Siap-siap, Pembayaran Digital via QRIS Akan Semakin Mudah dengan Fitur ‘TTS’

19 Jul 2021 by pujisukarryadi

Sobat Pintar!

Bank Indonesia (BI) menyatakan, pembayaran digital via Quick Response Indonesia Standard (QRIS) akan semakin mudah dengan fitur tarik, transfer, dan setor (TTS). 

Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendarta mengatakan, fitur baru diharapkan bisa mempermudah pembayaran saat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat. 

“Ke depan tambah TTS, tarik, transfer, dan setor. Ke depan mudah-mudahan bisa membantu di era PPKM,” ujarnya melalui video conference, Rabu (14/7/2021). 

Filianingsih menjelaskan, sistem QRIS saat ini sudah menjangkau 7,7 juta merchant dengan fitur awal bisa transaksi tanpa tatap muka atau TTM. 

“Jadi, tidak perlu ketemu, kita bisa lakuka transaksi, sehingga transaksi ekonomi tidak berhenti. Bisa dengan QRIS,” katanya. 

Reformasi tersebut sebagai bagian dari implementasi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025 melalui penyederhanaan pengaturan dan perumusan kebijakan dengan memperhatikan perkembangan ekonomi dan keuangan digital. 

Hal ini bertujuan untuk mencari titik keseimbangan antara upaya optimalisasi peluang inovasi digital dengan tetap memperhatikan stabilitas guna mewujudkan sistem pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman, dan andal. 

BI akan terus melakukan kolaborasi dan komunikasi secara intensif dengan pemangku kepentingan untuk memastikan agar reformasi pengaturan sistem pembayaran dapat berjalan efektif.

Artikel ini disadur dari artikel yang telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Siap-siap, Pembayaran Digital via QRIS Akan Semakin Mudah dengan Fitur ‘TTS’,

Berikan komentarmu ya.

mobile-closeKredit PintarDownload