Strategi Cross Selling untuk Meningkatkan Penjualan

12 Jul 2021 by Laruan, Last edit: 12 Jul 2021

 Peningkatan penjualan bagi para pengusaha merupakan tujuan yang utama mereka dalam membangun bisnis. Berbagai strategi dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Salah satunya dengan menerapkan strategi cross selling. Tanpa disadari, strategi ini cukup sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Cara menerapkan strategi cross selling

Tujuan utama penjualan silang adalah agar customer membeli produk tambahan, sehingga penjualan di perusahaan Sobat Pintar bisa meningkat dari sebelumnya. Contoh sederhananya adalah ketika seseorang membeli buku tulis, pramuniaga akan menawarkan pena, pensil, penghapus, dan barang lainnya yang bisa melengkapi produk yang kamu beli. Strategi ini dilakukan untuk mendorong pembelian produk lain yang masih memiliki korelasi dengan produk utama.

Penerapan strategi ini tidak hanya dilakukan untuk penjualan offline. Pada situs e-commerce juga kita sering menemui strategi ini. Ketika kita menambahkan suatu barang ke keranjang belanja, biasanya sistem e-commerce akan menawarkan pilihan barang lain yang masih berhubungan melalui kolom produk terkait.

Cross selling dinilai efektif untuk dijalankan guna meningkatkan penjualan. Di samping itu, jika cara penerapannya tepat, konsumen akan merasa puas dengan pelayanan kita yang sering menawarkan produk tambahan yang kemungkinan dibutuhkan. Lalu, bagaimana cara menerapkan strategi penjualan silang agar berjalan sesuai rencana?

1. Beli Banyak dapat Diskon

Diskon, Obral, Tindakan, Penjualan Banner, Pembelian

 

Strategi penjualan silang yang sering digunakan oleh banyak perusahaan adalah dengan memberikan diskon pada pelanggan yang membeli dalam jumlah banyak. Tentu saja strategi ini cukup menarik pelanggan mengingat mereka akan mudah tergiur dengan diskon.

Bisa lebih efektif jika menerapkan sistem paket pada produk yang akan dijual. Misalnya paket perlengkapan sekolah yang mencakup tas, buku, pena, pensil, dan lain-lain yang ditawarkan dengan satu harga paket. Di samping produk kita lebih mudah terjual, konsumen pun akan merasa dimudahkan dengan hadirnya paket produk yang dicari.

2. Kenali Customer Sobat Pintar

Dengan mengenali karakter dan profil customer akan memudahkan Sobat Pintar untuk menerapkan strategi penjualan silang. Sobat Pintar bisa mempelajari produk apa saja yang dibutuhkannya. Ketika Sobat Pintar mengetahui produk kebutuhan sang customer, Sobat Pintar bisa lebih mudah untuk menawarkan barang lain yang masih relevan dengan barang pertama.

Berikan pelayanan prima serta komunikasi yang baik untuk mengenali karakter customer Sobat Pintar. Lakukan pendekatan singkat sewajarnya dan tidak mengganggu waktu customer.

Jika ada kemungkinan customer mencari barang yang sedang tidak tersedia, Sobat Pintar bisa memberikan alternatif produk sejenis disertai penjelasan singkat mengenai kelebihan produk tersebut.

3. Mempertimbangkan Harga yang Ditawarkan

Cara menerapkan strategi penjualan silang selanjutnya adalah dengan mempertimbangkan harga produk yang akan Sobat Pintar jual. Tujuan cross selling adalah agar customer membeli produk tambahan.

Dilihat dari sudut pandang customer, mereka tidak ingin membayar dengan lebih banyak untuk membeli produk tambahan. Sobat Pintar bisa memilihkan produk-produk relevan dengan produk utama yang memiliki harga lebih murah, sehingga customer tidak akan ragu lagi untuk membeli barang tambahan tersebut.

4. Memberi Edukasi pada Customer

Sebelum menjual, ada baiknya Sobat Pintar memberi sedikit pengetahuan mengenai produk yang akan dijual kepada customer. Terlebih lagi, jika produk Sobat Pintar masih terlihat asing bagi para customer. Sobat Pintar bisa menggambarkan kelebihan serta manfaat produk kepada customer Sobat Pintar.

Komunikasi yang baik diperlukan dalam tahap ini, di mana ada beberapa customer yang tidak suka digurui. Untuk itu, gunakan bahasa yang sopan serta bahasa tubuh yang baik sehingga penyampaian informasi mengenai produk akan berjalan semestinya.

Komunikasi dan skil menjual sangat diperlukan untuk menjalankan strategi ini. Di mana seorang customer tidak akan memperoleh informasi lengkap jika komunikasi atau penyampaiannya kurang jelas.

Itulah beberapa poin cara menerapkan strategi cross selling yang bisa diterapkan untuk bisnis Sobat Pintar. Semoga bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
12 Jul 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download