4 Cara Pakai Pinjaman Dana Online Untuk Tujuan Bisnis

20 Sep 2021 by Laruan

Pesatnya perkembangan teknologi memudahkan seseorang untuk mencapai tujuan bisnis yang dimilikinya. Urusan modal bukan lagi kendala. Kini ada pinjaman dana online yang bisa dimanfaatkan sebagai pemasok dana. Meskipun fasilitas pinjaman ini memiliki kesan tertentu, ternyata banyak memberikan keuntungan apabila digunakan secara bijak. Simak di sini caranya memaksimalkan uang yang diterima untuk menjalankan usaha.

Sesuai namanya, pinjaman dana online merupakan pinjaman uang tunai yang proses pencairan dananya dilakukan secara online. Seseorang hanya butuh mengunduh aplikasi fintech, memasukan data, lalu mengisi formulir. Setelah itu, ajukan nominal pinjaman yang diinginkan. Tunggu beberapa menit untuk mendapatkan persetujuan. Tak lama kemudian, uang akan dikirimkan ke rekening si peminjam sesuai yang diinformasikan saat pengisian data.

Keuntungan Mendapat Pinjaman Dana Online

Aplikasi yang menawarkan jenis pinjaman ini kian marak. Beragam keuntungan ditawarkan untuk menarik perhatian masyarakat. Sayangnya, tak semua penyedia jasa pinjaman dana online terpercaya. Salah satu perusahaan fintech yang terdaftar dan diawasi oleh OJK adalah Kredit Pintar. Berikut adalah rangkuman keuntungan pinjaman untuk kesuksesan berbisnis Sobat Pintar:

1. Bunga Pinjaman Rendah

Bagi pengusaha, bunga pinjaman menjadi beban yang masuk pada pencatatan keuangan setiap bulannya. Supaya tidak memberatkan, maka fintech ini menawarkan keringanan tersebut. Sebab, pada dasarnya kehadiran fintech bukan hanya memudahkan transaksi finansial masyarakat, tetapi juga memiliki fungsi untuk mendukung UMKM.

2. Proses Instan

Proses yang cepat adalah kelebihan utama dari pinjaman jenis ini. Kalau dibandingkan dengan cara konvensional, seseorang harus datang ke bank, mengumpulkan persyaratan administrasi, menunggu tim bank melakukan analisa, lalu persetujuan keluar. Itu pun terkadang nominal pinjamannya tidak sesuai dengan pengajuan awal.

Berbeda dengan pinjaman yang diajukan lewat aplikasi. Persetujuan bisa keluar kurang dari 24 jam, bahkan ada yang dalam hitungan menit. Bagi mereka yang butuh dana mendesak, pinjaman dana online merupakan solusi yang tepat.

3. Aman dan Profesional

Tak dapat dipungkiri kalau saat ini ada banyak kasus terkait pinjaman dana online. Beritanya cukup menyedihkan sehingga beberapa orang mundur untuk melakukan pengajuan. Padahal di saat bersamaan mereka membutuhkan uang. Akhirnya, karena posisinya sudah terjepit, mereka memilih melakukan tindak kriminalitas.

Perlu diketahui bahwa tindakan penipuan atau teror hanya dilakukan oleh oknum tertentu. Mereka berasal dari pihak yang tidak legal dan tidak profesional.

Wajib baca: 6+ Cara Mendapatkan Dana Bantuan Pemerintah 2021 

4. Pembayaran Cicilan Fleksibel

Terakhir dan tak kalah penting, fleksibilitas pembayaran cicilan perlu diperhatikan saat Sobat Pintar akan mengajukan pinjaman secara online. Fintech yang menawarkan sistem pembayaran fleksibel sangat membantu dalam proses pelunasan. Ini bisa terlihat dari jumlah bank yang bekerja sama serta metode pembayarannya.

Fleksibilitas ini pun dapat dirasakan ketika Sobat Pintar akan mencairkan pinjaman di awal. Sobat Pintar tidak akan direpotkan dengan persyaratan lainnya atau harus mendatangi bank tertentu. Cukup duduk dan memantau rekening lewat aplikasi mobile, Sobat Pintar bisa tahu apakah uang sudah ditransfer atau belum.

Tips Memanfaatkan Dana Pinjaman Untuk Tujuan Bisnis

4 Cara Gunakan Pinjaman Dana Online Untuk Raih Tujuan Bisnis

Sebelum Sobat Pintar mengajukan pinjaman, ingatlah pilih fintech yang terpercaya dan profesional. Jangan tergiur dulu dengan promo atau iming-iming lainnya. Sebab, kalau Sobat Pintar sudah terlibat dan mendapatkan dana dari penyedia jasa ilegal, urusannya bisa rumit ke depannya. Jika Sobat Pintar sudah mendapat pinjaman dari pihak yang tepat, lakukan hal-hal di bawah ini:

1. Rencanakan Bisnis dengan Matang

Sobat Pintar harus memiliki kesuksesan berbisnis yang jelas saat mengajukan pinjaman dana online. Jadi, sebaiknya Sobat Pintar menyusun rencana dulu sebelum menerima dana. Dengan begitu, nominal pinjaman pun pas. Tidak kurang tetapi tidak juga terlalu banyak. Rencana bisnis yang matang mengarahkan Sobat Pintar untuk melakukan posting dana ke mana saja.

Kalau Sobat Pintar masih bingung, coba duduk dan tanyakan pada diri sendiri. Mau menjalankan bisnis apa? Tujuannya apa? Arah bisnis ini akan ke mana? Apakah mau langsung dibuat berskala besar atau dirintis kecil-kecilan dulu?

2. Jangan Gunakan Untuk Konsumsi Pribadi

Salah satu kesalahan terbesar seseorang saat mendapatkan pinjaman online adalah menggunakan dana tersebut untuk konsumsi pribadi. Sobat Pintar mungkin akan tergiur karena menerima uang banyak secara mendadak. Namun, ingat, Sobat Pintar harus kembali ke tujuan bisnis di awal.

Sedikit pun dana pinjaman yang didapat tidak boleh dipakai di luar rencana. Sebab, kalau Sobat Pintar sudah kehilangan kontrol, Sobat Pintar tidak memiliki uang lagi untuk bisnis. Padahal awalnya Sobat Pintar mengajukan pinjaman ini untuk menjalankan bisnis pertama atau mengembangkannya.

3. Catat Setiap Penggunaan dan Pastikan Sesuai Kebutuhan

Kontrol yang ketat adalah kunci lain dari kesuksesan memanfaatkan pinjaman dana online. Cara paling sederhana yaitu melakukan pencatatan pada setiap uang keluar. Fungsi catatan tersebut baru terasa saat Sobat Pintar melakukan evaluasi atau ketika uang sudah menipis. Sobat Pintar bisa tahu pengeluaran mana yang harus dikurangi atau dihentikan.

Meskipun sudah dicatat, hal lain yang perlu diperhatikan merupakan penggunaannya. Pencatatan akan percuma kalau Sobat Pintar tidak menggunakannya dengan tepat. Itulah mengapa di awal Sobat Pintar harus membuat rencana bisnis supaya uang dipakai sesuai kebutuhan.

4. Jangan Telat Membayar Cicilan

Mengajukan pinjaman dana online tidak akan memberatkan kalau seseorang disiplin membayar cicilan. Patuhi pembayaran sesuai jatuh tempo dan jangan sampai telat. Pastikan dana yang dikirimkan sesuai nominal cicilan per bulan. Apabila Sobat Pintar telat membayar atau pembayarannya kurang, maka bunga bisa jadi berlipat.

Jadi, Sobat Pintar bisa sedikit tenang. Hanya saja untuk kelancaran bisnis Sobat Pintar tetap harus bayar sesuai waktunya. Dengan begitu, biaya operasional bulanan lebih terkontrol dan tidak ada beban tambahan di bulan berikutnya.

5. Sisihkan Sedikit Untuk Dana Cadangan

Saat menerima dana pinjaman, sisihkan sedikit untuk dana cadangan. Dana cadangan merupakan sejumlah uang yang Sobat Pintar pisahkan dan bisa digunakan untuk hal-hal mendesak. Fungsi dana cadangan juga dapat sebagai uang pengaman untuk pembayaran cicilan apabila di suatu bulan Sobat Pintar tidak mendapat keuntungan.

Jumlah dana cadangan ini setiap orang tidak sama. Tidak ada persentase yang baku juga. Jadi, Sobat Pintar lah yang mengetahui kondisi bisnis. Kalau Sobat Pintar yakin usaha bisa berkembang pesat dalam waktu dekat, mungkin dana cadangan ini tidak dibutuhkan dan penggunaannya bisa dimaksimalkan pada kegiatan promosi.

Bagi sebagian orang, tujuan bisnis yang dimilikinya sama seperti tujuan hidupnya. Kalau Sobat Pintar termasuk salah satunya, maka segera wujudkan dengan pinjaman dana online melalui Kredit Pintar. Manfaatkan segala kemudahan yang diberikan untuk mencapai impian Sobat Pintar.
Wajib baca: 3 Cara Dapat Uang 500rb Sehari: Direkomendasikan Oleh Kredit Pintar

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload