Semarak! Inilah Perlombaan 17 Agustus Paling Unik se-Nusantara

03 Mar 2021 by Andro
perlombaan 17 agustus

Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus tahun 1945, artinya negara ini sudah cukup lama terbebas dari penjajah. Untuk memperingatinya, masyarakat Indonesia menyelenggarakan perlombaan 17 Agustus tiap tahun. Walaupun Indonesia merdeka pada tahun 1945, namun perlombaan 17 Agustus baru diselenggarakan lima tahun kemudian, yaitu tahun 1950. Mengingat tahun-tahun sebelumnya masih ada beberapa pertempuran di daerah tertentu.

Selain mengingat perjuangan para pahlawan memerdekakan diri dari penjajah, perlombaan Agustusandiadakan untuk memupuk rasa supportif anak-anak, serta semangat mempertahankan kedaulatan bangsa. Perlombaan 17 Agustus yang rutin diadakan tiap tahun rupanya juga membangkitkan kreativitas para warga. Mulai dari jenis lomba yang digelar, hingga hadiah yang dijanjikan. Penasaran? Mari simak ulasan berikut ini.

Lomba makan cabai

Seperti yang anda tahu, cabai merupakan salah satu bumbu pokok masakan Indonesia. Rasanya yang pedas nikmat menggugah selera makan. Namun apa jadinya jika cabai dimakan langsung?, tentu saja rasa pedasnya akan menyelimuti seluruh lidah.

Hal inilah yang kemudian diterapkan pada cabang perlombaan Agustusan. Pada sebuah postingan instagram, para orang dewasa terutama bapak-bapak, berlomba-lomba makan cabai rawit pakai tahu. Peserta yang paling banyak menghabiskan cabai dialah pemenangnya. Unggahan yang dibagikan @tukanjajanmalam ini mendapat respon positif dari warganet.

Lomba melepaskan karet di wajah

Apa jadinya bila ada benda asing menempel pada wajah anda?, tentu anda akan menepisnya dengan tangan dari wajah. Namun bagaimana jika tangan anda diikat?. Tentu akan sangat menyusahkan.

Tak jauh berbeda dari postingan yang diunggah @liburananak. Terlihat seorang anak berusaha melepaskan karet yang ada di wajahnya dengan tangan terikat. Ekspresi wajahnya yang lucu sontak membuat tawa warga meledak. Selain karet anda juga dapat menggantinya dengan koin logam lima ratusan.

Bila anda ingin lepas dari masalah keuangan dan menambah modal usaha, anda dapat mengajukan pinjaman online OJK di aplikasi Kredit Pintar. Aplikasi yang didirikan oleh fintech PT Kredit Indonesia ini berada dibawah naungan ojk. Sehingga anda tidak perlu meragukan keamanan dan kepercayaan Kredit Pintar sebagai pinjaman online OJK.

Lomba tarik bambu menggunakan topeng wajah pahlawan

Mungkin anda mengira lomba tarik tambang sudah terlalu biasa. Namun para siswa SSB Bonansa Solo mengubah permainan ini menjadi lomba yang lebih menarik.

Mereka menggunakan bambu dan tambang, nantinya akan ada dua tim yang bertanding. Satu tim terdiri dari lima anak, dan semua peserta diharuskan memakai topeng wajah pahlawan. Pemenangnya ditentukan seperti lomba tarik tambang pada umumnya.

Rupanya lomba tarik tambang mempunyai filosofi tersendiri, yaitu untuk merebut kemerdekaan Indonesia para pahlawan harus bekerja sama dan bekerja keras mengusir penjajah dari tanah air.

Lomba game online

Perkembangan teknologi sedikit banyak mempengaruhi kebudayaan masyarakat Indonesia, termasuk pada game online. Jenis game yang dilombakan pun beragam seperti, mobile legends, pubg, valorant, sampai flappy bird. Untuk anak usia dibawah 8 tahun dapat memainkan game menggambar gartic.io.

Lomba tik tok

Sosial media yang sedang viral ini dapat digunakan untuk membuat lomba kreasi tari daerah, lomba menyanyi lagu nasional, maupun memamerkan makanan unik mereka.

kredit pintar

Namun bila budget anda belum mencukupi untuk membeli smartphone dan kuota internet, anda dapat mengajukan pinjaman online OJK di aplikasi Kredit Pintar. Prosesnya cepat, dapat ditunggu, dan praktis. Download aplikasi KreditPintar sekarang dan buktikan sendiri keuntungannya!