Mudahnya Pengajuan Pinjaman Online UMKM Lewat Kontanku

26 Feb 2021 by Andro
Pinjaman Online UMKM

Sekarang, pinjaman online tidak hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan pribadi. Berbagai fintech kini hadir untuk menyediakan layanan pinjaman online untuk kebutuhan usaha. Kontanku adalah salah satu fintech yang menyediakan pinjaman online untuk kebutuhan usaha, terutama bagi para pelaku UMKM. Bagaimana Kontanku memberikan solusi sukses untuk UMKM Indonesia? Berikut ulasannya.

Keunggulan Kontanku

Kontanku adalah perusahaan fintech yang melayani pendanaan dengan sistem peer-to-peer lending. Jumlah pinjaman uang yang bisa diajukan melalui Kontanku dimulai dari Rp2.000.000,00 sesuai dengan kebutuhan usaha peminjam.

Kontanku memiliki visi untuk menjadi perusahaan P2P Lending yang menetapkan good governance dalam menjalankan usaha dan melayani mitra bisnis baik pendana maupun peminjam. Dengan misi membantu meningkatkan literasi dan iklusi keuangan masyarakat, Kontanku menyediakan platform yang efektif dan efisien bagi peminjam dan pendana agar dapat mencapai keuntungan dan return terbaik bagi kedua belah pihak.

Keunggulan dari Kontanku untuk pelaku UMKM adalah syarat administrasi yang simpel, proses yang cepat, serta layanan pelanggan 24 jam untuk konsultasi kebutuhan usaha dan juga pelayanan dalam aplikasi.

Syarat Pengajuan Pinjaman Uang di Kontanku

Kontanku memberikan layanan pinjaman uang untuk berbagai jenis industri seperti pertanian, perdagangan, kuliner, dan fesyen. Apabila Anda adalah pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan memenuhi syarat di bawah ini, Anda dapat mengajukan pinjaman uang melalui Kontanku.

  1. Perusahaan UMKM adalah Perseroan Terbatas (PT), Commanditaire Vennootschap (CV), atau perorangan.
  2. Usaha sudah dijalankan selama minimal 6 bulan.
  3. Pemilik usaha adalah Warga Negara Indonesia dengan rentang usia 21 – 60 tahun.
  4. Omset bisnis yang dijalankan tercatat dengan baik di rekening bank.

Bila syarat-syarat di atas sudah terpenuhi, Anda perlu menyiapkan dokumen-dokumen berikut untuk mengajukan pinjaman:

  1. Identitas dan dokumen pribadi peminjam, seperti KTP.
  2. Dokumen legalitas perusahaan.
  3. NPWP pribadi dan NPWP perusahaan.
  4. Laporan keuangan usaha selama 1 – 2 tahun terakhir yang telah diaudit.
  5. Mutasi rekening bank selama 3 bulan terakhir.
  6. Identitas penjamin.

Cara Pengajuan Pinjaman Uang di Kontanku

Pinjaman uang di Kontanku mulai dari Rp2.000.000,00 hingga Rp2.000.000.000,00 dengan durasi pinjaman antara 3 – 12 bulan. Berdasarkan hasil credit risk rating sheet yang dilakukan, maka suku bunganya akan ditentukan antara 3% – 5% per bulan.

Untuk mendapatkan pinjaman uang dari Kontanku, berikut adalah hal-hal yang harus dilakukan:

  1. Pengisian Data

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melengkapi informasi sesuai dengan formulir yang disediakan oleh Kontanku. Data ini termasuk informasi pribadi peminjam, informasi usaha, dan jumlah pinjaman serta durasi pinjaman.

  1. Verifikasi Data

Data yang sudah diberikan kemudian akan diverifikasi oleh tim Kontanku dengan proses yang mudah dan cepat.

  1. Tinjauan dan Persetujuan

Setelah data terverifikasi, selanjutnya tim Kontanku akan melakukan proses analisis dan persetujuan. Analisis ini berhubungan dengan credit risk rating untuk mengetahui kemampuan pinjaman dan pengembalian agar tidak terjadi masalah kedepannya. Jika hasil analisis sudah disetujui, maka proposal pinjaman uang akan ditawarkan pada pemberi pinjaman.

  1. Pencairan Dana 

Bila ada pemberi pinjaman yang ingin memberikan pinjaman uang pada usaha Anda, maka tim Kontanku akan memberikan informasi persetujuan pada Anda. Jika sudah disetujui, maka dana pinjaman akan langsung dicairkan pada rekening bank yang sudah didaftarkan.

kredit pintar

Selain Kontanku, ada pinjaman online lain yang juga bisa menyediakan modal untuk usaha. KreditPintar adalah aplikasi pinjaman online hingga Rp20.000.000,00 yang dapat digunakan tidak hanya untuk kebutuhan pribadi, namun juga untuk mendukung usaha Anda. KreditPintar menjamin proses pinjaman yang aman dan cepat dengan bunga rendah. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pinjaman uang di KreditPintar, download langsung aplikasinya di PlayStore!