Trik Dekorasi Rumah yang Unik dan Elegan

07 Apr 2021 by dan.shen
dekorasi rumah unik elegan

Tahun sudah berganti, tak terasa kita akan memasuki pertengahan tahun 2021. Untuk menghadirkan semangat baru, kamu perlu perubahan suasana. Dimulai dari hal yang paling erat kamu temukan, seperti dekorasi rumah.

Karena rumah adalah tempat istimewamu untuk beristirahat setelah beraktivitas di luar. Rumah juga merupakan tempat kita tumbuh sedari kecil hingga sekarang. Ketika rumah yang kita tinggali nampak elegan, terawat, dan bersih, membuat penghuninya merasa nyaman untuk tinggal.

Banyak rahasia-rahasia tentang dekorasi rumah supaya lebih elegan namun tetap sederhana, mulai dari menambah dekorasi, mengganti cat, hingga membuang barang yang kurang penting. Saat kamu punya waktu luang, yuk dekorasi rumahmu menjadi lebih unik dan elegan.

Pilihlah warna cat rumah yang tepat

Warna cat sangat mempengaruhi suasana dalam ruangan, sebelum memilih warna cat tentukan dulu suasana yang ingin kamu bangun. Misalnya untuk ruang tamu akan dibuat nuansa ceria, maka warna cat yang kamu butuhkan adalah warna-warna cerah seperti hijau bolu pandan, biru langit, maupun ivory. Kamu juga bisa menambahkan wallpaper dinding untuk menimbulkan kesan unik.

Apabila ruang tamu memiliki jendela lebar sebagai sumber cahaya, disarankan menggunakan cat warna yang netral seperti putih, abu-abu, coklat muda, dan lainnya. Warna-warna netral akan mendukung nuansa lembut dan elegan dipandang mata.

Hal yang sama juga berlaku pada kamar tidur, untuk mengurangi kesan sempit gunakan warna-warna netral seperti putih gading, nude, merah maroon, dan lainnya. Kamu juga bisa melapisi lantai kamar menggunakan wallpaper kayu, ataupun karpet putih. Dijamin tidurmu akan semakin nyenyak.

Mengatur penerangan ruangan

Penerangan cahaya merupakan salah satu elemen penting dalam dekorasi rumah. Dengan cahaya yang tepat membantu menciptakan suasana rumah impianmu. Jika rumahmu tidak memiliki banyak jendela, kamu bisa bereksperimen dengan bermacam-macam lampu, seperti lampu hias, lampu lantai, lampu gantung maupun lampu LED.

Misalnya untuk ruang tamu, tempatkanlah lampu gantung atau lampu LED. Tidak mungkin kamu memasang lampu tidur di ruang tamu. Selanjutnya sesuaikan ukuran dan daya lampu dengan lebar ruangan. Jika ruang tamumu tidak lebar, maka lampu gantung bukanlah pilihan yang tepat.

Menambahkan aksesoris yang unik

Umumnya para pemilik rumah kurang menyadari peran penting aksesoris rumah. Dengan aksesoris yang tepat akan mendukung dekorasi rumah impianmu. Cobalah bereksperimen dengan benda-benda yang sudah kamu miliki, seperti foto keluarga, cermin, permadani, lukisan, tanaman mini.

Untuk menambah tampilan jendela, tambahkan tirai dengan material sutra, linen atau katun. Bahan-bahan lembut dengan warna earth tone efektif membuat kesan elegan pada dekorasi rumahmu. Bila kamu ingin membuat suasana lebih alami, material tirai dapat diganti dengan bambu. Jangan lupa sesuaikan dengan ukuran jendelamu.

Memilih furniture yang berkualitas

Furniture juga salah satu hal krusial dalam dekorasi rumah. Seringkali pemilik rumah tidak menyadari furniture yang mereka miliki tidak sesuai dengan ukuran dan fungsinya. Bila kamu memiliki dapur dan ruang makan yang tidak luas, maka jangan menempatkan meja makan yang besar. Pilihlah bar table atau meja makan yang fleksibel, sehingga tidak memakan banyak tempat.

Untuk kamar tidur, sebaiknya memilih furniture yang ditempatkan memanjang. Boleh menggunakan lemari pakaian yang pendek, untuk menumpuk barang-barang diatasnya.

Jangan letakkan buku-buku dan aksesoris lainnya di kamar tidur, karena akan menambah kesan sempit. Jangan ragu untuk memilih furniture dengan kualitas terbaik karena kamu dapat mengajukan pinjaman online sebagai penyedia dana terpercaya. Pilihlah aplikasi pinjaman online yang resmi seperti Kredit Pintar. Prosesnya cepat, mudah, dan aman apalagi aplikasi Kredit Pintar sudah terdaftar di OJK.