Menjelang Hari Raya Idul Adha, Berikut Beberapa Hal Yang Harus Anda Ketahui Termasuk Bacaan Niat Puasa Idul Adha

06 Apr 2021 by Laruan
hari raya idul adha

Hari raya Idul Adha merupakan hari raya besar umat islam yang tidak kalah pentingnya dengan hari raya Idul Fitri dan sangat dimuliakan. Oleh karena itu, untuk menyambutnya kita harus mempersiapkan diri dengan baik demi mendapatkan keberkahan dan pahala.

Pada hari raya ini, umat islam dianjurkan untuk menjalankan sholat Idul Adha dan melakukan kurban. Jangan khawatir jika tabungan Anda belum cukup untuk melakukan kurban. Anda dapat menggunakan pinjaman online atau menggunakan kartu kredit syariah untuk mewujudkan impianmu melakukan kurban. Selain mempersiapkan keperluan untuk kurban, umat islam juga biasanya melakukan niat puasa Idul Adha yang dilakukan pada tanggal 1-9 Dzulhijah.

Bacaan Niat Puasa Idul Adha

Ada beberapa jenis puasa sunnah yang dapat Anda lakukan sebelum hari raya Idul Adha. Menjalankan puasa sunnah dapat menambah pahala dan kemuliaan karena bulan Dzulhijjah termasuk salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Di bawah ini adalah beberapa puasa sunnah menjelang Idul Adha serta bacaan niat puasa Idul Adha:

1. Puasa Sunnah Dzulhijjah

Puasa sunnah Dzulhijjah dilakukan pada tanggal 1-7 Dzulhijjah. Keutamaan melakukan puasa sunnah ini antara lain diampuni dosa-dosanya, dianggap seperti melakukan ibadah selama satu tahun, dan dikabulkannya doa-doa. Bacaan niat puasa Idul Adha ini adalah :

Nawaitu shauma syahri dzulhijjah sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: Saya niat berpuasa sunnah di bulan Dzulhijjah karena Allah ta’ala

2. Puasa Sunnah Tarwiyah

Puasa sunnah ini dilakukan pada tanggal 8 Dzulhijjah dan memiliki keutamaan dijauhkannya wajah dari api neraka hingga 70 tahun. Niat puasa Idul Adha ini adalah:

Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillahi ta’ala

Artinya : Saya niat berpuasa sunnah Tarwiyah karena Allah ta’ala.

3. Puasa Sunnah Arafah

Salah satu keutamaan puasa sunnah Arafah adalah dihapuskannya dosa satu tahun sebelumnya dan setahun yang akan datang. Jika Anda ingin melakukan niat puasa Idul Adha ini, maka berikut adalah bacaan niatnya:

Nawaitu shauma arafata sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: Saya niat berpuasa sunnah Arafah karena Allah ta’ala.

Ketika hari raya Idul Adha tiba pada tanggal 10 Dzulhijjah, umat muslim dianjurkan untuk melakukan kurban dan menjalankan shalat Idul Adha. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan sholat sunnah ini, termasuk bacaan niat sholat Idul Adha .

Tata Cara dan Niat Sholat Idul Adha

Sholat sunnah Idul Adha dilakukan setelah jama’ah haji melakukan wukuf di Padang Arafah. Sedikit berbeda dengan sholat wajib lima waktu, sholat Idul Adha tidak mengumandangkan adzan dan iqomah. Selain itu, sholat dilakukan di lapangan terbuka secara berjama’ah dan dimulai setelah matahari terbit. Sholat Idul Adha terdiri dari 7 kali takbir pada rakaat pertama dan 5 kali takbir pada rakaat kedua.

Di bawah ini adalah tata cara sholat Idul Adha yang benar:

  1. Membaca niat sholat Idul Adha,  Ushalii sunnatan iidil adha rok’atain (makmuman/Imaaman) lillahi ta’allaa.
  2. Takbiratul ihram.
  3. Membaca bacaan do’a iftitah.
  4. Takbir sebanyak tujuh kali.
  5. Membaca surat Al-fatihah dan surat pendek.
  6. Ruku dengan tuma’ninah.
  7. I’tidal dengan tuma’ninah.
  8. Sujud pertama
  9. Duduk di antara dua sujud dan lakukan sujud kedua.
  10. Bangkit dari sujud dan takbir sebanyak lima kali pada rakaat kedua, serta membaca surat Al-fatihah dan surat pendek.
  11. Ulangi kembali gerakan dari ruku hingga sujud kedua.
  12. Duduk tasyahud akhir dan salam.

Setelah selesai melaksanakan sholat Idul Adha, biasanya umat muslim saling mengucapkan selamat hari raya Idul Adha kepada tetangga sambil bersalaman, atau kerabat lainnya sebelum bersiap untuk melaksanakan kurban di dekat lingkungan tempat tinggal masing-masing. Umumnya persiapan kurban sudah dilakukan jauh-jauh hari seperti memilih hewan yang hendak dijadikan kurban baik kambing maupun sapi.

Membeli hewan kurban dapat Anda rencanakan sebelumnya dengan menggunakan uang pada  tabungan kurban atau melakukan pinjaman di aplikasi pinjaman online. Lakukan pinjaman online di aplikasi aman dan terpercaya seperti Kredit Pintar yang sudah terdaftar serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Unduh aplikasinya sekarang hanya melalui PlayStore.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload