9 Tips Gamis untuk Orang Gemuk Agar Terlihat Stylish Dan Ramping

06 Dec 2023 by kreditpintar, Last edit: 07 Dec 2023

Sebagian wanita gemuk sering menghindari memakai gamis dengan alasan tubuhnya akan terlihat lebih berisi dan selalu dianggap berumur lebih tua dari aslinya. Padahal, saat mengenakan kombinasi pakaian yang tepat, gamis yang Anda kenakan akan menciptakan ilusi yang dapat mengubah bentuk tubuh Anda terlihat lebih ramping dan ideal. Hal inilah yang menjadikan betapa pentingnya untuk mengetahui apa saja tips gamis untuk orang gemuk.

Dalam memilih gamis, Anda harus pintar-pintar memilih model dan warna yang mampu membuat tubuh Anda terlihat lebih ramping. Kesalahan dalam pemilihan ini akan sangat berpengaruh pada penampilan Anda, seperti perut terlihat buncit, lekuk tubuh terlalu terekspos, dan paha terlihat besar. Nah, berikut adalah tips gamis untuk orang gemuk agar terlihat stylish dan ramping. 

Pilih Gamis Berwarna GelapTips gamis untuk orang gemuk

Tips gamis untuk orang gemuk yang paling penting adalah pemilihan warna. Gamis berwarna cerah akan memantulkan cahaya yang mengenai tubuh sehingga dapat memberikan efek lebar dan gemuk pada penggunanya. Sebaliknya, gamis berwarna warna gelap akan menyamarkan semua garis dan sudut, termasuk lekukan tubuh Anda sehingga dapat memberi kesan tubuh yang lebih ideal dan langsing.

 Jadi, pilihlah gamis berwarna gelap untuk membuat garis tubuh Anda tidak terlihat. Warna-warna gelap yang mampu menyamarkan tubuh gemuk antara lain hitam, hijau tua, maroon, ungu tua, navy, dan coklat tua.

Baca Juga: Rekomendasi Model Baju Lebaran Untuk Wanita Dan Pria 2023

Ukuran Gamis Proporsional dengan Tubuh

Seringkali wanita bertubuh gemuk mengira bahwa memakai pakaian yang longgar atau oversize akan membuat tampilan terlihat lebih kurus. Padahal, hal ini merupakan pemikiran yang keliru. 

Pakaian yang terlalu longgar justru akan membuat penampilan Anda tampak menjadi lebih gemuk dari sebelumnya. Begitu juga dengan pakaian yang ketat, hal ini juga tidak disarankan karena lekuk tubuh yang gemuk akan semakin terlihat jelas.

Nah, bagaimana cara memilih ukuran yang sesuai? Pilihlah gamis yang pas dengan ukuran tubuh Anda, yakni tidak terlalu longgar dan tidak terlalu ketat. Untuk menghindari adanya kesalahan dalam membeli gamis, sebaiknya Anda harus mencobanya terlebih dahulu untuk memastikan ukuran mana yang paling proporsional untuk tubuh Anda.

Motif Simple 

Tips gamis untuk orang gemuk agar terlihat stylish dan ramping adalah dengan menghindari gamis yang bermotif ramai atau berlebihan. Motif khusus yang harus Anda hindari adalah motif bergaris besar baik berbentuk vertikal maupun horizontal, motif bunga besar, dan motif kotak-kotak besar. Gamis dengan motif tersebut dapat membuat penampilan Anda terlihat lebih lebar dan gempal.

Tenang saja, Anda tetap dapat mengenakan gamis bermotif lainnya asalkan gamis tersebut memiliki ukuran motif yang kecil dan simple. Pastikan juga motif tersebut tidak berlebihan atau terlalu ramai saat dikenakan.

Gunakan Aksesoris Tali Pinggang

Banyak yang mengira bahwa aksesoris tali pinggang dapat memberikan kesan pinggul yang besar. Faktanya, justru tali pinggang dapat menunjukkan sedikit lekukan pada tubuh Anda sehingga pinggang Anda terkesan lebih ramping.

Selain untuk aksesoris tambahan, tali pinggang dapat menjadi cara yang tepat untuk mempertegas bentuk tubuh tanpa menghilangkan unsur estetika dari gamis tersebut. Saat ini sudah tersedia berbagai macam jenis tali pinggang yang cantik dan dapat Anda sesuaikan dengan model gamis Anda. Jenis tali pinggang yang dapat Anda coba antara lain wide belt, obi belt, rope belt, chain belt, dan elasticized belt.

Gamis Bentuk A-Line

Gamis berbentuk A-Line menjadi salah satu tips gamis untuk orang gemuk yang paling berpengaruh pada penampilan dan paling banyak disukai. Pasalnya, gamis berbentuk A-Line dapat menyamarkan bagian bawah tubuh Anda dan membuat perut Anda terlihat lebih rata. Saat mengenakan gamis A-Line, Anda akan terlihat menjadi lebih tinggi dan jenjang. 

Desain yang jatuh dari pinggang dan memanjang ke bawah yang menyerupai huruf A ini sangat menguntungkan bagi orang gemuk yang ingin tampil stylish. Yang tak kalah penting, gamis bentuk A-Line mempunyai kelebihan dapat memberikan siluet tubuh menjadi terlihat langsing.

Baca Juga: Modis Tanpa Rusak Lingkungan, Kenali Apa Itu Fast Fashion?

Gamis Desain LurusTips gamis untuk orang gemuk

Selain gamis bentuk A-Line, Anda juga dapat menggunakan gamis berdesain lurus. Desain gamis lurus dapat menciptakan siluet ramping pada tubuh Anda dengan cara menutupi lekukan tubuh dari atas hingga bawah. 

Namun, tetap pastikan bahwa Anda memilih gamis desain lurus yang tidak ketat dan tidak terlalu longgar agar kesan ramping dari gamis tersebut tetap terlihat. Salah satu gamis desain lurus yang sedang trend saat ini adalah gamis abaya. Gamis abaya sangat cocok digunakan untuk orang gemuk karena desainnya yang simple dan tetap terlihat elegan.

Hindari Bahan Kain Mengkilap dan Licin

Selain warna dan desain gamis, bahan kain yang digunakan juga tidak kalah penting untuk dimasukkan ke dalam tips gamis untuk orang gemuk. Pada dasarnya, Anda cukup menghindari memilih gamis yang terbuat dari kain mengkilap dan licin seperti satin, nilon, dan kahatex.

Hal ini dikarenakan bahan kain yang mengkilap dan licin dapat memperlihatkan siluet tubuh dan memberi kesan tubuh lebih besar. Untuk menyiasati masalah ini, pilihlah gamis yang terbuat dari bahan ringan dan tipis seperti katun, linen, rayon, dan katun combed.

Baca Juga: 8 Jenis Kain yang Kerap Menjadi Bahan Pakaian

Gamis Lengan Panjang dan Lurus

Apabila Anda ingin terlihat kurus saat memakai gamis, pastikan Anda memilih gamis berlengan panjang dan lurus hingga mencapai ujung tangan. Hindari gamis setengah lengan atau berukuran 7/8 karena model lengan seperti ini tidak dapat menutupi lengan Anda dengan sempurna dan justru akan memberikan kesan gemuk pada lengan Anda.

Model lengan panjang dan lurus akan memberikan kesan lengan yang lebih kecil dan lebih panjang sehingga tubuh Anda juga akan terlihat ramping. Hindari gamis berlengan balon, puff, bell, dan terompet karena bentuk gamis berlengan seperti ini akan membuat lengan Anda terlihat semakin besar. 

Kombinasikan Gamis dengan Outer

Untuk memperindah tampilan Anda saat mengenakan gamis, Anda dapat mencoba trik layering yaitu dengan cara mengkombinasikan gamis dengan outer. Padukan gamis polos bermodel lurus dengan outer yang sedikit bermotif atau berwarna terang serta pilihlah outer yang panjangnya melebihi panjang pinggang Anda.Tips gamis untuk orang gemuk

Selain menambah kesan stylish, penggunaan outer juga mampu menutupi lekukan tubuh Anda dan memberi kesan ramping pada look Anda. Nah, meskipun Anda memakai outer, Anda tidak perlu khawatir tubuh Anda tampak lebih berisi dari sebelumnya. 

Demikianlah 9 tips gamis untuk orang gemuk yang dapat Anda coba agar terlihat stylish dan ramping. Memilih gamis untuk orang gemuk memang sedikit memerlukan usaha ekstra. Namun, jangan pernah membatasi diri Anda dalam memakai gamis karena ketika Anda percaya diri, setiap gamis yang Anda pakai akan terlihat cantik.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
07 Dec 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download