. Karena segala bentuk apresiasi dapat meningkatkan motivasi di dalam diri. 

10. Mengonsumsi Makanan Yang Sehat

Jenis makanan ternyata dapat mempengaruhi rasa malas, lho. Makanan yang mengandung protein tinggi dapat mempertahankan kadar gula di dalam tubuh lebih stabil. Sehingga Sobat Pintar akan merasa terus berenergi sepanjang waktu. 

Lain halnya ketika Sobat Pintar lebih banyak mengonsumsi karbohidrat. Makanan ini akan mengenyangkan dan membuat lebih malas untuk melakukan aktivitas lainnya. 

11. The Future Depends What You Do Today

Percaya tidak percaya, masa depan Sobat Pintar bergantung dengan apa yang Sobat Pintar lakukan hari ini. Jika Sobat Pintar tidak melawan rasa malas maka jangan mengeluh apabila hidup menjadi lebih susah. Tidak mau seperti itu, bukan?

12. Melawan Rasa Bosan

Perasaan bosan melakukan kegiatan yang sama sepanjang waktu, dapat memunculkan rasa malas. Maka tugasmu adalah melawan rasa bosan tersebut. 

Identifikasi terlebih dahulu apa yang menjadi sumber rasa bosan, selanjutnya atasi permasalahan tersebut. Ketika rasa bosan sudah teratasi, maka perasaan malas pun berangsur berubah menjadi semangat yang baru. 

13. Solo Travelling

Cara mengatasi rasa malas yang terakhir adalah solo travelling menikmati alam. Sobat Pintar bisa mengunjungi pantai, gunung atau tempat-tempat yang dapat meningkatkan semangatmu. Sebab udara segar dapat membantu usir rasa malas. 

Butuh dana cepat cair untuk bekal liburan melepas penat? Ajukan pinjaman dana tunai sekarang juga ke aplikasi Kredit Pintar. Jangan kuatir, proses pengajuan yang praktis, tidak ribet dan cepat memudahkan Sobat Pintar mendapatkan pinjaman uang. 

Jadi tunggu apalagi? Cobalah untuk solo travelling sebagai salah satu cara mengatasi rasa malas yang menyelimuti hari-harimu. Kembalikan semangat di dalam diri untuk memaksimalkan kemampuan.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload