Sikat Gigi Elektrik vs Manual, Manakah yang Terbaik?

29 Sep 2023 by kreditpintar, Last edit: 03 Oct 2023

Menjaga kesehatan mulut dan gigi merupakan suatu keharusan bagi kita. Salah satu dasar dari menjaga kesehatan mulut dan gigi adalah menyikat gigi. Ada banyak produk kebersihan gigi yang tersedia saat ini, seperti sikat gigi elektrik dan manual.

Lantas, manakah yang lebih baik antara sikat gigi manual dan elektrik?

Sikat Gigi Elektrik vs Manual

Menyikat gigi dapat dikatakan sebagai tindakan efektif untuk menghilangkan plak mulut yang menyebabkan pembusukan dan penyakit pada gigi dan mulut Anda. Terlepas dari jenis sikat apa yang Anda gunakan, menyikat gigi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan gigi dan mulut Anda.

Dilansir dari American Dental Association (ADA), antara sikat gigi elektrik dan manual keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Semuanya kembali lagi kepada pertimbangan Anda, kira-kira manakah jenis sikat gigi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Apakah yang elektrik? Atau yang manual?

Perlu Anda ketahui, bahwa menyikat gigi itu sebaiknya dilakukan sebanyak dua kali sehari, yaitu pada pagi hari dan menjelang tidur. Namun, banyaknya frekuensi Anda dalam menyikat gigi tidak begitu berpengaruh dibandingkan dengan cara Anda menyikat gigi. Justru, semakin sering Anda menyikat gigi, maka bukan kesehatan yang Anda peroleh, melainkan kerugian seperti email gigi yang semakin terkikis.

Perhatikan juga bagaimana Anda menyikat gigi. Lakukan secara lembut dengan gerakan memutar kecil dan vertikal untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal pada sela-sela gigi Anda. Penting untuk dilakukan, bahwa melakukan flossing gigi minimal sehari sekali juga baik untuk kesehatan gigi dan mulut Anda. Tidak lupa untuk menyikat lidah setelah selesai menyikat gigi  supaya bakteri pada lidah yang membahayakan kesehatan gigi Anda bisa segera lenyap.

Keunggulan Sikat Gigi Elektrik

Ada beberapa keunggulan yang bisa Anda peroleh dengan menggunakan sikat gigi elektrik dibandingkan dengan manual. Keduanya sama-sama baik, namun coba Anda perhatikan lagi, manakah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Efektif Menghilangkan Plak

Salah satu tujuan dalam menyikat gigi adalah untuk menghilangkan plak. Nah, getaran yang dihasilkan pada sikat gigi elektrik memungkinkan ada lebih banyak gerakan mikro setiap kali Anda menggerakkan sikat ke seluruh gigi.

Hal itu membuat sikat gigi jenis elektrik lebih efektif dalam mengurangi plak dan gingivitis. Selain itu, jika ada sikat gigi elektrik dengan gerakan berputar, itu lebih efektif lagi dalam mengurangi plak pada gigi.

Cocok untuk Anda dengan Mobilitas Terbatas

Jika Anda memiliki mobilitas terbatas, khususnya pada bagian tangan dan lengan, maka menggunakan sikat gigi jenis elektrik sangat cocok untuk Anda. Misalnya, pada orang yang sedang mengalami radang sendi.

Pasalnya, gerakan otomatis yang dihasilkan oleh sikat gigi tersebut bisa membuat gigi dan mulut Anda bersih tanpa perlu menggerakkan tangan dan lengan lebih banyak.

Dilengkapi dengan Timer Bawaan

Keunggulan lainnya dengan menggunakan sikat gigi elektrik adalah adanya timer bawaan pada sikat tersebut. Untuk apa timer bawaan? Tentu saja untuk membantu Anda dalam memastikan berapa lama waktu yang optimal dalam menyikat gigi.

Durasi yang tepat dalam menyikat gigi sangat efektif dalam menghilangkan plak gigi dan berbagai penyebab kerusakan gigi.

Mengurangi Limbah Sikat Gigi

Keunggulan yang satu ini memang jarang terpikirkan oleh banyak orang. Padahal, menggunakan sikat gigi yang elektrik bisa mengurangi limbah sikat gigi. Ketika Anda menggunakan sikat gigi manual, kemudian setelah beberapa bulan bulu-bulu halus pada sikat tersebut mulai terkikis, maka Anda perlu mengganti sikat tersebut dengan yang baru.

Nah, jika Anda menggunakan sikat gigi yang elektrik, Anda hanya perlu mengganti kepala sikatnya saja. Jadi, tidak perlu lagi membuang sikat giginya. Lebih efektif dalam mengurangi limbah sikat gigi, bukan?

Sangat Cocok Bagi Anda yang Menggunakan Peralatan Ortodontik

Apakah Anda menggunakan behel atau kawat gigi? Jika iya, maka penggunaan sikat gigi elektrik bisa menjadi pertimbangan Anda. Suatu studi bahkan telah membuktikan bahwa sikat gigi jenis elektrik dapat membantu orang-orang dengan peralatan ortodontik seperti behel.

Kelemahan Sikat Gigi Elektrik

Salah satu kelemahan penggunakan sikat gigi jenis elektrik yang paling terlihat adalah harganya. Tentu saja harga yang elektrik jauh lebih tinggi daripada yang manual. Karena, ada banyak komponen yang terdapat pada sikat gigi jenis elektrik, seperti sikat gigi utuh, kepala sikat gigi, dan baterai.

Selain itu, penggunaan sikat gigi yang elektrik cenderung masih jarang. Sehingga, Anda akan kesulitan dalam mencari sikat gigi jenis ini. Karena, tidak semua toko, baik toko kelontong maupun swalayan yang menyediakan sikat gigi jenis ini.

Kelemahan lainnya akan berlaku bagi Anda yang tidak menyukai getaran di mulut. Yap, sikat gigi elektrik menghasilkan getaran secara otomatis. Sehingga, getaran tersebut akan memicu pengeluaran saliva atau air liur lebih banyak. Jadi, sesuaikan lagi dengan kebutuhan Anda, ya.

Keunggulan Sikat Gigi Manual

Sebagai bahan pertimbangan, Anda juga perlu mengetahui apa saja keunggulan dari menyikat gigi menggunakan sikat manual.

Mudah Ditemukan

Kebalikan dari jenis elektrik, sikat gigi manual lebih mudah Anda temukan. Di toko kelontong ada, swalayan juga ada. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa kesulitan jika akan membeli sikat gigi yang baru.

Harga Terjangkau

Sikat gigi manual memiliki harga yang terjangkau, dari yang harganya ribuan, hingga puluhan ribu. Dengan begitu, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk memiliki sikat gigi jenis ini.

Kelemahan SIkat Gigi Manual

Mungkin Anda juga sudah menebak, kelemahan sikat gigi manual pasti kebalikan dari yang elektrik, ya?

Ternyata, jawabannya belum tentu. Untuk efektifitas sikat gigi dalam mengurangi plak itu dikembalikan pada seberapa tepat Anda dalam menyikat gigi. Jika Anda melakukan gerakan yang tepat saat menyikat gigi, menyikat lidah, dan menggunakan flossing gigi, maka plak dijamin akan berkurang secara efektif, baik menggunakan sikat gigi manual ataupun elektrik.

Selain itu, sikat gigi manual bisa memberikan tekanan lebih besar dibandingkan dengan elektrik. Hal itu karena tangan kita yang mengontrol tekanannya, bukan secara otomatis bergetar.

Sikat gigi manual juga tidak dilengkapi dengan timer, sehingga Anda perlu memprediksi sendiri berapa lama yang telah Anda gunakan dalam menyikat gigi.Jadi, apapun jenis sikat giginya, sebaiknya Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena, antara sikat gigi elektrik dan manual sama-sama memiliki keunggulan dan kelemahan.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang terdaftar dan diawasi OJK yang akan memberikan kemudahan pinjaman online bagi seluruh masyarakat. Ikuti terus blognya untuk mendapatkan informasi promo dan tips menarik lainnya!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
03 Oct 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download