Pengurusan SIM Online Makin Gampang Dengan Aplikasi Sinar

21 Apr 2021 by kreditpintar
sim online

Ada kalanya kamu membutuhkan pendaftaran atau perpanjangan SIM online yang kamu punyai, tapi kamu capek mengantri panjang lebar dan menunggu tanpa dapat berbuat apa-apa. Mulai tanggal 12 April, kamu bisa ucapkan selamat tinggal karena ada “halo” untuk aplikasi Sinar yang diluncurkan oleh Korps Lalu Lintas Polri.

Aplikasi Sinar memungkinkanmu untuk mendaftar maupun memperpanjang SIM yang kamu punyai di mana pun kamu berada. Kamu pun bisa ikut ujian teori SIM dari aplikasi yang dapat diunduh secara cuma-cuma lewat Play Store maupun App Store ini.

Semuanya dapat kamu lakukan tanpa harus repot-repot mengantre untuk mengurus SIM-mu. Tapi, bagaimana cara daftarnya? Pertama-tama, yuk, mari lihat apa saja yang perlu kamu siapkan untuk mengurus SIM onlinemu di aplikasi Sinar!

Yang Kamu Butuhkan Untuk Mendaftar

Karena aplikasi Sinar adalah aplikasi yang dapat diunduh lewat Play Store maupun App Store, tentunya kamu perlu gawai yang spesifikasinya mendukung aplikasi yang satu ini. Ingat, kamu tidak bisa mendaftar dengan menggunakan emulator seperti Bluestack dan sejenisnya.

Selain itu, sama seperti pengurusan dokumen lain di Indonesia, kamu butuh KTP untuk mengurus SIM onlinemu di aplikasi ini. Dalam aplikasi, KTP ini nantinya berguna untuk mengisi NIK KTP pada formulir data diri.

Kamu pun diharuskan untuk melakukan verifikasi wajah dan foto KTP, di mana keduanya membutuhkan KTP asli. Kalau kamu belum memfotokopi KTPmu, inilah saat yang tepat untuk melakukannya. Kamu akan membutuhkannya, setidaknya pada tahapan verifikasi sebelum tes nantinya.

Bagi kamu yang hendak memperpanjang SIM-mu, kamu juga butuh SIM asli dan fotokopi ketika hendak perpanjang SIM yang kamu punya lewat aplikasi Sinar. Sebagai tambahannya, kamu juga harus menyiapkan print-out nomor antrian dan jadwal pemanggilan untuk tahap pengurusan SIM selanjutnya.

Sekarang, kamu sudah tahu cara mendaftar dan memperpanjang SIM yang kamu punya lewat aplikasi ini. Jadi, poin selanjutnya akan membahas tentang langkah-langkah yang harus kamu tempuh sebagai cara mendaftar SIM yang kamu punya.

Langkah-Langkah Pendaftaran

Daftarkan dirimu

Kalau kamu baru saja mendaftarkan SIM barumu lewat aplikasi, kamu diwajibkan mengisi data diri pada aplikasi. Dalam langkah pertama ini, pastikan semua data yang kamu isi sesuai dengan yang ada di KTP.

Kalau kamu hendak melakukan perpanjangan terhadap SIM barumu, kamu dapat mengisi nomor SIM pada data diri sebagai ganti nomor KTP. Tapi, tetap saja kamu membutuhkan KTP asli dan fotokopi untuk proses selanjutnya.

Pembayaran

Setelah kamu melakukan verifikasi pengenalan wajah dan foto KTP pada aplikasi, kamu akan diarahkan pada pemilihan jenis SIM yang hendak kamu daftarkan.

Biaya penerbitan SIM baru adalah Rp 50.000,00 untuk SIM D, Rp 100.000,00 untuk SIM C, dan Rp 120.000,00 untuk SIM A maupun semua jenis SIM B. Kamu bisa mengajukan pinjaman dana kalau biaya penerbitan SIM ini berat bagimu. Oh, ya, pastikan pinjaman dana yang kamu ajukan terpercaya, ya!

Ujian

Setelah membayar biaya penerbitan SIM baru, kamu akan diperhadapkan pada simulasi contoh soal ujian teori. Dari melewati tahap simulasi ini, kamu bisa lanjut ke tahapan selanjutnya, yaitu ujian teori.

Kamu akan diberikan QR Code ketika kamu lulus ujian teori. Proses tidak berhenti di sini, karena ada tahapan selanjutnya yang harus kamu tempuh, yaitu ujian praktek.

Untuk dapat mengikuti ujian praktek, kamu diwajibkan memilih satpas terdekat sebagai tempat ujian praktek dan jadwal ujian praktek. Sebelum hari H, kamu juga wajib mengantongi print-out nomor antrian dan jadwal serta QR Code aplikasi untuk discan saat sebelum ujian berlangsung.

Proses-proses ujian tersebut sama untuk kamu yang hendak perpanjang SIM lamamu. Hanya saja, kalau kamu hendak memperpanjang, maka kamu juga harus mempersiapkan SIM asli dan fotokopi sebagai tambahan dari dokumen penting lainnya.

Ada kalanya kamu membutuhkan biaya di luar penerbitan SIM baru maupun perpanjangan SIM lama. Misalnya, biaya transportasi ke satpas terdekat, akomodasi di daerah satpas terdekat, dan biaya-biaya lain yang mungkin timbul ketika kamu harus mengulang ujian SIM.

Jangan pusing! Pastikan kamu memilih Kredit Pintar sebagai solusi pembayaranmu. Kredit Pintar membuat pendaftaran dan perpanjangan SIM online lewat aplikasi Sinar menjadi lebih gampang!

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload