Ulas Smartphone OPPO A7 Yang Ramah Kantong!

23 Sep 2021 by Laruan

Ingin memiliki smartphone yang keren, tahan lama, dan memiliki performa yang mumpuni? OPPO baru-baru ini meluncurkan OPPO Reno6 Series yang datang segudang fitur mewah. Namun jika kamu ingin gadget dengan harga yang lebih terjangkau, maka smartphone OPPO A7 adalah jawaban dari pencarian kamu.

Ulas Tuntas Smartphone OPPO A7 Yang Ramah Kantong!

Seri A yang dimiliki oleh OPPO berarti affordable atau terjangkau yang diperuntukkan pasar menengah ke bawah. Namun begitu, seri A7 yang memiliki harga terjangkau ini ternyata memiliki performa yang sangat baik untuk smartphone kelas menengah. Yuk, simak ulasan terlengkap dibawah ini!

Spesifikasi Lengkap Smartphone OPPO A7

TipeSmartphone
BentukBar
OSAndroid
Versi OSColorOS 5.2 (Android 8.1 Oreo)
SIMNano SIM/Dual SIM/ Dual Standby
CPUQualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14nm) octa-core Cortex-A53
Kecepatan CPU 1.8GHz
Storage32 GB/64 GB
RAM3 GB/4 GB
External StoragemicroSD up to 256 GB
Baterai4230 mAh
Ukuran Layar6.2 inci
Resolusi LayarHD+ 720 x 1520 pixels, 19:9 ratio (-271 ppi density)
Tipe2G/3G/4G (LTE)
2GGSM 850/900/1800/1900 Mhz
3GWCDMA Bands 1/5/8
4G (LTE)FDD-LTE/TDD-LTE
Kamera Belakang13 MP + 2 MP
Kamera Depan16 MP
Fitur dan LayananWi-Fi, Hostspo/Tethering, Bluetooth, Flash, GPS, Fingerprint Scanner, Dual Cameras, 3.5mm, Headphone Jack
Dimensi dan Ukuran155.9 x 75.4 x 8.2 mm
Berat 170 g

Desain Smartphone OPPO A7

Kali ini OPPO menghadirkan sebuah smartphone teranyar kelas menengah mereka dengan tipe OPPO A7. Smartphone ini memiliki layar full screen dengan desain notch atau biasa disebut dengan poni ala waterdrop selebar 8,2 inch yang berteknologi IPS. Di dalam notch tersebut sudah disematkan sebuah kamera depan yang bisa digunakan untuk melakukan selfie.

Smartphone OPPO A7 memiliki berat 158 gram dan dimensi 155,9 mm x 75,4 mm x 8,1 mm. Meskipun terkesan besar, nyatanya smartphone ini sangat nyaman ketika disimpan di dalam saku celana dan nyaman di genggam pada saat pemakaian.

Selain desain-nya yang mewah dan cantik, di sisi belakang smartphone OPPO A7 terdapat dual kamera yang sudah dilengkapi dengan lampu flash LED untuk meningkatkan pengalaman berfoto.

Fitur keamanan fingerprint juga disematkan pada OPPO A7 dengan desain oval dan frame emas. Fitur ini sangat berguna untuk meningkatkan keamanan data pribadi dalam smartphone.

Performa Smartphone OPPO A7

Spesifikasi OPPO A7 yang ditawarkan terbilang sangat mumpuni. Pengguna bisa merasakan performa tingkat tinggi dari Processor Qualcomm Snapdragon 450 yang sudah dilengkapi dengan CPU octa-core 1,8 GHz Cortex-A52 dan pemrosesan grafis Adreno 506 yang sudah tertanam pada seri OPPO A7.

Smartphone ini memiliki RAM sebesar 4GB dengan ROM 64 GB yang sangat cocok untuk mendukung kinerja sehari-hari. Jika kapasitas 64 GB tersebut masih kurang, pengguna bisa menambahkan microSD hingga sebesar 256 GB sebagai tambahan memori. OPPO A7 ini sudah menggunakan OS Android 8.1.0 Oreo.

Membandingkan OPPO A7 dengan Smartphone lain di kelasnya, smartphone ini memang memiliki chipset yang cukup rendah. Namun, performa yang diberikan pada saat penggunaan untuk mengakses aplikasi, konten, dan game terbilang cukup baik. Pada saat uji aplikasi Benchmark-pun, Smartphone OPPO A7 meraih skor yang terbilang cukup baik.

Jaringan yang disematkan pada smartphone ini terbilang cukup bagus di kelasnya. Jaringan 4G LTE fungsionalitas dual SIM, WiFi Direct, Wi-Fi 802.11 b/g/n, dan Hotspot sudah ada di dalam smartphone ini. Selain itu, OPPO A7 juga menyediakan USB On-The-Go, port micro USB 2.0, GPS, dan Bluetooth 4.2.

Fitur keamanan smartphone ini terbilang sangat baik untuk kelas menengah. Pengguna bisa mengakses smartphone ini dengan menggunakan fingerprint yang terletak pada bagian belakang bodi, selain itu OPPO juga sudah menyematkan face unlock sebagai tambahan keamanan. Fitur keamanan lain yang diberikan oleh OPPO A7 adalah fitur Kids Space, Private Safem dan App Lock.

Seperti smartphone terbaru saat ini, OPPO juga memiliki fitur Music Party yang memudahkan pengguna untuk memainkan musik dalam beberapa aplikasi sekaligus. Untuk pengalaman bermain game, OPPO juga sudah menyediakan fitur Game Space yang dimana pengguna dapat mengatur notifikasi-notifikasi yang akan muncul saat bermain game. Jadi, gangguan yang mungkin terjadi saat di tengah permainan bisa teratasi.

Kamera Smartphone OPPO A7

Memiliki tagline “Selfie Expert,” OPPO sudah membekali tiga buah kamera pada seri A7. Satu kamera selfie pada bagian depan memiliki resolusi 16 MP dengan aperture f/2.0, dan dua kamera belakang dengan resolusi yang dimiliki masing-masin 13 aperture f/2.2 MP dan 2 MP aperture f/2.4 dan depth sensor.

Memiliki kamera depan dengan resolusi yang besar, gambar yang dihasilkan pada kamera depan ini sangat memuaskan. Terlebih lagi dengan adanya fitur “Beauty” yang membuat tampilan wajah pengguna menjadi lebih menarik.

Hal yang sangat disayangkan hanyalah tidak adanya lampu flash untuk kamera depan. Satu-satunya cara pengguna mendapatkan cahaya yang lebih baik, OPPO memberikan pengganti lampu flash dengan screen flash atau cahaya pada layar. Jadi pengguna tetap bisa tampil menarik saat di potret.

Untuk kualitas gambar dari hasil memotret dari kamera belakang sangat bagus dengan kondisi pencahayaan yang baik. Meskipun pengguna memotret di dalam maupun luar ruangan, hasil gambar yang dihasilkan sangat bagus, tajam, dan detail.

Namun, kehebatan tersebut akan berkurang pada saat mengambil foto di malam hari atau minim cahaya. Pengguna bisa mengatasi masalah tersebut dengan memanfaatkan lampu flash LED yang sudah disematkan oleh OPPO. Saat proses pengambilan foto, gambar yang dihasilkan juga cukup baik, meskipun pengguna melakukan zooming atau pembesaran hingga 2x, gambar tidak terlihat pecah.

Fitur unik lainnya dalam kamera OPPO, pengguna bisa mendapatkan foto dengan gaya bokeh. Meskipun hasil dari foto bokeh tersebut belum terlalu natural dan efek blur yang belum bisa diatur secara manual. Smartphone OPPO A7 juga sudah bisa menghasilkan video dengan resolusi 720P dan 1080P melalui kamera utama maupun kamera selfie.

Untuk audio, handphone ini memiliki suara yang terbilang jernih dan cukup bulat, meskipun pengguna mendengarkannya melalui speaker ataupun earphone. Dengan fitur tambahan Real Sound Technology, pengguna bisa menikmati sensasi suara yang bening pada mode earphone.

Harga OPPO A7

Smartphone kelas menengah ini dibanderol dengan harga Rp 3 juta-an. Bisa dikatakan, dengan spesifikasi OPPO A7 yang dimiliki, kualitas kamera yang ditawarkan, harga yang ditawarkan terbilang sangat menarik dan cukup terjangkau.

Kesimpulan

Untuk smartphone di rentang harga Rp 3 juta-an, OPPO A7 memiliki segala kebutuhan hiburan dan aplikasi kerja yang cukup lengkap. Namun, sebagai salah satu ponsel kelas menengah, OPPO A7 masih memiliki banyak kelebihan dan kekurangan yang bisa kita temukan.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload