Mengenal Apa itu smart TV dan Perbedaannya dengan Android TV

Mengenal Apa itu smart TV dan Perbedaannya dengan Android TV

07 Apr 2021 by dan.shen
smart tv dan android tv

Apa itu smart TV? Apakah smart tv sama seperti tv pada umumnya? Apa saja keunggulan smart tv? Bagaimana cara membeli smart tv?. Tenang semua pertanyaan-pertanyaanmu ini akan terjawab disini. Pertama, apa itu smart TV?. Smart tv (TV pintar) merupakan teknologi terkini dari konsep TV masa depan. Seperti halnya smartphone, smart tv memiliki teknologi yang lebih canggih dibanding tv analog biasa. Untuk menjalankan fungsinya smart tv harus terhubung dengan jaringan internet.

Berkat kecanggihan teknologi inilah smart tv dapat berfungsi lebih dari tv, seperti mengakses browser, menonton youtube, menonton Netflix, mengunduh aplikasi, dan lainnya. Walaupun berbentuk seperti tv pada umumnya, namun sistem operasi di dalamnya lebih canggih. Fitur yang tak kalah menarik dari smart tv adalah layanan demand, atau memutar kembali acara yang sudah tayang. Prinsip kerjanya smart tv akan merekam secara otomatis setiap program acara di semua stasiun televisi, lalu menyimpannya pada jangka waktu tertentu. Jadi kamu bisa memutar ulang sinema favoritmu selama masih tersimpan.

Jadi jawaban dari pertanyaan apa itu smart TV dapat disimpulkan sebagai tv yang dapat melakukan apa yang tidak dapat dilakukan tv pada umumnya, karena sistem operasi smart tv dijalankan oleh prosesor khusus. Rasanya seperti menjalankan komputer dalam bentuk tv.

Smart TV vs Android TV

Walaupun Smart tv dapat menjalankan berbagai aplikasi bawaan, namun tidak semua aplikasi bisa dioperasikan. Kenyataannya sistem operasi smart tv tidak bisa diupgrade, ketika perusahaan mereka meluncurkan aplikasi terbaru smart tv yang kamu miliki tidak dapat mengoperasikan aplikasi tersebut. Selain itu fitur browser pada smart tv sulit digunakan, dan tentunya terbatas. Lebih mudah jika kamu mengakses browser melalui smartphone. Namun user interference yang sederhana cukup untuk menutupi kekurangan ini.

Bagaikan sepasang saudara kembar, fitur-fitur dan keunggulan android tv mirip seperti smart tv. Untuk orang awam yang belum pernah mendengar tentang android tv dan smart tv, mereka pasti mengira keduanya sama saja. Android tv diluncurkan oleh Google dengan fitur-fitur yang mirip seperti smart tv. Bedanya android tv dapat dihubungkan dengan google play store. Layanan ini memungkinkan banyak aplikasi yang dapat diunduh dan diupgrade.

Menariknya lagi android tv juga menggunakan sistem operasi android seperti pada smartphone, misalnya marshmallow, nougat, dan lainnya. Ibaratnya seperti kamu memiliki smartphone di dalam sebuah tv. Selain google play store, android tv juga didukung oleh google voice input dan control. Fitur ini memungkinkan android tv dan penggunanya berinteraksi lewat perintah suara. Tak hanya itu, android tv pun dapat terhubung dengan game pad, keyboard, mouse, Bluetooth speaker, dan lainnya.

Sayangnya user interference yang ditawarkan android tv lebih rumit dibandingkan smart tv, sehingga rata-rata penggunanya butuh sedikit waktu untuk memahami cara pengoperasiannya. Ditambah produksi android tv masih sangat terbatas sehingga belum banyak dikenal khalayak umum.

Kesimpulan Smart TV vs Android TV

Apabila kamu lebih menyukai tampilan yang sederhana, maka smart tv merupakan pilihan yang tepat untukmu. Namun bila kamu lebih mengutamakan performa aplikasi maka android tv merupakan pilihan yang tepat untukmu.

Untuk kamu yang tertarik membeli smart tv namun tidak memiliki cukup uang, dapat mengajukan pinjaman dana. Saat ini banyak aplikasi pinjaman online yang menyediakan pinjaman dana secara instan, salah satunya adalah Kredit Pintar.

Kredit Pintar merupakan aplikasi pinjam online untuk kamu yang membutuhkan pinjaman dana cepat cair 24 jam. Prosesnya cepat hanya 10 menit dan kamu dapat memiliki smart tv idamanmu.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk