Opportunity cost dan 4 Manfaatnya Dalam Pengelolaan Bisnis

03 Jun 2021 by kreditpintar
Opportunity cost dan 4 Manfaatnya Dalam Pengelolaan Bisnis

Dalam konsep opportunity cost, atau biaya peluang diperlukan pengorbanan, jika tidak ada pengorbanan yang terlibat dalam sebuah keputusan, maka tidak akan ada biaya peluang. Hal tersebut menjadi alasan mengapa sangat penting nya peran biaya peluang dalam memberikan pertimbangan untuk mengambil keputusan.

Jadi biaya peluang adalah biaya yang harus ditanggung saat pengambil keputusan merelakan satu kesempatan mendapatkan kesempatan lain. 

Untuk mengenali karakteristik dari biaya peluang ada beberapa hal yang harus Sobat Pintar pahami sebagai berikut :

  1. Biaya tidak selalu berkaitan dengan uang.
  2. Ada banyak kemungkinan yang terkait dengan kegunaanya.
  3. Opportunity ditetapkan tergantung kondisi individu maupun perusahaan yang terkait.
  4. Mengacu pada kebutuhan sekunder bahkan tersier. 

Apa Saja Manfaat Dari Opportunity Cost?

Manfaat biaya peluang tidak hanya terjadi dalam bisnis, tetapi terjadi juga dalam kehidupan sehari-hari. Nah, mari kita simak beberapa manfaat dari biaya peluang.

1. Untuk Memudahkan Menentukan Prioritas

Setiap pilihan pasti akan mendatangkan keuntungan dan kerugian. Dengan menghitung biaya peluang Sobat Pintar dapat menentukan prioritas mana yang paling penting dan menguntungkan.

2. Membantu Meminimalkan Risiko

Keuntungan dari biaya peluang ini adalah membantu Sobat Pintar untuk memilih keputusan yang lebih minim resiko. Sobat Pintar dapat melakukan perbandingan terhadap dua hal yang berbeda.

3. Membantu Dalam Perhitungan Modal

Manfaat selanjutnya adalah membantu Sobat Pintar dalam menghitung modal. Hal ini sangat berguna untuk pelaku bisnis dalam mengembangkan bisnis.

Untuk mengembangkan bisnis, tentu diperlukan modal yang tidak sedikit. Dengan perhitungan biaya peluang, berapa banyak modal yang harus dimiliki dapat diprediksi.

4. Membantu Menghemat Pengeluaran Usaha

Artinya perusahaan tidak perlu mengeluarkan anggaran untuk sesuatu hal yang memang tidak diperlukan. Perusahaan fokus pada hal pokok akan membantu perusahaan dalam menghemat pengeluaran meski tidak secara langsung.

Cara Menghitung Opportunity Cost

Bagaimana biaya peluang digunakan dalam kehidupan sehari-hari? Bagaimana jika biaya peluang dilihat dari produksi perusahaan? Untuk hal ini maka perlu memahami cara menghitung biaya peluang.

Menghitung biaya peluang atau biaya peluang dapat dilakukan dengan cara tertentu. Cara menghitung biaya peluang dapat kita lihat dengan menghitung selisih antara pengembalian. Dengan rumus sebagai berikut :

Opportunity Cost = FO – CO

FO = forgone option yaitu nilai alternative yang tidak dipilih.

CO = chosen option yaitu nilai alternatif yang dipilih.

Jika CO dapat memberikan keuntungan daripada biaya FO, maka perusahaan Sobat Pintar akan memperoleh untung atau profit.

Namun, jika CO sedang membutuhkan biaya yang cukup besar dan tidak dapat memberikan keuntungan yang lebih besar daripada FO, maka yang terjadi pada perusahaan adalah keliru dalam memilih alternatif.

Dalam membangun suatu bisnis Sobat Pintar harus memantau setiap biaya yang Sobat Pintar keluarkan untuk kemajuan bisnis Sobat Pintar, tidak terkecuali biaya peluang. Biaya peluang mengacu pada nilai opsi yang perlu Sobat Pintar korbankan untuk mengejar opsi yang Sobat Pintar putuskan.

Terlepas dari hal tersebut mana yang Sobat Pintar pilih, akan nada biaya yang ditetapkan pada opsi yang diabaikan dan itulah biaya peluang.

Melalui ulasan di atas, kami berharap semoga ini dapat menambah wawasan pengetahuan Sobat Pintar mengenai biaya peluang. Dan Sobat Pintar dapat memperkirakan biaya peluang dengan tepat, Sobat Pintar jadi bisa untuk mempertimbangkan apa yang lebih tepat dari dua atau lebih pilihan yang ada.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload