Dijual 1 Jutaan, Berikut Spesifikasi Samsung A10

23 Sep 2021 by Laruan

Tidak hanya unggul di smartphone flagship saja, ternyata Samsung juga unggul dengan smartphone low-end tipe Samsung A10 yang rilis pada tahun 2019 lalu. Memang Samsung kerap dikenal dengan smartphone premium dengan harganya yang tinggi dan spesifikasi-nya yang ciamik.

Dijual 1 Jutaan, Berikut Spesifikasi Samsung A10

Untuk urusan performa, meskipun masuk dalam jajaran smartphone low-end, Samsung A10 bisa dibilang memiliki performa yang cukup baik di kelasnya. Hal ini karena Samsung lebih mementingkan inovasi dan user experience. Tidak seperti smartphone asal Tiongkok yang hanya mengejar spek tinggi namun kualitas yang kurang.

Smartphone ini cocok banget untuk adik-adik yang masih sekolah. Apalagi pada saat-saat seperti ini yang mengharuskan kalian untuk belajar online. Selain harganya bersahabat untuk orang tua kita, smartphone ini juga bagus untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran kalian. 

Smartphone ini terbilang murah untuk seri A dari Samsung. Dengan spesifikasi yang standar, kalian tetap dapat bisa menjelajahi dunia dengan menggunakan smartphone ini yang menunjang pekerjaan dan belajar online kalian menjadi lebih efisien. 

Yuk simak lebih langsung tentang Samsung A10 berikut ini.

Mengenal Lebih Lanjut Spesifikasi Samsung A10

  1. Desain dan Layar Samsung A10

Meski termasuk smartphone low-end, Samsung A10 memiliki penampilan yang kekinian dan cukup cantik. Namun, untuk tampilan layar pada smartphone ini kalian harus puas dengan panel IPS berukuran 6,2 inch. Tapi, karena menggunakan bezel yang tipis, tampilan layar smartphone ini terlihat lebih lega.

Resolusi layar yang dimiliki smartphone ini termasuk tajam dengan 720 x 1520 dengan rasio 19:9 dan kerapatan layar 271 ppi. Untuk material perangkatnya terbuat dari polikarbonat yang tetap membuat pengguna nyaman menggenggam ponsel tersebut.

  1. Kamera Depan dan Kamera Belakang

Samsung A10 memiliki kamera depan dengan resolusi 5 megapixel. Untuk kamera bagian belakang, karena A10 merupakan smartphone low-end, maka kamera yang dimiliki hanya satu saja dengan resolusi 13 megapixel dengan lensa wide f/1.9. Hasil potret dari kamera ini cukup baik dan cocok untuk foto pemandangan.

Sesuai dengan harga, kamera yang disematkan pada kamera ini terbilang cukup standar. Karena itu, kalian jangan berharap bisa mendapatkan dual kamera dengan harga yang ditawarkan Samsung ini.

  1. Prosesor dan RAM

Samsung A10 sudah mengusung prosesor buatan Samsung, yaitu prosesor Octa Core Exynos 7884 dengan kecepatan 1,6 GHz. Chip tersebut dipadukan dengan RAM 2GB yang membuat pengoperasian aplikasi seperti media sosial dan game ringan menjadi lebih ringan. 

Kapasitas penyimpanan pada smartphone ini sebesar 32GB, namun pengguna bisa menggunakan memori eksternal dengan microSD. Jadi kalian bisa mengunduh banyak aplikasi dan menyimpan data dan gambar dalam jumlah yang cukup banyak.

  1. Kapasitas Baterai

Samsung A10 memiliki kapasitas baterai sebesar 3400mAh saja. Dengan penggunaan yang ringan dan tidak berlebih, smartphone ini dapat menyala dari pagi hingga malam tanpa harus mengisi ulang daya baterainya. Kabar baiknya, resolusi layar yang dimiliki hanya mencapai HD plus, jadi baterai jauh lebih awet.

Untuk mengetahui lebih detail tentang spesifikasi Samsung A10, kalian bisa mengecek tabel yang sudah kami siapkan dibawah ini:

Spesifikasi Samsung A10

LayarIPS LCD 6.2 inches 720 x 1520 pixels
ChipsetExynos 7884 (14 nm)
GPUMali-G71 MP2
RAM2GB
Memori Internal32GB
Memori EksternalmicroSD mencapai 512GB
Kamera Belakang13 MP, f/1.9, 28mm (wide), AF
Kamera Depan5 MP, f/2.0
BateraiNon-removable Li-Ion 3400 mAh battery

Kelebihan Samsung A10

Buat kalian yang masih berpikir-pikir untuk membeli ponsel ini, kami akan membantu kalian dengan menjabarkan kelebihan Samsung A10:

  • Manajemen daya: Memiliki kapasitas 3400, hebatnya baterai yang dimiliki Samsung A10 terbilang irit dengan bantuan Exynos yang dikenal hemat daya.
  • Prosesor terbaik: Samsung memproduksi prosesor sendiri yang disematkan pada ponsel ini. Hasil prosesor pada HP ini ternyata dapat bekerja maksimal meski tanpa RAM ukuran besar.
  • Dukungan Slot SD Card: Aplikasi saat ini memang terbilang cukup memakan banyak tempat. Namun kalian bisa menggunakan SD Card tambahan hingga 512GB untuk penyimpanan data.
  • Face Recognition: Samsung A10 tidak memiliki fitur fingerprint untuk memangkas dana produksi. Namun, Samsung menyematkan fitur Face Recognition yang presisi dan responsif untuk meningkatkan keamanan ponsel.
  • Varian Warna yang Banyak: Tidak seperti smartphone high-end yang hanya memiliki 2 varian warna. A10 memiliki 3 pilihan warna favorit kalian. Kalian bisa membeli smartphone ini dengan warna dan gaya yang kamu banget.
  • Harga yang terjangkau: Desain yang dimiliki A10 terlihat seperti smartphone premium. Tapi, kalian pasti tidak tahu bukan bahwa kalian hanya perlu menyiapkan dana Rp 1 jutaan saja? 

Kekurangan Samsung A10

Setelah mengetahui kelebihan Samsung A10, kalian juga harus mengetahui kekurangan yang dimiliki Samsung A10 supaya kalian tidak kecewa ketika sudah membelinya.

  • RAM kecil: Jika dilihat dari spesifikasi di atas, A10 berada di urutan paling bawah jika disejajarkan dengan saudaranya di seri A. Dengan RAM 2Gb, kebebasan pengguna untuk multitasking tidak dapat dipenuhi.
  • Performa standar: Jika kalian menginginkan sebuah smartphone dengan grafis yang baik, maka smartphone ini bukan untuk kamu. Kalian bisa bermain game berat seperti PUBG, namun kalian jangan berharap bisa mendapatkan Chicken Dinner dengan mudah,
  • Ringkih: Karena Samsung memangkas banyak dana produksi untuk smartphone ini. A10 hanya menggunakan material plastik yang terkesan ringkih. Jadi kalian harus berhati-hati saat menggunakan ponsel ini.
  • Tidak Disarankan untuk bermain Game: Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian performa, smartphone ini memiliki grafis yang terbilang standar. Jika kalian berharap bisa bermain game berat seperti PUBG, grafis ponsel tersebut akan drop dan membuat pengalaman bermain kalian buruk. Maka dari itu ponsel ini tidak direkomendasikan untuk penikmat game berat.

Harga Samsung A10

Setelah mengulas lebih lengkap mengenai spesifikasi, kelebihan dan kekurangan Samsung A10 kalian pasti sudah memperkirakan range harga dari smartphone, ini kan? Dengan semua spesifikasi tersebut, kalian bisa membawa pulang smartphone ini dengan harga dikisaran Rp.1.699.000 saja.

Jika kalian tertarik membeli smartphone tersebut, kalian bisa menemukannya di konter-konter HP yang ada di kota kalian atau membelinya secara online melalui marketplace kesayangan kalian.

Tapi kalian harus hati-hati saat berbelanja online. Pastikan marketplace tersebut sudah terpercaya akan kredibilitasnya. Jangan lupa juga selalu berbelanja di Official Store untuk menghindari adanya penipuan atau barang palsu/rusak.

Penutup

Demikian artikel mengenai spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan Samsung A10. Semoga dengan membaca artikel ini, kalian bisa memiliki alasan yang tepat kepada orang tua kamu kenapa harus membeli Samsung A10 ini untuk keperluan belajar online kamu.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload