Nggak Bahagia dengan Gaji? Ini Cara Tambah Penghasilan Tanpa Kerja

09 Nov 2018 by Edwin

Gaji naik, karyawan bahagia, produktivitas meningkat!

Sobat Pintar setuju nggak dengan kalimat di atas? Gaji memang salah satu faktor utama yang bikin karyawan bahagia. Coba, siapa sih yang nggak senang dapat gaji besar? Kita kerja juga untuk cari uang kan? Semua karyawan juga pasti ingin menambah penghasilan mereka.

Uang bisa membeli kebahagiaan, hanya saja dengan jumlah tertentu.

Para ilmuwan psikologi telah menemukan jumlah pasti uang untuk bikin seseorang bahagia. Psikologis dari Purdue University dan University of Virginia menganalisa data World Gallup Poll yang didapatkan dari 1.7 miliar orang dari 164 Negara di dunia mengenai hubungan gaji dan kebahagiaan. Data menunjukkan kalau rata-rata orang yang puas dengan penghasilan mereka punya gaji sekitar $60.000 – $95.000 per tahunnya. Jumlah ini tentunya tergantung biaya hidup di setiap negara dan besarnya tanggungan setiap orang.

Bertambahnya kebutuhan hidup membuat karyawan ingin menambah penghasilan. Namun seringkali, kendala waktu lah yang membatasi karyawan untuk kerja sampingan demi menambah penghasilan. Karena itu, Kredit Pintar ingin membagi cara untuk menambah penghasilan untuk karyawan yang nggak punya waktu luang:


Minta kenaikan gaji

Memang nggak mudah, sih. Sobat Pintar nggak bisa gitu aja minta naik gaji. Perusahaan pasti minta pembuktian mengapa Sobat Pintar layak menerima kenaikan gaji. Nah, sebelum mengajukan kenaikan gaji, Sobat Pintar perlu tahu tips jitu agar permohonan kenaikan gaji disetujui.

Yang pertama adalah ketahui “harga” Sobat Pintar. Mudah kok, cari tahu aja gaji rata-rata untuk profesi Sobat Pintar. Hitung juga sudah berapa lama Sobat Pintar bekerja di perusahaan tersebut. Setelah itu cari waktu yang tepat untuk mengajukan kenaikan gaji kepada atasan. Misalnya saat perusahaan dapat proyek dengan untung besar. Atau saat ada teman kerja yang resign, pengajuan gaji akan lebih mudah disetujui karena atasan takut Sobat Pintar ikut resign juga.


Cari kerja di tempat lain

Kalau sudah kerja di perusahaan bertahun-tahun namun gaji tak kunjung naik, saatnya pindah ke perusahaan yang lebih menghargai kinerja dan kemampuan Sobat Pintar! Jangan khawatir, pasti banyak tempat kok yang menawarkan gaji lebih tinggi. Buka lebar-lebar profile LinkedIn Sobat Pintar atau sebarkan CV dan portfolio ke perusahaan incaran.


Mulai investasi

Kalau dua cara di atas tidak bisa Sobat Pintar praktikkan untuk tambah penghasilan karena mungkin masih berada di entry level, masih belum lama kerja di perusahaan itu, atau masih suka dengan kultur kerja perusahaan tersebut, Sobat Pintar perlu tambah penghasilan dengan cara lain. Tenang, nggak akan ganggu waktu luang kok. Caranya dengan mulai investasi. Sekarang banyak produk investasi yang mudah untuk dilakukan. Seperti investasi emas, reksadana, obligasi, maupun saham.


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan tips mengatur keuangan lain yang bermanfaat. Ingin mengenal Kredit Pintar lebih dekat?

mobile-closeKredit PintarDownload