Susunan Acara Ulang Tahun Anak Agar Pesta Meriah

22 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 07 May 2022

Apakah kamu berencana menjadi seorang MC acara ulang tahun? Lalu bingung bagaimana susunan acara ulang tahun anak? Menjadi pembawa acara atau MC ulang tahun untuk pertama kalinya memang susah-susah gampang. Apalagi, jika acara yang dimaksud adalah acara ulang tahun anak.

Bagaimana membuat acara menjadi meriah dan penuh keseruan menjadi tantangan tersendiri. Ini karena yang kamu hadapi adalah anak kecil. Kamu dituntut untuk bersikap humble dan sedekat mungkin dengan mereka.

Tak lupa, ide kreatif juga diperlukan agar acara uang tahun tidak monoton dan membosankan. Selain itu, klien kamu atau dalam hal ini yang berulang tahun merasa puas dengan kinerja yang kamu lakukan sebagai MC di acaranya.

Sebelum itu, kamu yang sedang belajar menjadi MC juga harus tahu apa saja peran yang harus dilakukan. Keterampilan public speaking di sini juga sangat diandalkan.

Baca juga: Rekomendasi Hadiah Ultah untuk Cewek yang Mengesankan

Peran Pembawa Acara

Sebelum jauh membahas mengenai susunan acara ulang tahun, kamu perlu mengetahui peranmu sebagai pembawa acara. Di sini, kita tidak membahas spesifik acara apa yang akan kamu bawakan. Yang jelas di acara apa pun, MC berperan sebagai:

1. Time

Sebagai pembawa acara, kamu bertanggung jawab atas waktu dan susunan acara. Kendali waktu atas berlangsungnya acara ada di tanganmu sepenuhnya. Kamu diminta untuk memulai dan mengakhiri acara tepat waktu.

2. Introducer

Untuk peran kedua, kamu sebagai MC dituntut untuk mengenal pengisi acara dan semua pembicara lebih dari tamu undangan atau audiens mengenalnya. Ini karena kamu berperan sebagai introducer yang mengenalkan semua pengisi acara kepada para tamu undangan yang hadir. 

3. Mood setter

MC sebagai pemimpin audiens. Dalam hal ini, kamu bertugas untuk memberikan komando audiens misalnya untuk memberikan tepuk tangan dan apresiasi kepada pengisi acara.

Di sini, pembawa acara juga berperan sebagai pembangkit antusiasme para tamu undangan yang hadir agar acara berlangsung semarak.

Baca juga: Sahabatmu Wisuda? Coba Ide Hadiah Wisuda ini!

Susunan Acara Ulang Tahun Anak

Setelah membahas peran MC secara umum, kita akan membahas dengan contoh yang lebih spesifik yaitu acara ulang tahun anak.

Sebenarnya, tidak ada panduan baku yang bisa kamu ikuti untuk memandu acara ulang tahun. Seorang MC biasanya membawakan acara seperti pesta ulang tahun pada umumnya. Atau bisa jadi, klien request susunan acara yang diinginkan.

Di sini akan dijelaskan susunan acara ulang tahun anak yang biasanya dilakukan. Tetapi, kembali lagi seperti di awal tidak ada standar atau aturan baku yang berlaku.

1. Pembukaan

Di acara ulang tahun anak, biasanya badut sulap memiliki peran ganda sebagai pembawa acara sekaligus penghibur tamu undangan. Jadi, untuk selanjutnya kita akan membahas susunan acara ulang tahun anak yang dipandu badut sulap.

Jika dirasa sebagian besar tamu undangan sudah hadir, kamu bisa memulai acara. Pertama, ucapkan salam kepada anak-anak dengan semangat, ceria, dan gerak tubuh yang tidak kaku. Selipkan guyonan lucu khas badut sulap agar anak-anak lebih antusias.

Di dialog pembuka ini, kamu juga bisa menambahkan ucapan terima kasih atas kesediaan tamu undangan menghadiri acara ulang tahun klienmu.

2. Games

Susunan acara ulang tahun berikutnya adalah bermain games. Sebagai badut sulap, kamu bisa menampilkan trik sulap andalanmu untuk menghibur anak-anak.

Games di sini bukan hanya trik sulap, tetapi juga tebak-tebakan. Pokoknya, usahakan acara berlangsung semarak penuh dengan gelak tawa para tamu yang hadir. Memang bukan perkara mudah jika kamu baru pertama kali mencoba.

Tipsnya, kamu bisa ajak salah satu tamu untuk membantu memainkan trik sulap yang sudah disiapkan. Kasih instruksi mereka dengan bahasa santai yang mudah dimengerti.

Lakukan saja trik sulap sederhana misalnya saja mengeluarkan kelinci dari sebuah topi sulap, mengubah air teh menjadi berwarna bening seperti air putih, atau bahkan menghilangkan suatu objek yang sebelumnya ada. Dengan cara ini, pasti anak-anak terhibur.

3. Sambutan Keluarga

Susunan acara ulang tahun selanjutnya adalah sambutan dari orang tua yang sedang berulang tahun. Beri kesempatan kepada mereka untuk menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas pertambahan umur sang anak.

Sebenarnya, ini bersifat opsional. Kamu bisa mempersilahkan mereka jika diminta sebelumnya. Jika tidak, kamu bisa mewakili pihak keluarga yang sedang berulang tahun. Sampaikan dengan penuh antusias. Di sini kamu diwajibkan untuk menarik perhatian tamu undangan yang mayoritas adalah anak kecil.

4. Hiburan

Susunan acara ulang tahun berikutnya adalah hiburan. Hiburan yang bisa dilakukan adalah bernyanyi. Kamu juga bisa menjadikan ini sebagai tantangan.

Jika ada anak yang sukarela menyumbangkan lagu atau mesti kamu tunjuk salah satu, berikan hadiah atau bingkisan kecil kepadanya. Ini bisa kamu diskusikan terlebih dahulu dengan orang tua anak yang berulang tahun.

5. Acara Inti

Acara inti yang dimaksudkan adalah tiup lilin. Iya, di setiap acara ulang tahun pasti ada lilin menyala di atas kue cantik penuh dekor dengan detail yang membuat tidak tega memakannya.

Pimpin tamu undangan menyanyikan lagu tiup lilin sampai selesai dengan semarak dan semangat. Setelah selesai, jangan lupa untuk tepuk tangan sorak sorai untuk memeriahkan acara.

Setelah lagu selamat ulang tahun dan tiup lilin dinyanyikan, maka teruskan dengan lagu potong kuenya. Setelah kue terpotong, instruksikan kepada klien kecilmu untuk memberikan potongan pertama pada orang tuanya atau kakek nenek atau kakak adiknya. Sesuaikan dengan orang yang ada di sana nanti.

6. Membagikan Kue Dan Minuman

Setelah diberikan kepada pihak keluarga, kamu bisa instruksikan anak yang sedang berulang tahun untuk memberikan potongan kue kepada teman-temannya. Tentu saja dibantu dengan orang tuanya untuk memotong kue.

Selain kue, biasanya tuan rumah juga menyediakan air minum kesukaan anak-anak seperti susu dan es krim. Sebagai badut sulap yang merangkap sebagai MC, kamu bisa membantu membagikannya kepada tamu undangan yang hadir secara merata.

7. Doa Bersama

Susunan acara ulang tahun berikutnya adalah berdoa bersama. Jika tidak ada ustad atau pemuka agama yang memimpin untuk memberikan doa, kamu bisa merangkap jadi pemimpin doa. Pimpin anak-anak membaca doa untuk kebaikan yang sedang berulang tahun beserta keluarganya.

8. Membagi Bingkisan

Ini menjadi salah satu susunan acara ulang tahun yang paling dinantikan para tamu undangan. Sebagai MC, kamu bisa membantu membagikan bingkisan makanan dan souvenir kepada setiap anak. Ingat, jangan sampai ada yang terlewat atau double ya! Apalagi sampai bingkisan dan souvenir yang disediakan kurang.

Baca juga: Menentukan Jenis Investasi Terbaik untuk Keluarga Muda

9. Penutup

Susunan acara ulang tahun terakhir adalah penutup. Setelah semua acara sudah terlaksana, maka terakhir kamu perlu penutupnya. Tutup dengan ucapan syukur atas berjalannya semua acara dengan lancar tanpa halangan suatu apa pun.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
07 May 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download