Pengiriman Uang Ke Luar Negeri? Ini Caranya!

12 Aug 2021 by Laruan, Last edit: 10 Aug 2021

Setiap tahun jumlah orang yang menempuh pendidikan maupun bekerja di luar negeri kian bertambah. Lihat saja dari jumlah tenaga kerja Indonesia yang mengalami peningkatan setiap tahun. Bekerja di luar negeri memang memiliki potensi pendapatan lebih besar. Selanjutnya, penghasilan yang didapat dari bekerja di luar negeri tersebut dikirimkan ke Indonesia untuk keluarga di rumah. Melihat hal tersebut, diperlukan tips pengiriman uang ke luar negeri yang paling aman dan efektif sehingga proses pengiriman uang berjalan dengan lancar dan dapat segera diterima oleh tujuan penerima, seperti keluarga, saudara atau lainnya.

Pengiriman Uang Ke Luar Negeri

Cara Melakukan Pengiriman Uang ke Luar Negeri yang Aman

Ada beberapa tips yang bisa Sobat Pintar coba jika ingin melakukan transfer uang lintas negara ataupun sebaliknya. 

1. Transfer melalui bank

Bagi yang memiliki rekening bank, Sobat Pintar bisa mengirim uang ke luar negeri melalui teller bank

Namun, Sobat Pintar harus tahu dulu alamat tujuan dengan detail, seperti nomor rekening bank. Paling penting adalah kode swift masing-masing bank tujuan. 

Teller bank umumnya sudah memiliki informasi lengkap mengenai hal ini. Sobat Pintar cukup memberikan informasi data lengkap berupa nama pemilik rekening dengan ejaan benar, nomor, dan cabang Bank tujuan.

Hanya saja, tips ini memiliki biaya serta nilai tukar kurs yang lebih tinggi sehingga kurang diminati.

2. Payoneer

Bagaimana jika tujuan pengiriman tidak memiliki rekening bank? 

Sobat Pintar bisa menggunakan metode lain tanpa berhubungan dengan rekening bank. Beruntungnya, sekarang sudah banyak tersedia platform digital untuk keperluan ini.

Salah satu yang saat ini cukup populer adalah Payoneer. Platform ini mengakomodasi pengiriman uang dari luar negeri dengan tips yang mudah dan aman. 

Biasanya platform ini banyak digunakan oleh para pebisnis maupun pekerja lepas untuk menerima gaji.

Proses pendaftarannya tidak dikenakan biaya. Sobat Pintar hanya memerlukan alamat email dengan data diri yang lengkap. 

Selanjutnya sudah langsung bisa digunakan untuk mengirim atau menerima uang tanpa tambahan biaya fee apapun.

Namun perlu diingat bahwa tips transfer uang lintas negara itu selalu menggunakan kurs yang berlaku hari itu. 

Jadi jangan heran bila bisa jadi nominal yang diterima tidak pas dengan perhitungan. Salah satu poin penting bila menggunakan platform seperti Payoneer adalah harus memperhatikan syarat batas minimal pengambilan uang. 

Minimal batasannya adalah 50 USD, namun tidak ada biaya pencairan. Jadi pastikan jumlah pengiriman lebih dari itu supaya dapat ditarik penerima sesuai dengan nominalnya.

3. Western Union

Western Union merupakan layanan transfer uang lintas negara maupun dalam negeri yang cukup populer.

Western Union seringkali digunakan terutama untuk masyarakat yang tidak memiliki akses perbankan. 

Fasilitas ini paling mudah dibandingkan metode yang lainnya. Sobat Pintar hanya memerlukan penyedia jasa, bisa melalui bank maupun non bank. 

Kemudian isi form yang disediakan, disertai data penerima yang benar dan jelas. Dalam waktu yang sama, uang bisa langsung diambil dari sisi penerima.

Penerima bisa mencairkan menggunakan nomor MTCN (kode pengiriman) dan kartu identitas. 

Sebagai pengirim, Sobat Pintar hanya perlu informasikan nomor tersebut ke penerima agar uang tersebut bisa langsung dicairkan.

Beberapa bank valuta menyediakan layanan ini. Selain itu, penerima dalam negeri dapat mencairkan melalui Kantor Pos dan Pegadaian.

Baca artikel menarik lainnya: 3 Cara Dapat Uang 500rb Sehari: Direkomendasikan Oleh Kredit Pintar

4. Paypal

Fasilitas pengiriman paling populer di kalangan pebisnis dan pekerja lepas adalah Paypal. Platform yang pertama kali menyediakan pembayaran digital ini paling banyak di download. 

Untuk menggunakannya sangat mudah karena bisa dilakukan dengan cukup mendaftar menggunakan email aktif.

Namun bila memakai PayPal, maka penerima harus memiliki akun Paypal dulu untuk melakukan transaksi tersebut. 

Setelah uang dikirim secara online, penerima dapat mencairkannya langsung dengan tips mentransfer ke rekening bank yang dimiliki. Dalam hal ini, tidak ada biaya untuk prose pencairan atau withdrawal. 

Namun agar pengajuannya diproses, batasan nominal transaksinya harus melebihi dari batas minimum yaitu sebesar 10 USD. 

5. Wise (Transferwise)

Tips lain yang bisa Sobat Pintar lakukan untuk melakukan transfer uang lintas negara adalah dengan menggunakan platform bernama Wise atau dulunya dikenal dengan nama Transferwise. 

Sobat Pintar cukup membuka akun di platform ini dan melakukan transaksi di mana Sobat Pintar bisa melakukan transfer langsung ke rekening bank tujuan. 

Prosesnya mudah dan fee yang dikenakan juga tidak terlalu tinggi. Sobat Pintar bisa mengirim uang ke negara-negara di sekitar Asia, Eropa, bahkan Amerika. 

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Untuk Pengiriman Uang ke Luar Negeri

Pengiriman Uang Ke Luar Negeri

Sebelum melakukan transfer uang lintas negara, Sobat Pintar perlu mempersiapkan beberapa hal berikut ini. Hal ini karena menyangkut keamanan transaksi dan lamanya uang sampai hingga ke tangan penerima.

1. Pilih jasa pengiriman resmi

Jika menggunakan jasa bank, tidak perlu khawatir sebab lebih dapat dipertanggungjawabkan. 

Segala resiko dalam pengiriman bisa diklaim secara langsung ke cabang terdekat, begitu juga dengan pemilihan jasa di luar bank.

Sobat Pintar harus memastikan bahwa layanan tersebut valid. Minimal sudah dikenal secara luas sebagai penyedia jasa kirim uang antar negara sehingga hal dapat membuktikan bahwa layanan transfer uang lintas negara tersebut resmi.

2. Perhatikan kode tracking

Pastikan bahwa pengiriman uang dapat di tracking.  Jika menggunakan layanan bank, Sobat Pintar bisa meminta estimasi sampainya kiriman. 

Jika Sobat Pintar memilih layanan lain, sebaiknya mintalah kode tracking untuk memantau sudah sampai atau belum proses pengiriman uang tersebut.

3. Perhatikan nominal pengiriman

Sebaiknya penuhi syarat minimum pengiriman sesuai layanan yang digunakan.  Bila ingin melakukan transfer uang lintas negara dalam jumlah besar, sebaiknya perhatikan batas maksimumnya terlebih dahulu supaya tidak melakukan dua kali kerja.

4. Perhatikan besaran nilai tukar kurs mata uang

Kurs mata uang menjadi penentu berapa besaran nominal yang diterima di alamat tujuan. Jika tidak ingin rugi, lakukan pengiriman uang ketika kurs sedang turun sehingga akan lebih menguntungkan penerima karena potongannya tidak besar.

5. Perhatikan tujuan pengiriman uang ke luar negeri

Hal ini sering ditanyakan pihak bank maupun jasa kirim uang. Tujuan kenapa pihak penyedia layanan menanyakan hal tersebut adalah untuk menghindari tindak kriminalitas. Misalnya saja seperti money laundry, pembiayaan terorisme, prostitusi, bisnis illegal, narkoba dan sebagainya.

Itulah beberapa tips yang bisa Sobat Pintar coba untuk melakukan pengiriman uang ke luar negeri atau sebaliknya, serta hal-hal yang perlu Sobat Pintar perhatikan.  Pilihlah institusi atau metode yang benar-benar terpercaya agar uang yang Sobat Pintar kirimkan sampai ke tujuan dengan aman!

Baca artikel menarik lainnya: 6+ Cara Mendapatkan Dana Bantuan Pemerintah 2021 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
10 Aug 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download