Mengenal Aplikasi Jual Beli Saham yang Lagi Kekinian

01 Jul 2021 by Laruan
Mengenal Aplikasi Jual Beli Saham yang Lagi Kekinian

Mengenal Aplikasi Jual Beli Saham yang Lagi Kekinian. – Sejak segala aktivitas merujuk kepada work from home, banyak masyarakat yang mencoba untuk tetap produktif walau tidak bepergian ke mana-mana. Beberapa hal yang dilakukan adalah bercocok tanam, berjualan online di e-commerce, membuka bisnis makanan homemade, sampai jual beli saham. Salah satu dampak yang paling terasa adalah dengan hadirnya banyak masyarakat yang memutuskan untuk bermain di pasar saham.

Sebelum berbicara lebih lanjut mengenai jual beli saham, mari ketahui definisi saham dan mengapa itu diperjualbelikan. Menurut Bursa Efek Indonesia (BEI), saham adalah sebuah tanpa kepemilikan modal pada suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Lalu, apabila Sobat Pintar menanam saham, itu berarti Sobat Pintar mendapatkan beberapa klaim atas perusahaan, seperti pendapatan dan aset.

Memiliki saham mungkin terkesan mudah, namun Nofie Iman menegaskan bahwa saham merupakan sebuah surat berharga yang mengarahkan Sobat Pintar kepada peluang keuntungan yang tinggi serta risiko yang tinggi pula. Akan selalu ada kemungkinan untuk Sobat Pintar merasa untung dan juga rugi. 

Secara garis besar, saham merupakan bentuk bukti kepemilikan yang dapat Sobat Pintar miliki atas perusahaan/persero yang Sobat Pintar tuju. Dengan memiliki saham, maka Sobat Pintar sudah menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Kondisi ini tentunya bukanlah sebuah hal yang dianggap sepele. Hal ini yang sering membuat saham dapat juga disebut sebagai surat berharga karena perannya yang memang berharga.

2 Jenis Kepemilikan Saham

Kepemilikan saham memiliki dua jenis berdasarkan kemampuannya. Pertama, saham biasa. Pemilik saham biasa dapat mengklaim keuntungan dan kerugian dari perusahaan. Pada saat terjadinya likuidasi, penyelesaian seluruh aset dan kewajiban suatu perusahaan karena pembubaran, pemegang saham biasa berada di prioritas terakhir dalam hal pembagian dividen (pembagian laba sesuai banyaknya saham yang dimiliki) dan aset.

Kedua, saham preferen. Jenis saham ini ditandai oleh pembagian laba yang tetap. Pada saat terjadinya likuidasi, pemegang saham preferen akan diberikan prioritas utama dalam hal pembagian dividen maupun aset. Namun, pemegang saham ini harus melakukan beberapa hal lain yang sifatnya lebih mendetail, salah satunya adalah harus melaporkan tagihan pendapatan dan aktiva (segala kekayaan yang dimiliki perusahaan) yang dimilikinya.

Seiring dengan perkembangan zaman, saham tidak hanya berbentuk surat seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Terutama dalam situasi pandemi Covid-19 ini, saham yang marak diperjualbelikan adalah saham berbentuk digital. Adanya inovasi saham berbentuk digital ini memudahkan Sobat Pintar untuk bertransaksi dan meminimalisir terjadinya risiko serta penipuan. 

Hadirnya saham berbentuk digital mengasah kemampuan masyarakat untuk menciptakan inovasi-inovasi lainnya yang mendukung berjalannya transaksi ini. Salah satu inovasi tersebut adalah hadirnya banyak aplikasi jual beli saham yang sedang marak digunakan di Indonesia.

Untuk mulai terjun ke dunia jual beli saham, sebaiknya Sobat Pintar mempelajari beberapa aplikasi khusus untuk jual beli saham yang mudah dimengerti. Beberapa di antaranya adalah Stockbit, IPOT, dan MOST.

Stockbit

Stockbit merupakan aplikasi jual beli saham yang berdiri tahun 2013. Tidak hanya hadir sebagai aplikasi jual beli, Aplikasi ini juga dapat berfungsi sebagai media sosial bagi para investor. Fiturnya yang dapat update status, chatting, membuat polling, membuat kebutuhan Sobat Pintar terasa lengkap hanya dengan satu aplikasi saja. Aplikasi ini dapat diakses di www.stockbit.com.

Aplikasi ini bekerja sama dengan Sinarmas Sekuritas yang menyediakan transaksi saham real time. Apabila Sobat Pintar hanya ingin membuka akun Aplikasi ini, Sobat Pintar bisa melakukannya tanpa harus membuka rekening saham di Sinarmas. Membuat akun di Aplikasi ini dapat dilakukan dengan cara log in melalui Facebook maupun membuat akun dengan cara memasukkan email dan nomor telepon untuk verifikasi.

Perjalanan Sobat Pintar menggunakan Aplikasi ini akan lebih mudah apabila mendaftarkan akun Sobat Pintar ke fitur premium. Ada dua cara yang dapat Sobat Pintar lakukan untuk mendapatkan akun premium. Pertama, Sobat Pintar dapat melakukan pembayaran secara berkala setiap bulannya ke Aplikasi ini. Kedua, Sobat Pintar dapat membuka akun Sinarmas Sekuritas dan melakukan deposit sebanyak 5 juta rupiah. 

Deposit yang menjadi syarat ini seutuhnya akan menjadi milik Sobat Pintar dan dapat ditarik kapan pun. Dibanding dengan cara yang pertama, disarankan untuk menerapkan cara yang kedua walaupun terkesan berat di awal transaksi. Dengan melakukan deposit dan mengubah akun Sobat Pintar menjadi premium, Sobat Pintar dapat mengakses banyak fitur premium yang membantu dan mengajari Sobat Pintar dalam jual beli saham.

IPOT

IPOT adalah aplikasi jual beli saham yang diluncurkan oleh PT Indo Premier Sekuritas. Aplikasi ini sendiri merupakan singkatan dari IndoPremier Online Technology. Diciptakan pada tahun 2007, Aplikasi ini berfungsi sebagai aplikasi yang bertujuan untuk mengintegrasi persoalan keuangan yang bersifat menyeluruh. Aplikasi ini dapat diakses di www.indopremier.com.

Aplikasi ini disebut sebagai super app investasi dikarenakan berhasil menggabungkan seluruh platform transaksi PT Indo Premier Sekuritas menjadi satu aplikasi mobile yang lengkap. Belum lagi, Sobat Pintar dapat mengakses aplikasi ini secara gratis. Selain untuk jual beli saham, aplikasi ini juga merupakan aplikasi yang dapat Sobat Pintar gunakan untuk transaksi reksa dana.

Yang membedakan aplikasi ini dengan aplikasi lain adalah adanya fitur Robo Trading yang lengkap, indikator-indikator charting, tools yang lengkap, serta kalender dengan notifikasi yang disediakan untuk menjadi pengingat jadi atau tidaknya Sobat Pintar melakukan investasi. Fitur transaksinya yang berupa transaksi multi order dengan simple sell/buy dan fast sell/buy dapat Sobat Pintar akses kapan pun dan di mana pun. 

MOST

Kepanjangan dari aplikasi ini adalah Mandiri Sekuritas Online Trading yang dikeluarkan pada tahun 2011. Selain jual beli saham, aplikasi ini juga menyediakan berbagai jenis pasar modal untuk bertransaksi, di antaranya adalah investasi obligasi, reksa dana, emisi obligasi, IPO saham, serta saham syariah. MOST dapat diakses di https://www.most.co.id/.

Aplikasi milik PT Mandiri Sekuritas ini menyediakan beberapa keunggulan bagi Sobat Pintar apabila mendaftar sebagai nasabah. Salah satu keuntungannya adalah mendapatkan free training dan full support dari tim Mandiri Sekuritas yang dapat membantu Sobat Pintar untuk mengambil langkah saat berinvestasi. Sobat Pintar juga mendapatkan bebas biaya untuk mendapatkan layanan data feed dan informasi mengenai pasar modal.

Untuk memulai transaksi, aplikasi ini menerapkan biaya minimal 5 juta rupiah untuk nasabah mahasiswa (daftar menggunakan KTM) dan 10 juta rupiah untuk nasabah umum. Namun apabila Sobat Pintar adalah nasabah umum, tidak masalah untuk mendepositokan dana kurang dari 10 juta.

Karakteristik transaksi yang dapat dilakukan oleh aplikasi ini adalah menerapkan jual beli saham syariah. Transaksi jual beli syariah juga memiliki beberapa opsi untuk dipilih, sehingga membebaskan Sobat Pintar untuk menentukan transaksi yang sesuai dengan syariah Islam dan tidak mengalami keraguan maupun kekhawatiran.

Dengan mengetahui ketiga jenis aplikasi jual beli saham ini, bisa menjadi rekomendasi Sobat Pintar untuk mulai menjejakkan kaki ke dunia pasar jual beli saham. Terdapat keunggulan dan kekurangan masing-masing dari setiap aplikasi, namun aplikasi yang telah diterangkan di atas merupakan aplikasi jual saham terpercaya dan kekinian bagi masyarakat Indonesia.

Sebagai investor pemula, ada baiknya untuk mencari informasi lebih lanjut dari investor yang sudah berpengalaman untuk mengasah kemampuan jual beli saham Sobat Pintar. Pilihlah aplikasi jual beli saham secara bijak dan selamat mencoba. Salam profit!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload