HP 5G Termurah: Spesifikasi & Harga Samsung A13

09 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 10 Nov 2021

Sesuai dengan namanya, Samsung A13 ini akan memiliki layanan jaringan 5G untuk menyempurnakan produk yang baru dikeluarkan Samsung sebelumnya, yaitu Galaxy A12 yang masih menggunakan jaringan LTE. Jaringan 5G sendiri adalah layanan jaringan yang baru mulai diluncurkan di Indonesia pada pertengahan 2021. Belum ada informasi resmi kapan dan apakah produk tersebut akan dipasarkan di Indonesia, tapi beberapa pihak mulai memprediksi harga, spesifikasi, fitur dan keunggulan lain dari Samsung A13 di internet. 

Spesifikasi Samsung A13 Lebih Baik daripada Versi Sebelumnya

Tidak banyak tebakan mengenai harga, spesifikasi, fitur apa yang akan dimiliki Samsung A13 ini. Meski begitu, dilihat dari prediksi yang ada, smartphone 5G Samsung yang satu ini terdengar tidak kalah canggih dengan keluarga 5G Samsung lainnya. Berdasarkan kabar yang banyak beredar di Internet, Samsung A13 ini akan menggunakan sensor ISOCELL JN1 pada kamera utamanya dengan resolusi 50MP. Sedangkan pada Samsung Galaxy versi sebelumnya seperti Galaxy A12 dan Galaxy A22 5G, hanya memiliki resolusi 48MP dan belum menggunakan sensor ISOCELL JN1.

Sensor ISOCELL JN1 sendiri merupakan sensor kamera terbaru dari Samsung yang baru diperkenalkan Juni 2021 lalu. Sensor ini ditujukan untuk perangkat smartphone kelas menengah hingga flagship. Sebelumnya, pada Januari 2021, Samsung baru saja mengenalkan sensor kamera 108 megapixel bernama ISOCELL HM3 yang baru digunakan pada Galaxy S21. Kecanggihan yang ditawarkan menjadikan ponsel ini sebagai salah satu rekomendasi HP yang menarik.

Meski belum ada konfirmasi yang jelas mengenai kapan sensor baru dari Samsung ini akan hadir di sejumlah smartphone secara komersial, diperkirakan sensor ini akan hadir pada Samsung A13 nanti. Hal ini dikarenakan adanya kabar bahwa kedua produk ini sedang sama-sama dalam proses produksi. Lalu bagaimana dengan perbedaan spesifikasi dari sensor ISOCELL JN1 dengan sensor Samsung sebelumnya, ISOCELL HM3?

ISOCELL JN1ISOCELL HM3
Sensor akan menyerap cahaya hingga 16 persen sehingga membantu memberikan hasil foto terbaik meskipun diambil di tempat yang sangat minim cahaya. Sensor ini mengusung format 1/2,76 inci dan tiap pixelnya hanya berukuran 0,64 mikron, yang merupakan pixel terkecil yang pernah dibuat di dunia. ISOCELL JN1 kompatibel dengan produk 1/2,8 inci yang ada, yang memungkinkan sensor untuk digunakan pada kamera depan, ultrawide, atau telefoto, selain opsi kamera lebar standar.Kinerja dari low-light-nya sendiri mengandalkan teknologi Tentrapixel, dimana tiap empat pixelnya jika digabungkan akan berukuran 1,28 mikron. Jika tiap pixelnya digabungkan akan menghasilkan foto beresolusi 12,5 MPDilengkapi dengan teknologi terbaru Samsung seperti ISOCELL 2.0, Smart ISO, dan Double Super PDAF yang merupakan teknologi autofocus yang dikenal mampu mengunci fokus lebih cepat dan tepat hanya dalam waktu 0,3 detik, baik saat objek sedang bergerak, jauh, maupun dekat. Teknologi ini dirancang untuk memiliki dua kali lipat kerapatan pixel yang dapat digunakan untuk mendeteksi fase, memungkinkan performa autofocus yang sama meskipun berada di lingkungan yang memiliki tingkat pencahayaan 60% lebih rendah.Sensor HM3 dirancang untuk memberikan peningkatan di sektor auto-fokus hingga pengambilan gambar dalam kondisi low lightUkuran tiap pixelnya yaitu 0,8 mikrometer, dan ukuran fisik keseluruhan sensor ini adalah 1/1,33 inciMenggunakan teknologi Smart ISO Pro, yang otomatis menangkap gambar dengan ISO tinggi dan rendah, kemudian menggabungkan hasil akhir dengan rentang dynamic range lebih luas dan minim noiseResolusi penuhnya adalah 108MP, dan menggunakan teknik “nona binning”, yaitu penggabungan tiap 9 pixel menjadi satu, hingga menghasilkan gambar dengan resolusi 12MP untuk memaksimalkan sensitivitas cahayaSensor ini mampu memotret 10 gambar per detik dengan resolusi penuh 108 MP atau 90 gambar per detik dengan resolusi 12 MPFormat perekaman yang didukung adalah 8K 30fps, 4K hingga 120 fps, dan 1080p hingga 240fps, yang didukung dengan format keluaran RAW8 (kompresi DPCM/PCM), RAW 10, dan RAW12

Dengan teknologi yang dimilikinya ini, sensor ISOCELL JN1 dari Samsung ini akan menyandang nama sensor kamera 50MP terkecil di dunia saat ini. Dilansir dari GSM Arena, Samsung A13 ini akan menggunakan baterai sebesar 5.000 mAh, sehingga pengguna Smartphone yang gemar menonton video dan bermain game tidak perlu khawatir dengan daya tahan baterai yang 20% lebih lama dari baterai 4.000 mAh.

Mengenai dapur pacu yang akan digunakan, jika pada Galaxy A12 sebelumnya Samsung sudah menggunakan dapur pacu Helio P35 dari MediaTek, diperkirakan pada Galaxy A13 5G mendatang juga menggunakan dapur pacu yang sama. Tapi sebenarnya seberapa baik dapur pacu Helio P35 ini? Berikut adalah beberapa spesifikasi yang dimiliki dapur pacu Helio P35 :

  • Memiliki kartu grafis yang disematkan sehingga pengguna tidak perlu membeli kartu grafis secara terpisah
  • Mendukung 64bit hingga dapat mendukung RAM lebih dari 4GB
  • Semikonduktor kecil sehingga memberikan kinerja yang lebih baik dan konsumsi daya yang rendah
  • Kecepatan clock GPU sebesar 650 MHz
  • DirectX versi 10, dimana DirectX digunakan untuk permainan, dengan versi terbaru yang mendukung grafik yang lebih baik
  • OpenGL ES versi terbaru yaitu versi 3.2, dimana OpenGL ES digunakan untuk permainan di perangkat mobile seperti smartphone
  • Turbo GPU 680MHz, yang ketika GPU berjalan di ambang batasnya, masih dapat dipacu ke clock speed yang lebih tinggi sehingga akan meningkatkan performa

Samsung A13 akan Menjadi Smartphone 5G dengan Harga Murah dari Samsung

Sebelumnya, Samsung sudah pernah merilis smartphone 5G seperti, Samsung Galaxy A22 5G, Samsung Galaxy A32 5G, dan beberapa versi 5G lainnya. Namun ponsel versi 5G sebelumnya memiliki harga yang terbilang cukup mahal, yaitu kisaran Rp3.5 juta rupiah ke atas. Sedangkan Galaxy A13 ini diperkirakan hanya akan dibanderol dengan kisaran 200 Euro, atau sekitar 3,3 juta rupiah saja. 

Jika benar Samsung A13 ini akan memiliki harga, spesifikasi, fitur dan lainnya seperti yang sebelumnya sudah disebutkan, maka produk ini akan menjadi smartphone 5G termurah dari Samsung. Biasanya, harga ponsel di Eropa akan lebih mahal dibanding harga ponsel di Amerika Serikat atau negara-negara lain karena besarnya pajak yang berlaku di sana. Meski begitu, produk baru Samsung ini tetap saja cukup dinanti mengingat prediksi harga yang murah dengan spesifikasi yang menarik dari produk baru Samsung ini terdengar cukup menggiurkan.

Sayangnya hingga kini belum ada yang memprediksi lebih jauh fitur-fitur baru apa saja yang sekiranya akan dimiliki oleh smartphone Samsung A13 ini selain layanan jaringan 5G dan kamera terbarunya. Meski begitu, dapat dipastikan bahwa fitur-fitur yang akan hadir pada smartphone Samsung ini akan mampu memanjakan penggunanya.

Masyarakat Indonesia sepertinya perlu lebih bersabar dalam menanti rekomendasi HP Samsung satu ini. Karena rumor lain mengatakan bahwa Samsung A13 ini baru akan diumumkan di Eropa pada akhir tahun 2021, atau awal tahun 2022. GSM Arena sendiri memperkirakan Galaxy A13 5G ini bisa saja akan diluncurkan pada November tahun ini, mengingat Galaxy A12 juga diluncurkan pada November 2020 lalu. Namun, kembali lagi, belum ada pengumuman resmi mengenai kapan pastinya peluncuran dan kehadiran ponsel Samsung A13  ini di pasaran.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

10 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload