Suka Belanja online? 5 Cara Mengatasi Sifat Impulsif!

12 Jul 2021 by Laruan, Last edit: 12 Jul 2021

Saat ini begitu banyak teknologi yang tercipta untuk mendukung dan memudahkan aktivitas manusia. Salah satunya adalah berbelanja kebutuhan hidup secara online. Munculnya berbagai e-commerce di Indonesia membuat para konsumen dapat menemukan barang yang dicari, bahkan berbelanja dari rumah saja. Berbagai promo di setiap e-commercece terbukti banyak menarik perhatian konsumen untuk terus berbelanja. Sehingga tak jarang muncul sifat impulsif seseorang dalam berbelanja online.

Cara Ini untuk Mengatasi Sifat Impulsif!

Sifat impulsif adalah keadaan seseorang yang melakukan sebuah tindakan tanpa memikirkan konsekuensinya. Salah satu contohnya adalah kalap dalam online shopping. Jika terus dibiarkan, sifat impulsif akan menimbulkan dampak yang tidak baik. Contoh sederhananya adalah pemborosan. Tentunya hal ini bisa membahayakan kondisi keuanganmu.

Berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi sifat impulsif

1. Menahan Diri

Cara mengatasi sifat impulsif yang pertama adalah dengan menahan diri dari godaan barang diskonan. Cobalah untuk mencari alasan mengapa Sobat Pintar harus membeli barang itu? Jika Sobat Pintar tidak menemukan alasan yang jelas, sebaiknya simpan uangmu untuk membeli barang yang lebih bermanfaat.

Munculnya sifat impulsif bisa dikarenakan oleh kurangnya motivasi kita untuk menahan diri. Segera alihkan perhatian ke hal yang lain jika Sobat Pintar menemukan iklan promo dari e-commerce. Bisa jadi, tindakan sederhana itu membuat Sobat Pintar sedikit menahan diri dari rayuan diskon di e-commercece.

2. Kurangi Waktu untuk Membuka Aplikasi E-commerce

Sifat impulsif juga bisa muncul kalau Sobat Pintar sering membuka aplikasi e-commerce. Kurangi waktu untuk membuka hal-hal yang berbau online shopping jika tidak terlalu penting. Bisa juga untuk mematikan notifikasi e-commerce yang ada di ponsel Sobat Pintar. Hal sederhana itu bisa mengurangi antusias untuk online shopping.

Jika memang diharuskan untuk membukanya, langsung cari barang yang memang Sobat Pintar butuhkan tanpa menjelajah lebih banyak barang lain yang belum diperlukan.

3. Isi Waktu Luang dengan Hal-Hal yang Lebih Bermanfaat

Cara mengatasi sifat impulsif yang satu ini bisa dilakukan ketika Sobat Pintar jenuh atau saat godaan online shopping terngiang-ngiang di kepala. Cobalah untuk mengalihkan perhatian dengan melakukan hal-hal yang Sobat Pintar sukai seperti membaca, menulis, memotret, atau hal-hal lain yang lebih bermanfaat.

Dengan begitu, perhatian Sobat Pintar terhadap e-commerce akan teralihkan. Di samping itu, Sobat Pintar juga punya banyak waktu untuk melakukan dan meng-upgrade hobi Sobat Pintar. 

4. Membuat Catatan Kebutuhan Prioritas

Membuat catatan kecil tentang kebutuhan prioritas, bisa membantu Sobat Pintar dalam mengatur pengeluaran. Utamakan untuk membeli kebutuhan Sobat Pintar saat ini, dan tunda untuk membeli barang yang Sobat Pintar inginkan jika dana yang Sobat Pintar miliki tidak memungkinkan. Cara mengatasi sifat impulsif ini lebih efektif dilakukan.

Dengan memiliki catatan prioritas, itu berarti Sobat Pintar punya komitmen untuk mengubah kebiasaan belanja online agar lebih bijak.

5. Mengatur Keuangan dengan Bijak

Cara mengatasi sifat impulsif yang satu ini harus dilakukan dengan disiplin dan mengandalkan perencanaan yang matang.

Buatlah rencana pengeluaran berdasarkan prioritas yang Sobat Pintar miliki. Dengan begitu, Sobat Pintar bisa melihat nominalnya secara nyata dan memahami konsekuensi apabila Sobat Pintar tidak menjalankan rencana pengeluaran dengan baik.

Closeup shot of an entrepreneur working from home on his personal finances and savings

Kebutuhan tak terduga bisa muncul kapan saja. Untuk itu, kita harus ada persiapan dana untuk meng-covernya. Ada baiknya jika Sobat Pintar tabungkan dana yang tersisa untuk persiapan jikalau suatu hari menghadapi situasi genting. Sobat Pintar juga bisa mulai mengumpulkan modal untuk membangun sebuah usaha yang Sobat Pintar minati. Memiliki usaha sendiri merupakan impian sebagian orang. Namun, hanya orang yang serius yang bisa mewujudkannya.

Seperti yang banyak kita dengar di sekitar kita kalau membangun usaha tidak semudah membalikan telapak tangan. Butuh usaha yang ekstra serta modal yang besar. Biasanya, orang-orang yang ingin membuat usaha terkendala oleh modal.

Tak perlu khawatir, Kredit Pintar bisa menjadi partner keuanganmu untuk mewujudkan semua impianmu. Sobat Pintar bisa mendapatkan penawaran pinjaman yang cocok dengan kebutuhan Sobat Pintar. Cukup menginstal aplikasi Kredit Pintar dan memverifikasi identitas, pinjaman online Sobat Pintar akan segera cair dalam 5 menit!* Metode pembayaran cicilannya pun sangat fleksibel serta memudahkan Sobat Pintar. Segera hubungi Kredit Pintar untuk tahu produk apa saja yang bisa Sobat Pintar pilih.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi sifat impulsif yang bisa Sobat Pintar lakukan. Tentunya, lakukan cara tersebut dengan konsisten agar Sobat Pintar benar-benar jauh dari sifat impulsif.

Semoga bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
12 Jul 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download