Penyebab Bau Ketiak dan Cara Mengatasinya

14 Jul 2021 by Laruan

Bau ketiak merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami kebanyakan orang. Kendala ini bukan hanya merugikan bagi orang yang mengalaminya saja, akan tetapi juga bisa mengganggu orang-orang yang ada di sekitarnya. 

Kebanyakan orang awalnya tidak sadar bahwa dirinya sedang memiliki masalah bau ketiak.  Justru mereka biasanya akan menyadari masalah ini ketika diberitahu oleh orang lain.

Ketahui Penyebab Bau Ketiak dan Cara Menghilangkannya Agar Tetap Pede

Maka dari itu, sebaiknya Sobat Pintar harus mengetahui sejak dini apa yang menjadi penyebab bau ketiak supaya dapat mengatasi dan menghilangkan aroma yang tidak menyenangkan ini dengan cara yang benar dan tepat.

Penyebab Masalah Bau Ketiak

Berikut ini merupakan beberapa penyebab dari bau ketiak yang perlu Sobat Pintar ketahui, yaitu :

  1. Berat Badan Berlebihan

Orang dengan bentuk tubuh yang gemuk biasanya akan lebih beresiko mengalami masalah bau badan atau ketiak daripada orang yang kurus.

Hal ini terjadi karena tumpukan lemak di tubuh akan menimbulkan lekukan  yang mudah lembab, berkeringat, serta sulit untuk dibersihkan. 

Bukan hanya itu saja, bagian tubuh yang terdiri dari tumpukan lemak akan rentan menjadi tempat untuk perkembangbiakan mikroorganisme.

Maka dari itu, untuk menghindari terjadinya bau ketiak yang, seseorang yang memiliki berat badan berlebihan harus lebih sering membersihkan tubuh serta mengganti pakaian.

  1. Infeksi Kulit dan Toksin

Sobat Pintar Jangan menganggap remeh reaksi yang terjadi di permukaan kulit. Karena jika tidak ditangani dengan serius, bisa menghasilkan keringat yang mengandung urea berlebihan.

Pada akhirnya Sobat Pintar akan beresiko mengalami bau ketiak. Maka dari itu Sobat Pintar harus memulai untuk mengatasi infeksi kulit dengan telaten agar meminimalkan risiko bau ketiak.

Selain itu, penyebab  lain dari bau ketiak yaitu toksin dari organ-organ tubuh. Toksin yang menumpuk di tubuh dapat berasal dari berbagai hal, misalnya dari polusi udara, makanan, serta dengan mengkonsumsi obat-obatan dalam jangka panjang. 

Saat tubuh tidak bisa mengeluarkan toksin tersebut, maka toksin akan disimpan di beberapa organ tubuh misalnya seperti organ pencernaan, hati, dan ginjal.

Tumpukan toksin bisa menyebabkan saluran usus besar dan hati tersumbat sehingga bisa menimbulkan bau tak sedap di tubuh terutama di ketiak. Penyebab bau ketiak ini dapat diatasi dengan proses detoksifikasi secara teratur.

  1. Diet yang Kurang Tepat

Penyebab bau ketiak lainnya yaitu melakukan pola diet yang kurang tepat. Tak banyak orang tahu jika pola diet yang salah juga rentan menyebabkan bau ketiak.

Tubuh kita sangat membutuhkan asupan zinc dan magnesium supaya dapat menjaga keseimbangan metabolisme serta untuk meminimalkan resiko bau ketiak. 

Agar Sobat Pintar bisa mendapatkan nutrisi tersebut, maka Sobat Pintar harus mengkonsumsi beberapa jenis bahan makanan dengan porsi seimbang.

Sobat Pintar juga harus membatasi untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki aroma yang sangat kuat seperti kandungan kafein, daging kambing, keju, dan bawang yang ternyata sangat rentan menyebabkan bau ketiak jika dikonsumsi secara berlebihan.

  1. Jarang Mandi dan Ganti Pakaian

Mandi secara teratur bukan hanya akan membuat badan Sobat Pintar terasa segar. Tetapi, Sobat Pintar juga bisa terhindar dari risiko bau ketiak. 

Jika Sobat Pintar jarang mandi, maka tubuh Sobat Pintar akan lembab dikarenakan keringat yang menempel di badan dan dapat memicu perkembangbiakan mikroorganisme dengan cepat. 

Mikroorganisme tersebut bisa menghasilkan bau tak sedap yang melekat di tubuh atau ketiak. Maka dari itu, Sobat Pintar perlu mandi secara teratur serta mengeringkan tubuh Sobat Pintar hingga tuntas.

Jika Sobat Pintar sudah mandi dengan teratur, maka Sobat Pintar juga perlu mengganti pakaian secara rutin.

Hal ini harus dilakukan karena keringat serta kotoran yang menempel di pakaian juga bisa menyebabkan bau ketiak.

Sangat percuma jika Sobat Pintar rajin mandi secara teratur tapi tidak mengganti baju secara rutin. Usahakan untuk mengganti pakaian minimal 1 kali dalam sehari. 

Sobat Pintar juga perlu menyingkirkan pakaian dalam atau tanktop yang sudah lama dipakai dan menggantinya dengan pakaian dalam yang baru.

Meskipun Sobat Pintar rutin mencuci tanktop tersebut tetap saja pakaian dalam tersebut bisa beresiko menyimpan berbagai macam bakteri yang bisa menyebabkan bau ketiak. 

Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Ketiak Agar Tidak Datang Kembali ? 

Supaya Sobat Pintar dapat beraktivitas tanpa harus kehilangan percaya diri karena mengalami bau ketiak, berikut ini telah kami rangkum untuk Sobat Pintar mengenai beberapa cara untuk menghilangkan bau ketiak supaya tidak muncul lagi.

  1. Batasi Konsumsi Makanan dan Minuman Tertentu

Banyak sekali cara yang bisa Sobat Pintar lakukan untuk mencegah bau ketiak, salah satunya yaitu dengan membatasi  konsumsi makanan serta minuman yang dapat memicu bau ketiak. 

Makanan seperti daging sapi, daging kambing, bawang, dan makanan pedas adalah beberapa pemicu dari bau ketiak. 

Selain itu, minuman yang dapat memicu bau ketiak contohnya adalah seperti minuman berkafein. Alasannya karena kafein dapat merangsang tubuh untuk memproduksi keringat yang lebih banyak. 

Ketika Sobat Pintar produksi keringat berlebih, hal ini akan membuat tubuh Sobat Pintar menjadi tempat perkembangbiakan bakteri yang dapat membuat bau ketiak.

Oleh sebab itu, Sobat Pintar harus membatasi mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut untuk menghilangkan bau badan. 

  1. Jaga Kebersihan Tubuh dan Ganti Pakaian Secara Rutin

Aktivitas yang sangat padat dan cuaca panas yang sangat menyengat akan membuat tubuh rentan berkeringat.

Terutama jika Sobat Pintar sering mengkonsumsi makanan yang bisa menyebabkan bau ketiak. Hal itu membuat Sobat Pintar perlu lebih telaten untuk menjaga kebersihan tubuh. 

Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan segera membersihkan tubuh saat berkeringat. Sobat Pintar bisa menggunakan handuk kecil, saputangan, atau tisu untuk menyeka keringat Sobat Pintar.

Dengan demikian, bakteri yang menyebabkan bau badan dan tidak akan berkembang biak lagi di kulit Sobat Pintar.

Selain menjaga kebersihan tubuh Sobat Pintar juga harus rajin mengganti pakaian. Karena bau badan akan muncul jika Sobat Pintar malas mengganti baju.

Apalagi ketika Sobat Pintar sedang berkeringat. kondisi pakaian yang basah karena keringat akan membuat tubuh Sobat Pintar semakin lembab. Hal ini sangat rentan untuk memicu perkembangbiakan bakteri penyebab bau ketiak. 

Maka Sobat Pintar harus lebih sering mengganti pakaian agar bisa meminimalkan risiko bau ketiak. Sobat Pintar bisa memilih bahan pakaian yang mudah menyerap keringat dan yang nyaman di tubuh Sobat Pintar.

Dengan begitu Sobat Pintar bisa leluasa untuk melakukan aktivitas harian dan akan terbebas dari rasa gerah.

  1. Mandi Secara Teratur 

Selain cara-cara di atas, Sobat Pintar juga harus menjaga kebersihan tubuh untuk menghilangkan bau ketiak. 

Cara paling efektif untuk menghilangkan bau ketiak yaitu dengan rajin mandi minimal dua kali sehari. Sobat Pintar juga harus memilih sabun yang memiliki sifat anti bakteri supaya bisa lebih efektif untuk menghilangkan bau ketiak. 

  1. Gunakan Antiperspirant

Setelah mandi, Sobat Pintar bisa gunakan antiperspirant yang kuat pada ketiak.  Ini memiliki aluminium klorida, bahan kimia yang membantu mengurangi keringat dan biasanya memiliki deodoran.

Gunakan dua kali sehari – sekali di pagi hari dan sekali di malam hari.

Itulah beberapa penyebab dan juga cara menghilangkan masalah bau ketiak. Semoga pembahasan di atas dapat membantu Sobat Pintar mengatasi masalah tersebut. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload