Penyebab Jerawat di Punggung dan 4 Solusinya

14 Jul 2021 by Laruan, Last edit: 14 Jul 2021

Jerawat merupakan masalah kulit yang sangat umum terjadi kepada setiap orang. Bukan hanya di wajah saja, jerawat juga bisa timbul di punggung. 

Kadangkala kondisi seperti ini tidak disadari karena tidak mudah terlihat. Walaupun begitu, jerawat ini akan menimbulkan rasa ketidaknyamanan yang sama seperti jerawat di wajah.

Kenali Penyebab Jerawat di Punggung dan 4 Cara Mengatasinya

Maka dari itu, masalah yang pada umumnya terjadi pada bagian kulit di punggung ini juga harus ditangani secepat mungkin.

Banyak sekali hal yang bisa menjadi penyebab Jerawat di Punggung. Karena itulah, Sobat Pintar perlu mengetahui tentang berbagai macam pemicu jerawat di punggung, atau back acne agar bisa mencari cara untuk mengatasi masalah tersebut. 

Apa Saja Penyebab Terjadinya Jerawat di Punggung ? 

Berikut ini adalah beberapa pemicu timbulnya jerawat di bagian punggung:

  1. Perawatan Rambut yang Tidak Cocok

Menurut salah satu penelitian, ditemukan bahwa gabungan minyak alami yang dikeluarkan tubuh dan zat di produk perawatan rambut dapat menyumbat pori.

Pada akhirnya hal ini dapat menjadi pemicu munculnya jerawat. Ketika Sobat Pintar membilas conditioner saat mandi,  air dengan campuran conditioner akan mengalir ke punggung dan bisa saja membuat zat dalam produk tersebut menyumbat pori kulit pada punggung.

Jika Sobat Pintar ingin menggunakan produk rambut seperti conditioner misalnya, Sobat Pintar harus benar-benar membersihkan tubuh setelah menggunakan produk rambut tersebut.

 Sebaiknya Sobat Pintar menggunakan produk yang tidak akan menyumbat pori-pori, berlabel non-comedogenic, dan yang bebas minyak.

  1. Membiarkan Keringat Terlalu Lama

Sebenarnya keringat bukanlah pemicu utama kenapa Sobat Pintar mengalami masalah kulit di punggung. Masalahnya jika Sobat Pintar membiarkan keringat terlalu lama menempel di tubuh kita maka bisa menimbulkan jerawat.

Jika keringat semakin lama menempel di tubuh, maka tentunya akan semakin banyak bakteri dan debu yang bercampur.

Kondisi semacam ini dapat menyumbat pori dan mengakibatkan penumpukan minyak dan pada akhirnya akan menimbulkan jerawat.

Jika Sobat Pintar sedang berkeringat, sebaiknya segera mandi terlebih dahulu dan membersihkan tubuh. Apabila Sobat Pintar tidak ada waktu untuk segera mandi, Sobat Pintar dapat menyekanya terlebih dahulu dengan handuk yang bersih hingga kering dan kemudian segera mengganti pakaian.

  1. Memakai Pakaian yang Bisa Menimbulkan Jerawat di Punggung

Bagi para wanita, sport bra merupakan pakaian yang menjadi pilihan terbaik saat akan berolahraga. Akan tetapi, bra yang terlalu ketat dapat membuat iritasi di folikel rambut.

Dan pada akhirnya akan timbul benjolan merah di punggung yang biasa disebut dengan jerawat.

Selain itu juga menurut pendapat asisten profesor klinis dermatologi di salah satu universitas luar negeri bahwa, memakai sport bra diluar waktu olahraga tidak dianjurkan.

Kebiasaan ini dapat membuat kulit lebih mudah mengalami iritasi dan dan rentan terkena masalah kulit ini.

  1. Mengonsumsi Makanan Yang Tidak Sehat

Jika Sobat Pintar mengkonsumsi makanan yang tidak sehat tentu akan berpengaruh pada tubuh Sobat Pintar.

Banyak sekali bukti yang menyebutkan bahwa munculnya jerawat dapat disebabkan karena pola makan yang salah.

Makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi dan makanan yang tinggi karbohidrat dapat memiliki efek buruk kepada orang-orang yang rentan terkena jerawat.

Contoh makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi yaitu seperti kentang putih, keripik, dan roti putih. 

Sebuah penelitian mengatakan bahwa peningkatan gula darah bisa menyebabkan munculnya jerawat. 

Selain pemicu yang telah disebutkan di atas, back acne juga dapat disebabkan oleh genetika, efek samping yang timbul dari obat-obatan, perubahan hormon, dan juga stres yang meningkat. 

Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat di Punggung ? 

Berikut ini cara yang bisa Sobat Pintar lakukan untuk mengatasi jerawat yang terjadi di punggung, diantaranya yaitu :

  1. Langsung Mandi Setelah Berkeringat

Berada di negara tropis membuat tubuh kita rentan berkeringat. Oleh sebab itu, salah satu cara agar tetap bisa menjaga kebersihan tubuh yaitu dengan langsung mandi ketika baru selesai melakukan kegiatan yang membuat tubuh berkeringat.

Setelah Sobat Pintar berpanas-panasan di luar ruangan, atau setelah Sobat Pintar selesai berolahraga misalnya, jangan sampai Sobat Pintar membiarkan baju Sobat Pintar yang terkena keringat menempel terlalu lama di tubuh Sobat Pintar.

Karena hal itu bisa membuat keringat menyumbat pori-pori dan akan mengundang bakteri.

Ada baiknya Sobat Pintar menggunakan sabun anti bakteri yang bisa memberikan perlindungan secara maksimal dari adanya kuman di badan.

Selain itu perlu juga untuk menjaga kelembutan kulit dengan menggunakan sabun badan yang bertekstur lembut dan jauhi menggunakan sabun yang bertekstur kasar.

  1. Lakukan Eksfoliasi Pada Area Punggung

Selain rutin mandi setelah berkeringat, Sobat Pintar juga harus melakukan langkah tambahan agar dapat memastikan sel kulit mati di punggung tidak menumpuk dan memang sudah benar-benar terangkat.

Langkah yang harus Sobat Pintar lakukan yaitu dengan melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi adalah teknik untuk mengangkat sel kulit mati menggunakan scrub atau bahan kimia tertentu.

Jika kulit Sobat Pintar masih dalam kondisi yang baik atau tanpa jerawat, Sobat Pintar dapat melakukan scrub di punggung selama dua kali dalam seminggu.

Akan tetapi jika di punggung Sobat Pintar sudah muncul jerawat maka Sobat Pintar bisa melakukan eksfoliasi secara lembut.

Tapi, jika kondisi back acne Sobat Pintar sangat parah, maka Sobat Pintar harus menghindari eksfoliasi supaya kondisi kulit Sobat Pintar tidak semakin parah. 

  1. Kurangi Gesekan di Punggung

Jika Sobat Pintar sedang mengalami masalah jerawat, usahakan agar mengurangi terjadinya gesekan di area jerawat. Jangan mengenakan tas ransel atau pakaian yang ketat.

Karena dengan menggunakan pakaian yang ketat akan membuat kuman menempel di tubuh Sobat Pintar. Terutama di bagian punggung yang pada akhirnya akan menimbulkan masalah kulit. 

  1. Menjaga Pola Makan Hidup yang Sehat

Pola makan yang tidak sehat dapat mempengaruhi tubuh kita dalam berbagai cara. Makanan tertentu bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat. 

Sobat Pintar bisa coba konsumsi jenis makanan lebih sehat seperti sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, atau biji-bijian.  

Jika berbagai macam cara dalam mengatasi back acne tersebut tidak ada yang berhasil saat Sobat Pintar mencobanya, maka sebaiknya Sobat Pintar melakukan konsultasi secara langsung kepada dokter kulit.

Setelah periksa ke dokter kulit, mungkin dokter akan memberikan resep antibiotik oles agar bisa membunuh bakteri penyebab jerawat .

Jerawat biasanya timbul ketika tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh sel kulit mati serta tersumbat oleh minyak.

Kondisi seperti ini kemudian akan mengundang bakteri datang untuk tinggal serta berkembang biak. Dan akibatnya pori akan meradang, membengkak, dan akan timbul jerawat.

Walaupun sama-sama disebabkan oleh penyumbatan sel kulit mati dan minyak, pori-pori di punggung lebih besar daripada pori-pori di wajah.

Hal ini lah yang membuat pori di punggung lebih rentan tersumbat dan biasanya menimbulkan jerawat yang lebih besar daripada di wajah.

Mudah-mudahan setelah membaca penjelasan di atas Sobat Pintar dapat lebih memahami tentang penyebab munculnya jerawat di punggung dan cara mengatasi masalah kulit ini. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
14 Jul 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download