Apa Itu Kredit Tanpa Agunan? Keuntungan dan Kekurangannya

11 Jan 2018 by Ary Wibowo, Last edit: 05 Sep 2022

Apa itu kredit tanpa agunan? Pada dasarnya, kredit tanpa agunan (KTA) hampir sama dengan kredit pada umumnya. Perbedaan yang paling mencolok dari kredit tanpa agunan dengan kredit biasa adalah perihal jaminan. 

Pada kredit tanpa agunan, peminjam tidak perlu memberikan jaminan untuk melakukan peminjaman. Oleh karena itu disebut juga dengan Kredit Tanpa Jaminan (KTJ). 

cara mengajukan kredit tanpa agunan

Pada konsep pinjaman tradisional, peminjam harus memberikan jaminan kepada pemberi pinjaman. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari risiko tidak dibayarkannya uang yang diberikan kepada peminjam. 

Bentuk jaminan yang diberikan biasanya merupakan benda yang berbentuk aset seperti hipotek rumah, surat kendaraan, ataupun rumah yang tengah ditempati sendiri. Kegagalan bayar akan menyebabkan barang jaminan yang diberikan disita oleh petugas repo dari pemberi pinjaman. 

Apa Itu Kredit Tanpa Agunan?

Tidak seperti konsep pinjaman tradisional di atas, kredit tanpa agunan tidak memerlukan jaminan saat melakukan peminjaman. Kredit tanpa agunan hanya berdasarkan janji dari peminjam akan mengembalikan pinjaman yang diberikan.

“Kredit Tanpa Jaminan adalah kredit yang diberikan bank dalam bentuk uang tunai, yang dapat diperoleh tanpa memberikan agunan. KTJ umumnya disediakan bank untuk berbagai keperluan, diantaranya biaya pendidikan, renovasi rumah, modal kerja, dan untuk kebutuhan lainnya,” Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Bukan berarti tanpa jaminan, setiap orang bisa mengajukan kredit tanpa agunan. Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh peminjam untuk mengajukan pinjaman. 

Riwayat kreditur dalam menyelesaikan pinjaman menjadi poin paling utama yang dilihat oleh bank sebagai pemberi pinjaman. Penghasilan setiap bulan dari peminjam juga menjadi persyaratan yang sangat penting dalam mengajukan kredit tanpa agunan. 

Baca Juga : Performa, Keunggulan serta Varian dan Harga Daihatsu Rocky

Syarat Mengajukan Kredit Tanpa Agunan 

Setelah mengetahui apa itu kredit tanpa agunan Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh kreditur dalam mengajukan pinjaman tanpa jaminan. Pada umumnya, ada tiga hal yang pada umumnya menjadi syarat mengajukan kredit tanpa jaminan. 

  1. Data Diri 

Kreditur atau peminjam pada umumnya diwajibkan berkewarganegaraan Indonesia, dibuktikan dengan fotokopi KTP suami istri. 

Selain dari foto kopi KTP, Bank selaku pemberi pinjaman biasanya mewajibkan peminjam untuk memberikan fotokopi dari NPWP pribadi sebagai bukti warga negara yang taat membayar pajak.

  1. Slip Gaji Atau Akta Usaha 

Slip gaji menjadi sangat penting. Peminjam perlu memberikan slip gaji sebagai bukti dari pemasukan peminjam setiap tahunnya. 

Dalam prakteknya, besaran uang yang diperbolehkan dalam mengajukan kredit tanpa jaminan adalah 5 kali besaran gaji setiap bulannya, tergantung dengan kebijakan setiap bank. Oleh karena itu, perlu adanya slip gaji sebagai bukti besaran penghasilan. 

Jika peminjam bukan seorang karyawan yang menerima slip gaji, peminjam perlu melampirkan SIUP/SITU/Surat izin praktek dan akta pendirian perusahaan untuk wiraswasta dan profesional.

  1. Riwayat Kredit 

Bank tentunya tidak ingin memberikan pinjaman tanpa agunan kepada orang yang tidak taat melakukan pembayaran. Oleh karena itu, kreditur perlu melampirkan fotokopi kartu kredit dan tagihan satu bulan terakhir (asli) milik kreditur. 

Selain dari fotokopi kartu kredit, peminjam juga perlu melampirkan fotokopi dari buku rekening bank yang dimilikinya. Dengan demikian, pemberi pinjaman bisa mengetahui pemasukan dan pengeluaran dari peminjam. 

Keuntungan dan Kekurangan Kredit Tanpa Agunan

Keuntungan Kredit Tanpa Agunan

Terdapat banyak keuntungan yang bisa didapat setelah kamu mengetahui apa itu kredit tanpa agunan. Keuntungan yang sudah jelas yakni dengan tidak adanya jaminan yang perlu diberikan peminjam tentunya. 

Baca Juga : Jenis serta Harga Triplek Terbaru di Pasaran

Namun selain itu, terdapat banyak keuntungan lain yang bisa didapat dari pengajuan pinjaman tanpa agunan. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapat dari mengajukan kredit tanpa jaminan : 

  • Tidak Memerlukan Deposito Sebagai Jaminan. Batas kredit didasarkan kepada kelayakan kredit. 
  • Suku Bunga Lebih Rendah. Tergantung pada program kredit yang diinginkan, namun biasanya, kredit tanpa agunan memiliki suku bunga yang lebih rendah. 
  • Program Hadiah yang Lebih Menarik. Setiap bank berlomba-lomba memberikan pelayanan yang lebih baik untuk menarik pelanggan yang lebih banyak lagi.

Banyak keuntungan yang ditawarkan oleh bank selaku pemberi pinjaman seperti bonus miles, poin, bahkan cashback kepada pelanggannya. Bahkan kamu dapat memiliki opsi periode 0 APR. 

Annual Percentage Rate (APR) atau dalam bahasa Indonesia berarti Tingkat Persentase Tahunan adalah suku bunga untuk satu tahun penuh. Bukan hanya biaya bulanan atau tarif seperti yang diterapkan pada pinjaman, hipotek, kartu kredit dan lain-lain.

  • Lebih Sedikit Biaya Penanganan. Banyak kredit tanpa agunan yang menawarkan tanpa biaya tahunan, dan banyak pula yang tidak memiliki biaya transaksi luar negeri. 

Kekurangan Kredit Tanpa Agunan

Walaupun sudah mengetahui apa itu kredit tanpa agunan dan keuntungannya, kredit tanpa jaminan juga memiliki kekurangan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut : 

  1. Lebih Sulit Diajukan

  Mengajukan kredit tanpa jaminan tidak semudah mengajukan kredit pada umumnya. Dikarenakan tanpa adanya agunan atau jaminan, pemberi pinjaman lebih berhati-hati dalam memberikan syarat kepada pemberi pinjaman. 

    Mungkin bagi kamu yang telah memiliki catatan kredit yang baik, cukup mudah dalam mengajukan kredit tanpa jaminan. Namun jika kamu pernah terdaftar sebagai kreditur yang macet dalam pembayaran ataupun belum pernah memiliki catatan kredit sama sekali, pengajuan kredit tanpa agunan mungkin akan terasa lebih sulit.

  1. Lebih Mudah Disalahgunakan

Angka yang bisa diajukan dalam kredit tanpa agunan lebih tinggi dari pengajuan kredit pada umumnya. Namun hal tersebut bisa menjadi pedang bermata dua bagi orang yang tidak bijaksana. 

Bisa saja kamu keluar dari tujuan utama dalam membelanjakan uang yang kamu pinjam dengan kredit tanpa agunan. Seakan tidak terasa, jumlah tagihan akan menaik setiap bulannya, dan keluar dari perencanaan keuangan yang kamu miliki. 

Oleh karena itu, pastikan kamu terus berada di jalur tujuan yang kamu inginkan pada saat mengajukan kredit tanpa jaminan.

Itulah sejumlah keuntungan dan kekurangan dari pengajuan kredit tanpa jaminan. Apapun bentuk kredit yang kamu ajukan, apapun bentuk kredit yang kamu ajukan, semuanya akan tergantung pada cara diri sendiri dalam memanfaatkannya. Oleh karena itu, bijaksanalah dalam mengatur keuangan. 

Setelah mengetahui apa itu kredit tanpa agunan beserta keuntungan dan kekurangannya, tertarik untuk mengajukan kredit tanpa jaminan? Kredit Pintar mungkin bisa menjadi solusi bagi anda. Pengajuan yang mudah, dan perusahaan yang telah diawasi OJK mengajukan kredit tanpa jaminan menjadi lebih aman. 

Baca Juga : 7+ Pinjaman Online Langsung Cair

Kredit Pintar menyediakan pinjaman uang hingga 20 Juta Rupiah tanpa jaminan sedikitpun dengan biaya bunga yang rendah dan proses pencairan yang lebih cepat. Semakin lebih mudah dengan area layanan yang telah tersebar luas di seluruh Indonesia. Sumatra, Kalimantan, Jawa Barat, bahkan hingga Papua. 

Langsung download aplikasi Kredit Pintar di Playstore. Layanan kredit tanpa jaminan terpercaya dengan lebih dari 10 juta pengguna dengan 1,5 juta kali ulasan dengan penilaian di angka 4,8 dari 5.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
05 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download