List Terbaru 7 Orang Terkaya di Dunia

02 Nov 2021 by Laruan

Meski secara garis besar punya efek negatif bagi ekonomi, pandemi covid-19 ternyata tidak mempengaruhi daftar orang terkaya di dunia. Sebagian besar dari mereka masih bertahan di posisinya, bahkan diantaranya mengalami kenaikan gara-gara pandemi.

List Terbaru 7 Orang Terkaya di Dunia

Teka-teki tentang siapa orang terkaya di dunia memang kerap menarik perhatian publik setiap tahunya. Majalah keuangan Forbes secara konsisten membuat daftarnya setiap tahun. Dalam data real-time yang dilansir dari Forbes pada (21/10/2021), Jeff Bezos masih memimpin dengan total kekayaan 177 miliar dolar AS.

Sementara itu, di posisi kedua terdapat nama Elon Musk dengan total harta sebesar 151 miliar dolar AS. Pemilik Tesla ini merupakan pesaing utama Jeff Bezos dalam perebutan tahta orang terkaya di dunia saat ini.

Berikut ini list lengkap tentang 10 orang terkaya di dunia yang dilansir dari Forbes pada (21/10/2021):

  1. Jeff Bezos

Berawal dari garasi mobil rumahnya, Jeff Bezos mendirikan e-commerce Amazon pada tahun 1994. Awalnya pria asal New Mexico tersebut mendirikan Amazon sebagai toko buku online. Seiring berjalannya waktu, Amazon terus tumbuh dan berhasil menjadi toko online serba ada paling besar di dunia.

Pada tahun 2020 lalu, pergerakan Amazon semakin tidak terbendung. Lahirnya anjuran di rumah saja serta permintaan belanja online yang semakin tinggi membuat penjualan e-commerce asal Amerika tersebut naik 38 persen. 

Jeff Bezos bukanlah orang baru dalam bursa orang terkaya di dunia. Sejak tahun 1999, namanya sudah nongkrong di posisi 19 dengan total harta 10,1 miliar AS. Mayoritas kekayaan pria berkepala plontos tersebut berasal dari sahamnya di Amazon.

Selain Amazon, Jeff Bezos juga memiliki dua perusahaan lain, yakni The Washington Post dan Blue Origin.

  1. Elon Musk

Di posisi kedua terdapat nama Elon Musk, yang sudah malang melintang di bisnis teknologi sejak era dot.com dimulai. Pada tahun 1995, Musk mendirikan Zip2, salah satu layanan navigasi online paling pertama. Setelah itu, Musk turut ikut andil dalam pembuatan adalah X.com, sebuah sistem pembayaran digital yang kemudian berubah menjadi PayPal. 

Pria kelahiran Afrika Selatan tersebut saat ini memiliki tiga perusahaan sekaligus, yakni Tesla, SpaceX, serta The Boring Company. Mayoritas harta Elon Musk berasal dari Tesla dengan kepemilikan saham sebesar 20%.

Pada tahun 2020 lalu, saham Tesla meroket 705 % sejak awal tahun sampai Desember. Kenaikan ini juga membuat Tesla masuk dalam S&P 500, sebuah indeks yang terdiri dari saham 500 perusahaan dengan modal terbesar. Hal ini juga membuat Elon Musk beberapa kali menyusul Jeff Bezos di peringkat pertama.

  1. Bernard Arnault & Family

Bernard Arnault merupakan pemilik LVMH, perusahaan barang mewah terbesar di dunia. LVMH juga membawahi brand-brand glamor seperti Louis Vuitton, Marc Jacobs, Sephora, dan lain-lain. 

Mayoritas kekayaan Arnault berasal dari sahamnya di Christian Dior SE dengan total kemepilikan saham sebesar 97%. Kiprah bisnis pengusaha asal Prancis ini berawal saat mengelola Ferret-Savinel, perusahaan konstruksi milik ayahnya.

Pada tahun 1987, Arnault kemudian memulai kiprahnya di LVMH dan memegang berbagai jabatan strategis mulai dari CEO, komisaris utama, sampai pemilik saham mayoritas. Saat ini, empat anak Arnault juga ambil bagian di LVMH yang menjadikan keluarga ini memiliki total kekayaan sebesar 184 miliar dolar AS.

  1. Bill Gates

Pemilik Microsoft ini sudah beberapa kali menjadi orang terkaya di dunia. Di tahun 2021 ini, posisinya berada di peringkat empat. Bill Gates pertama kali mendirikan Microsoft pada tahun 1975 bersama sahabatnya Paull Allen.

Sempat memegang berbagai jabatan penting, saat ini saham Bill Gates di microsoft tersisa 1,3%. Selain Microsoft, pria yang sempat berkuliah di Harvard namun tidak lulus tersebut juga punya saham di berbagai perusahaan seperti Republic Service dan Berkshire Hathaway.

Selain terkenal sebagai pengusaha sukses, mantan suami dari Melinda Gates ini juga aktif di kegiatan sosial. Dua organisasi filantropisnya, William H. Gates Foundation dan  the Gates Learning Foundation, sudah menyuntikan dana jutaan dolar AS untuk aksi sosial, termasuk pandemi COVID-19.

Tak hanya itu, pada tahun 2010, ia mendirikan kampanye Giving Pledge bersama Warren Buffett. Kampanye ini mendorong orang-orang kaya di dunia agar menghabiskan sebagian besar hartanya untuk aksi sosial.

  1. Larry Ellison

Posisi kelima orang terkaya dunia selanjutnya diisi oleh Larry Ellison. Perjalanan pemilik Oracle ini tidak selalu mulus. Pada tahun 1966, Larry Ellison dinyatakan drop out dari University of Chicago dan mulai bekerja sebagai programmer untuk beberapa perusahaan komputer di California.

Pada tahun 1977, Larry bersama Miner dan Oats mendirikan Software Development Laboratories (SDL) yang dua tahun kemudian berubah menjadi Oracle. Semakin tingginya daya tarik database membuat perusahaan ini berganti nama menjadi Oracle System Corporation pada tahun 1982.

Semenjak itu, nama Oracle semakin berkibar dan mulai mengakuisisi perusahaan lain seperti PeopleSoft dan Sun Microsystem. Total kekayaan yang dimiliki Larry saat ini ditaksir mencapai 126.7 miliar dolar AS.

  1. Mark Zuckerberg

Pada tahun 2004, Mark Zuckerberg mendirikan Facebook bersama tiga rekannya di Harvard University. Karena Facebook semakin tenar di kampus bergengsi tersebut, Mark kemudian memutuskan untuk tidak menyelesaikan kuliahnya.

Sejak saat itu, pengguna Facebook semakin bertambah dan saat ini sudah mempunyai 2.8 miliar pengguna aktif per bulan. Tidak puas sampai disitu, Facebook kemudian mengakuisisi berbagai perusahaan lain termasuk Instagram dan Whatsapp.

Pengguna facebook yang semakin besar tentu membuat kekayaan Mark Zuckerberg semakin tumbuh. Total kekayaan pria berusia 37 tahun tersebut mencapai 97 miliar AS. Pada tahun 2015, Mark bersama istrinya Priscilla Chan, mendirikan badan amal bernama Chan Zuckerberg Initiative.

  1. Larry Page

List ketujuh orang terkaya di dunia saat ini diisi oleh salah satu pendiri Google Larry Page dengan total kekayaan 121.4 miliar AS. Pada tahun 1995, Page bersama Sergey Brin membuat “Backrub”, mesin pencari yang kemudian dikembangkan menjadi Google.

Google merupakan mesin pencari paling populer di dunia saat ini. Lebih dari 70% pencarian dilakukan lewat Google. Pada tahun 2006, Google kemudian mengakuisisi Youtube yang kemudian menjadi platform video sharing paling besar saat ini. 

Di tahun 2008, Google kembali mengakuisisi perusahaan lain, yakni Android. Sejak tahun 2015, Google bersama anak perusahaan lainnya resmi berada di bawah bendera Alphabet Inc.

Itulah deretan list 7 orang terkaya di dunia. Tentu untuk mencapai peringkat tersebut mereka harus punya modal besar. Buat Anda yang sedang mencari pinjaman uang untuk modal usaha, Kredit Pintar adalah solusinya.

Kredit Pintar adalah sebuah fintech yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Kami memberikan kemudahan pencairan dana bagi Anda. Hanya dengan sentuhan jari, Anda sudah bisa mendapatkan pinjaman uang dalam 5 menit. Tidak hanya itu, bunga yang kami tawarkan juga rendah.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
02 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload