Picu Perdebatan, Darimana Sebenarnya PUBG Mobile Berasal?

Picu Perdebatan, Darimana Sebenarnya PUBG Mobile Berasal?

08 Apr 2021 by dan.shen
pubg mobile

PUBG Mobile atau Player Unknown Battle Ground merupakan game seluler yang dirilis pada tahun 2018 tepatnya bulan Maret secara global. Game ini menjadi salah satu game online yang digemari, terbukti dengan ranking 2 di apple store, ranking 3 di play store, dan 88% pengguna google menyukai game ini.

PUBG merupakan game battlegrounds yang dikembangkan oleh Brendan Greene, dimana ia memodifikasi beberapa game. Pada awalnya Greene juga pernah menciptakan game H1Z1, DayZ, dan Modif. Modif semakin populer membuat salah satu perusahaan Korea yaotu Bluehole tertarik, sampai terciptalah PUBG.

tencent games

PUBG versi PC dikembangkan pada tahun 2016 dan dirilis tahun 2017, semakin populer sampai mendapatkan penghargaan Game of The Year. Sangatlah populer sehingga diputuskan untuk dibuat PUBG Mobile, namun karena kesulitan untuk memasukkan 100 pemain ke versi mobile maka bekerjasama dengan Tencent Game. Tencent Game merupakan perusahaan pada bidang teknologi yang berasal dari Cina, pada awalnya perusahaan ini hanya bergerak pada bidang digital namun sekarang telah merambat ke bidang game.

Pendapatan PUBG Mobile

Dengan kesuksesan yang diraih PUBG Mobile, pendapatan yang didapatkan juga sangat fantastis. Sepanjang 2020 dilansir oleh Lembaga Sensor Tower, PUBG Mobile memperoleh pendapatan sebesar US$ 2.7 Miliar. Dilansir dari laman resmi Sensor tower, bahwa pendapatan rata-rata PUBG Mobile pada Q1 sampai Q3 sebesar US$ 704. Meski pendapatan turun pada Q4 menjadi US$ 555, PUBG Mobile dapat meraih pendapatan rata-rata per hari US$ 7.4 atau sebesar Rp 107 miliar.

Pendapatan PUBG Mobile yang melonjak pada 2020, disebabkan oleh pandemi. Seperti game seluler lainnya, banyak orang yang mengunduh dan memainkan PUBG Mobile. Adanya peraturan untuk mengurangi aktivitas diluar rumah karena pandemi, menjadikan banyak orang lebih sering memainkan game. Pandemi covid-19 yang hampir menyerang seluruh negara di dunia, salah satunya Cina. Cina menjadi pasar yang paling menguntungkan PUBG Mobile, karena menyumbang pendapatan 55.4% dari total pendapatan PUBG Mobile. Sedangkan urutan kedua dan ketiga adalah Amerika Serikat dan Jepang, Amerika Serikat dengan 12.7% dan Jepang 4.8$ dari total pendapatan.

Tentunya tidak lengkap jika membahas PUBG Mobile, tanpa mengetahui fakta unik game satu ini. Berikut sedikit fakta unik PUBG Mobile.

Map Erangel

Seperti yang sudah diketahui bahwa PUBG Mobile dirancang dan dibuat oleh Brendan Greene. Nah, ternyata map erangel yang notabene menjadi map paling disukai pemain PUBG adalah nama putri Greene, Eryn. Eryn + Angel menjadi Erangel.

Pencipta PUBG Mobile

Brendan Greene ternyata bukanlah seorang pengembang game, saat itu ia seorang fotografer dan seorang desainer website. Brendan hanya seorang gamer dengan nama PlayerUnknown. Lahir di Irlandia namun kemudian pindah ke Brasil, hanya menetap selama 2 tahun, Brendan kembali lagi ke negara asalnya, Irlandia.

Mungkin kamu berminat untuk membuat game? Atau buat bisnis sendiri yang perlu modal. Namun jika kamu belum punya modal, kamu dapat mencoba kredit pintar. Kredit pintar ialah perusahaan yang dapat meminjamkan dana yang langsung cair. Berbeda dengan beberapa perusahaan lain, yang perlu waktu untuk dana langsung cair. Kredit pintar juga dijamin keamanannya karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Selain dana yang langsung cair, kredit pintar juga memiliki bunga yang rendah. Sehingga tidak akan memberatkan pembayaran kamu, lho!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk