8+ Ide Usaha di Kampung Modal 2 Juta, Omzetnya Mantap!

22 Jan 2024 by kreditpintar, Last edit: 22 Jan 2024

Menjadi pengusaha itu tak mesti harus tinggal di kota. Namun bagi Anda yang tinggal di desa pun bisa jadi pebisnis yang mampu menghasilkan keuntungan besar lho! Modalnya juga tidak terlalu banyak. Dengan usaha di kampung modal 2 juta, Anda bisa meraih pendapatan yang menggiurkan. Simak berbagai ida usahanya dalam paragraf berikut. 

Baca juga: 10+ Usaha Sampingan di Desa yang Menguntungkan

Ide Usaha di Kampung Modal 2 Juta

Mengapa harus dua juta rupiah? Alasannya karena nominal tersebut merupakan nilai rentang paling minimum yang wajib Anda keluarkan untuk memulai sebuah bisnis. Tujuannya adalah supaya usaha yang akan Anda bangun dan kembangkan bisa segera tersalurkan kepada pembeli. Tertarik mengetahui lebih jauh mengenai apa saja usaha di kampung modal 2 juta rupiah yang kami maksud tersebut? Simak daftarnya di bawah ini.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Modal 1 Juta yang Menjanjikan

1. Budidaya Ikan Lele

Hobi pelihara ikan? Punya lahan lumayan luas di belakang rumah? Mengapa tidak mencoba melakukan budidaya ikan lele? Sebagai informasi, ikan lele termasuk ke dalam jenis ikan yang mudah beradaptasi dan masa berkembang biaknya pun cepat. Alhasil, budidaya-nya pun tidak akan terlalu sulit bagi Anda yang baru saja ingin memulai bisnis terutama bisnis ikan lele.

Selain karena lahan Anda di daerah pedesaan lumayan luas dibanding perkotaan, kondisi lingkungan serta cuacanya yang tak terlalu panas juga bisa membuat budidaya ternak lele Anda akan semakin mudah untuk dijalankan. Anda pun tak perlu harus membuat kolam semen, cukup gali tanah pada lahan yang ada lalu lapisi dengan terpal. 

Ide usaha di kampung modal 2 juta yang satu ini peluangnya cukup menjanjikan. Apalagi mengingat tingkat konsumsi masyarakat terhadap ikan lele cukup tinggi. Anda bisa memulai budidaya-nya dengan membeli ikan lele indukan dan ternak sendiri untuk mendapatkan bibit ikan lele ternak yang sesuai dengan yang Anda inginkan. 

2. Ternak Burung Puyuh

Selain ikan lele, ternak burung puyuh juga bisa menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan untuk Anda coba di kampung. Tak jauh berbeda dengan lele, tingkat konsumsi masyarakat terhadap burung puyuh juga lumayan tinggi. Selain dagingnya dijual di warung-warung lesehan untuk lauk lalapan, burung puyuh juga umum digunakan dalam masakan seperti telur puyuh balado, bakso telur puyuh, hingga untuk campuran sop di rumah makan. 

Tak hanya itu, bulu dan kotoran burung puyuh pun juga bisa ditukar dengan rupiah lho! Tentunya tingginya permintaan burung puyuh ini bisa Anda manfaatkan sedemikian rupa sebagai usaha di kampung modal 2 juta supaya bisa mendapatkan keuntungan. 

3. Bisnis Pulsa dan Kuota Internet

Dengan modal 2 juta rupiah, Anda bisa membeli sebuah etalase kecil dan pembelian pulsa serta paket data internet. Sekarang internet sudah merambah banyak wilayah di Indonesia, termasuk di daerah pedesaan dan perkampungan. Perkembangan teknologi yang semakin pesat mau tak mau memaksa semua orang untuk bisa mengakses internet secara terus-menerus. 

Oleh karenanya, peluang bisnis pulsa dan kuota internet ini menjadi salah satu pilihan bisnis terbaik yang bisa Anda coba di kampung. Tidak usah mendirikan toko seperti kebanyakan toko pulsa di kota, cukup jadikan teras rumah Anda sebagai outlet bisnis..

4. Berjualan Sembako

Kelihatannya mungkin sepele, namun berjualan sembako (sembilan bahan pokok) di kampung juga bisa menjadi bisnis yang sangat berpotensial mendatangkan banyak cuan, lho! Untuk membuka warung, cukup sulap lahan pekarangan rumah Anda untuk dijadikan sebagai toko kelontong.

Ingat, sembako adalah kebutuhan sehari-hari yang pastinya terus-menerus diperlukan oleh setiap keluarga. Artinya, minimal setiap hari Anda akan mendapatkan pemasukan dari toko sembako ini. Apalagi jika nantinya bisnis Anda semakin berkembang, pastinya keuntungan Anda pun akan semakin berlipat ganda.

Belum lagi bila mengingat jarak desa dengan kota terdekat yang lumayan jauh. 

Keterbatasan seperti ini bisa menjadi peluang yang bagus untuk Anda karena pastinya warga desa harus menempuh jarak jauh untuk berbelanja sembako setiap hari. Nah, dengan adanya toko kelontong Anda tersebut maka masyarakat sekitar pun akan terbantu dan mereka pun tak perlu lagi jauh-jauh berbelanja ke kota. 

Beberapa contoh bahan sembako yang dicari setiap hari oleh masyarakat adalah seperti beras, gula, telur, minyak goreng, mie instan, kecap, susu, bumbu-bumbu dapur, air mineral, dan masih banyak lagi.  

5. Budidaya Jamur Tiram

Menjadi petani di kampung tidak harus menanam padi atau jagung saja. Di sela-sela menanti musim panen, Anda juga bisa berbisnis memakai lahan kosong yang ada di rumah dengan melakukan budidaya jamur tiram. Tumbuhan satu ini cukup langka lho, padahal permintaannya lumayan tinggi. 

Tekstur dan rasa-nya juga nikmat serta bisa dijadikan sebagai bahan dasar dalam berbagai masakan terutama di rumah makan atau restoran. Oleh karenanya, berbisnis budidaya jamur tiram menjadi salah satu pilihan terbaik usaha di kampung modal 2 juta yang harus Anda coba.

6. Jasa WiFi Koin

Terkadang menjual pulsa dan kuota internet itu bisa boros, maka sebagai alternatifnya Anda bisa coba berbisnis WiFi koin.Selain bisa memenuhi kebutuhan koneksi internet untuk masyarakat di kampung, usaha WiFi koin ini juga dirasa sangat tepat untuk daerah perkampungan yang mungkin kebutuhan internetnya tidak akan sebanyak masyarakat di daerah perkotaan. 

Jika tertarik, dengan modal 2 juta rupia, Anda bisa membeli mesin WiFi koin, router, serta langganan internet untuk dijual. Tertarik dengan bisnis ini? Ayo, siapkan modal Anda sekarang juga!

7. Menjual Berbagai Macam Gorengan

Ide usaha di kampung modal 2 juta menarik lainnya yang juga punya peluang menjanjikan adalah dengan menjual berbagai macam gorengan. Ingat, hampir seluruh masyarakat di Indonesia Raya ini sangat suka gorengan. Mulai dari bakwan, tempe dan tahu krispi, cireng, risol, lumpia, bahkan hingga cemilan tradisional daerah Anda yang notabene pastinya disukai oleh masyarakat kampung. 

Nah, dengan modal 2 juta rupiah tersebut, satu juta rupiah diantaranya bisa dialokasikan untuk membuat gerobak gorengan. Sisanya bisa Anda jadikan sebagai modal untuk bahan gorengan. Namun, sebenarnya opsi gerobak ini bisa Anda hilangkan jika ingin berjualan di depan rumah saja. 

Anda bisa menggantinya dengan meja tempat menjual berbagai gorengan, serta tambahan peralatan untuk membuat gorengan. Toh, semua orang di kampung pastinya sudah saling mengenal sehingga sebenarnya tak masalah jika Anda tidak membeli gerobak untuk berjualan. 

8. Menjual Token Listrik

Selain menjual pulsa dan paket internet, Anda juga bisa menjual token listrik secara langsung di rumah. Peluang usahanya lumayan bagus mengingat kebutuhan akan listrik juga merupakan salah satu kebutuhan pokok yang pastinya sangat diperlukan oleh masyarakat. 

Untuk tempatnya sendiri, selain di rumah, Anda juga bisa membukanya di lokasi-lokasi yang strategis di desa seperti di dekat pasar tradisional atau pusat perekonomian desa ataupun di persimpangan jalan desa. 

9. Bisnis Kerajinan Tangan ala Handmade

Peluang bisnis lain yang juga cukup menjanjikan adalah dengan berbisnis kerajinan tangan ala handmade. Sebagai informasi, pangsa pasar bisnis yang satu ini cukup luas lho mulai dari pasar domestik hingga mancanegara.

Bahkan Kementerian Perindustrian menyatakan bahwa potensi pasar ekspor kerajinan ala handmade itu sangat terbuka lebar. Anda bisa mencoba membuat kerajinan dengan bahan baku dari renda, manik-manik, kayu, hingga perak dan logam besi yang berlapiskan emas. Untuk penjualannya sendiri, Anda bisa memanfaatkan teknologi internet yang sudah merambah hingga ke perkampungan yaitu melalui toko atau marketplace online. 

10. Jualan Sayur Organik

Bisnis selanjutnya yang juga bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan adalah dengan menjual sayur-sayuran organik.Dengan melihat keadaan perkampungan yang masih asri dan udara yang sejuk, prospek bisnis ini sangat potensial. Selain dijual harian kepada masyarakat desa, Anda juga bisa menawarkan sayur-sayuran organik Anda ke desa-desa lain, pasar, bahkan memasarkannya hingga ke kota-kota. 

Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi sayur-sayuran yang segar, sehat dan bebas bahan kimia berbahaya seperti pestisida, tentunya bisnis menjual sayur-sayuran organik ini layak untuk Anda pertimbangkan. Demikianlah beberapa rekomendasi usaha di kampung modal 2 juta. 

Tentunya selain modal, Anda juga harus mempertimbangkan hal-hal penting lainnya seperti jenis usaha yang paling cocok dengan kemampuan Anda serta yang mana yang paling menarik minat masyarakat di daerah Anda. 

Keunggulan Berbisnis di Kampung

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika ingin membangun dan mengembangkan usaha di kampung modal 2 juta rupiah saja. Berminat mengetahuinya? Simak beberapa alasannya berikut ini.

  1. Biaya hidup di kampung lebih rendah daripada di kota
  2. Peluang pasarnya luas karena perkampungan umumnya masih terbatas dalam hal teknologi dan sebagainya
  3. Tidak sulit untuk membangun keakraban dan hubungan dekat dengan komunitas serta masyarakat di lingkungan sekitar
  4. Sumber daya lokal yang melimpah sehingga bisa diakses dengan mudah, misalnya saja luas tanah atau lahan, perairan, sawah, dan lain-lain 

Demikianlah informasi tentang daftar usaha di kampung modal 2 juta rupiah yang bisa Anda lakoni supaya bisa mendapatkan keuntungan. 

Dapatkan Modal Usahanya di Kredit Pintar

Bagi sebagian masyarakat, modal usaha adalah pertimbangan utama sebelum memulai usaha. Sekarang, Anda tak perlu bingung karena Kredit Pintar hadir menyediakan modal dana usaha yang bisa diajukan dengan mudah secara online. Download aplikasi Kredit Pintar, buat akun, dan ajukan modal dana hingga 20juta Rupiah! 

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Modal Kecil Buat Tambahan Uang

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
22 Jan 2024
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download