Tips Memilih Produk Skincare untuk Kulit Berminyak dan Rekomendasinya

15 Jul 2021 by Laruan

Memang susah-susah gampang memilih produk skincare untuk kulit berminyak. Sebab, jika salah pilih, kulit malah akan terlihat kusam dan timbul jerawat hingga bruntusan kemerahan. Tentunya, hal ini tak ingin menimpa Sobat Pintar saat memilih perawatan wajah yang tepat. 

Sebelum memilih produk skincare untuk kulit berminyak, lebih dulu mengetahui karakteristik kulit berminyak. Oily skin atau kulit berminyak merupakan kondisi ketika kelenjar dalam kulit yang disebut sebaceous menghasilkan terlalu banyak minyak. 

Hal ini menyebabkan wajah mengkilap dan berkilau bahkan jika tidak dibersihkan dengan baik minyak-minyak yang menempel di kulit maka akan jadi penumpukan bakteri sehingga menimbulkan jerawat. 

Sebenarnya, minyak di kulit wajah berguna untuk melembabkan kulit. Tapi, jika produksi minyak berlebihan tentu hal ini malah menimbulkan masalah kulit.

Nah, dalam artikel ini akan dijelaskan lebih lengkap mengenai cara memilih dan rekomendasi produk skincare untuk kulit berminyak. 

Cara Memilih Produk Skincare untuk Kulit Berminyak

Cara Memilih Produk Skincare untuk Kulit Berminyak

Salah satu kunci kulit tampil sehat dan bebas permasalahan kulit iala penggunaan skincare yang tepat sesuai dengan jenis kulit wajah. 

Nah, jika Sobat Pintar memiliki tipe kulit berminyak, maka sebaiknya berhati-hati dengan kandungan yang ada di produk skincare. Agar tak salah pilih, berikut ini tips dan cara memilih produk skincare. 

1. Pembersih Wajah 

Pilih pembersih wajah dengan kandungan glycolic acid atau salicylic acid untuk kulit berminyak namun tak berjerawat. Dua senyawa tersebut ampuh untuk mengeksfoliasi kulit dan mengangkat minyak sekaligus melembutkan. 

2. Pilih Kandungan Skincare yang Tidak Banyak Minyak 

Cara memilih produk perawatan kulit agar kulit tidak berminyak berikutnya ialah pastikan skincare yang digunakan tidak banyak banyak mengandung minyak atau noncomedogenic. Selain itu, hindari kandungan skincare berbahan keras dalam jumlah besar seperti asam salisilat dan alkohol. 

3. Pilih Tekstur Gel 

Pilih pelembab bertekstur gel dibandingkan cream. Sebab, tekstur gel lebih mudah menyerap dan tidak menyumbat pori-pori. Selain itu, pelembab tekstur gel dapat menghidrasi kulit secara menyeluruh. Sementara itu, pelembab bertekstur cream atau berbasis minyak tidak disarankan terlebih jika mengandung lanolin, minyak mineral, dan vitamin E. 

4. Hindari Pemakaian Scrub

Untuk kulit berminyak, hindari pemakaian scrub dengan butiran kasar seperti, karena akan membuat kulit jadi radang dan memicu timbulnya jerawat. 

5. Toner Tanpa Alkohol 

Sebaiknya, pilih toner yang dapat menyeimbangkan pH kulit dan menetralisir wajah. Hindari toner dengan kandungan alkohol. Tapi, pilihlah toner dengan kandungan  retinol, retinoid, dan antioksidan.

6. Hindari Natural Oil 

Menurut Byrdie, Joseph Cruise, MD, seorang dokter operasi plastik dari Cruise Plastic Surgery, menyatakan bahwa pemilik kulit berminyak untuk menghindari bahan natural oil seperti vegetable oil, coconut oil, dan cocoa and shea butters. Sebab, dapat memicu produksi minyak lebih banyak yang dapat menyebabkan jerawat. 

Rekomendasi Produk Skincare untuk Kulit Berminyak

Rekomendasi Produk Skincare untuk Kulit Berminyak

Foto: Unsplash

Setelah mengetahui cara memilih produk perawatan kulit agar kulit tidak berminyak, kini saatnya merekomendasikan produk perawatan wajah untuk kulit berminyak. Berikut daftarnya! 

1. Bioderma Sébium H2O Micellar Water

Nah, bagi para pemilik wajah berminyak, sebaiknya melakukan double cleansing agar wajah lebih glowing namun tidak berlebihan. Double cleansing ini selain membuat wajah lebih glowing juga dapat membersihkan kotoran dan make up setelah seharian beraktivitas. Bioderma Sébium H2O Micellar Water bisa jadi salah satu rekomendasi produk micellar water yang dapat Sobat Pintar pilih. 

Bioderma Sébium H2O Micellar Water diperkaya dengan zinc gluconate untuk mengontrol produksi sebum sehingga cocok untuk kulit berminyak. 

2. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Setelah membersihkan wajah dengan micellar water, kini saatnya mencuci wajah dengan sabun. Salah satu rekomendasi pembersih wajah untuk kulit berminyak ialah Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Formulanya ringan sehingga cocok untuk semua jenis kulit tak terkecuali kulit berminyak. Cetaphil Gentle Skin Cleanser juga ampuh untuk mengontrol produksi minyak pada wajah dan melembabkan kulit tanpa meninggalkan residu yang dapat menyumbat pori-pori sehingga memicu jerawat. 

3. Wardah Acnederm Pore Refining Toner

Rekomendasi produk perawatan kulit agar kulit tidak berminyak berikutnya ialah Wardah Acne Derm Pore Refining Toner. Dengan kandungan Derma Tret Actives dan zinc gluconate, toner ini terbukti mengontrol produksi minyak sekaligus membersihkan sisa kotoran yang menyumbat pori-pori wajah. Selain itu, Derma Tret Actives dan zinc gluconate, juga dilengkapi dengan ekstrak aloe vera yang dapat melembabkan kulit. 

4. Sukin Oil Free Moisturiser

Nah, salah satu pelembab untuk kulit berminyak ialah Sukin Oil Free Moisturiser. Produk ini memiliki kandungan ekstrak moringa atau daun kelor yang berfungsi menghidrasi dan melembabkan kulit tapi tidak menyumbat pori-pori wajah. Selain itu, Sukin Oil Free Moisturiser juga berkhasiat meratakan tekstur kulit bekas jerawat. 

5. Sensatia Botanical Acne Clarifying Facial C-Serum

Skincare lokal asal Bali ini dikenal dengan kandungannya yang terdiri dari bahan-bahan alami. Sensatia Botanical Acne Clarifying Facial C-Serum dilengkapi dengan ekstrak tea tree C-Serum sehingga cocok untuk kulit berminyak. Selain itu, Sensatia Botanical Acne Clarifying Facial C-Serum juga dilengkapi dengan ekstrak tea tree lemon dan belimbing sehingga ampuh mengatasi permasalahan minyak berlebih dan jerawat. 

6. Erha21 Acne Care Lab Sun Friendly SPF30/PA+++ 30G

Apapun jenis kulitnya, jangan sampai melewatkan sunscreen. Pemilihan sunscreen untuk kulit berjerawat memang sedikit sulit, tapi Erha21 Acne Care Lab Sun Friendly SPF30/PA+++ 30G ini bisa menjawab semua kesulitan Sobat Pintar. Sunscreen ini mengandung zinc gluconate dan niacinamide yang ampuh untuk mengontrol minyak serta mengatasi jerawat pada wajah. 

7. Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2x

Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2x ini terbuat dari jeju volcanic cluster sphere yakni produk yang dapat menyerap minyak dua kali lebih banyak sehingga dapat mengecilkan pori-pori. Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2x juga dapat menjaga elastisitas dan kelembaban kulit wajah. 

8. ElshéSkin Deep Cleansing for Oily Skin

Jika sehari-harinya Sobat Pintar menggunakan make up untuk beraktivitas, maka ElshéSkin Deep Cleansing for Oily Skin adalah produk yang tepat. Sebab, ElshéSkin Deep Cleansing for Oily Skin adalah pembersih muka yang dapat mengangkat kotoran, sisa make up, maupun minyak secara menyeluruh. Sehingga tak perlu khawatir menggunakan make up seharian dapat menimbulkan komedo, jerawat, atau sebum di wajah. 

9. Avoskin Miraculous Refining Toner

Avoskin Miraculous Refining Toner adalah solusi jika Sobat Pintar membutuhkan toner eksfoliasi harian yang lembut, melembabkan, namun juga dapat mengontrol produksi minyak berlebih. Ada tiga kandungan aktif dalam Avoskin Miraculous Refining Toner ini yakni AHA (Alpha Hydroxy Acid), BHA (Beta Hydroxy Acid) dan PHA (Polyhydroxy Acid). Ketiganya memiliki peran eksfoliasi sekaligus melembabkan dan mengatasi jerawat juga komedo. 

Nah, kini Sobat Pintar tak perlu kebingungan membeli skincare saat tanggal tua. Sebab, dengan Kredit Pintar, Sobat Pintar bisa mendapatkan uang tunai langsung cair dengan mudah dan praktis. Selain itu, Kredit Pintar adalah salah satu aplikasi pinjaman online yang berada di bawah naungan OJK sehingga data pribadi Sobat Pintar aman dan transaksi yang dilakukan juga sangat terpercaya. Yuk, penuhi kebutuhan skincare Sobat Pintar sekarang juga dengan Kredit Pintar berbunga rendah. 

Itulah cara memilih dan rekomendasi produk perawatan kulit agar kulit tidak berminyak. Kira-kira, produk mana yang ingin Sobat Pintar coba lebih dulu?

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload