3 Cara Menaikkan Resolusi Foto Tanpa Aplikasi

22 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 22 Dec 2021

Cara menaikkan resolusi foto adalah salah satu tutorial yang paling sering dicari. Setiap orang ingin mendapatkan foto yang berkualitas, jernih, tajam, dan enak dipandang. Sayangnya, beberapa foto yang resolusinya tidak terlalu besar seringkali tampak buram dan kurang jelas.

Sebenarnya memperbesar resolusi foto tidak sulit untuk dilakukan. Ada banyak alat dan aplikasi yang dirancang untuk mempermudah prosesnya. Bahkan ada juga situs web yang tidak perlu diunduh untuk bisa digunakan dalam memperbesar resolusi foto.

Menaikkan Resolusi Foto Tanpa Aplikasi

Beberapa orang merasa malas untuk meningkatkan resolusi foto sendiri karena mengira bahwa proses ini bisa sangat rumit dan membutuhkan aplikasi yang memerlukan ruang penyimpanan yang besar. Padahal ada cara mudah untuk meningkatkan resolusi foto tanpa memakai aplikasi tambahan.

Cukup menggunakan aplikasi browser bawaan yang ada di perangkat untuk bisa mengubah resolusi foto agar dengan mudah dan cepat. Pilih salah satu situs web di bawah ini dan Sobat Pintar akan bisa mengubah resolusi foto sendiri dengan praktis.

Baca juga: Cara Praktis Untuk Kompres Foto dengan Ukuran Besar

1. Image Optimizer

Cara pertama untuk menaikkan resolusi foto adalah dengan menggunakan situs web Image Optimizer. Sesuai dengan namanya, situs web yang satu ini dirancang untuk membuat foto apapun terlihat lebih optimal. Situs ini memungkinkan penggunanya untuk mengubah ukuran foto.

Image Optimizer bisa diakses oleh siapapun secara gratis, selama pengguna tersebut terhubung ke jaringan internet. Untuk menggunakan Image Optimizer, ikuti beberapa langkah berikut ini.

  1. Jalankan aplikasi web browser yang sudah terpasang di perangkat yang akan Sobat Pintar pakai untuk menaikkan resolusi foto. Kemudian ketikkan alamat situs webnya, yaitu imageoptimizer.net.
  2. Selanjutnya tap atau klik di pilihan Choose File dan mulai pilih gambar yang akan diubah resolusinya. Gambar tersebut akan masuk ke situs web Image Optimizer.
  3. Kemudian tentukan kualitas foto dan ukuran piksel sesuai dengan keinginan. Sobat Pintar bisa memasukkan ukuran lebar dan tinggi di bagian bawah kolom quality.
  4. Setelah itu tap atau klik pada tombol Optimize Now lalu tunggu situs web ini memproses data sesuai dengan keinginan.
  5. Setelah prosesnya selesai, Sobat Pintar bisa mengunduh foto yang ukuran dan kualitasnya sudah berubah dan menggunakannya sesuai dengan kebutuhan Sobat Pintar.

Image Optimizer tidak hanya mengubah ukuran foto saja tapi juga mengubah kualitasnya sehingga meskipun ukurannya berubah, kualitas foto tetap akan terlihat bagus, jernih, dan tajam dan hasil foto pun tidak akan mengecewakan.

Baca juga: Simak Cara Mudah Edit Foto, Pakai Lightroom

2. FotoJet

FotoJet adalah situs web semacam Image Optimizer yang bisa Sobat Pintar manfaatkan untuk menaikkan resolusi foto. Selain mengubah resolusi foto, situs web ini juga bisa digunakan untuk membuat desain maupun collage. Cara menggunakan FotoJet juga tidak terlalu rumit. Ikuti cara-cara ini:

  1. Buka aplikasi web browser baik yang ada di perangkat komputer maupun di perangkat seluler. Kemudian masukkan alamat FotoJet yaitu fotojet.com.
  2. Setelah halaman FotoJet terbuka, klik atau tap pada pilihan Edit a Photo yang ada di bagian paling kanan. Sobat Pintar akan menemukan banyak sekali alat dan fitur yang bisa digunakan untuk mengedit foto dan mengubah resolusinya.
  3. Tap pada pilihan Open kemudian cari foto atau gambar yang ingin Sobat Pintar ubah resolusinya. Tunggu sampai proses upload selesai dan gambar sudah muncul di halaman FotoJet.
  4. Kemudian tap pada menu Resize. Tombol ini bisa Sobat Pintar temukan di tab Edit, di bagian bawah menu Basic.
  5. Masukkan ukuran lebar dan tinggi foto sesuai dengan kebutuhan Sobat Pintar. Ikon gembok bisa Sobat Pintar aktifkan kalau Sobat Pintar tidak ingin mengubah format foto. Atau Sobat Pintar juga bisa menaikkan resolusi foto dengan mengubah persentasenya.
  6. Setelah itu tap pada tombol Apply dan FotoJet akan segera memproses perubahan ukuran foto sesuai dengan data yang Sobat Pintar masukkan tadi.

FotoJet menyediakan berbagai pilihan setelah melakukan pengeditan foto. Ada tombol Download untuk mengunduh fotonya ke penyimpanan pengguna. Ada juga tombol Print untuk langsung mencetak foto yang sudah selesai di edit.

Setelah menaikkan resolusi foto menggunakan FotoJet, pengguna juga bisa langsung membagikan foto tersebut ke Twitter, Pinterest, atau Tumblr dengan klik tombol Share.

Baca juga: Pengguna Android, Inilah Rekomendasi Aplikasi Edit Gambar yang User Friendly

3. Lets Enhance

Aplikasi berbasis web ini dirancang untuk mempermudah proses pengeditan foto. Aplikasi ini menawarkan fitur yang bisa dipakai untuk memperbesar atau memperkecil resolusi foto. Sayangnya, pengguna perlu mendaftar untuk bisa menggunakannya.

Bagi Sobat Pintar yang tertarik untuk menggunakan situs web ini, ada beberapa langkah yang harus diikuti terlebih dahulu.

  1. Jalankan aplikasi web browser apapun, lalu masukkan alamat letsenhance.io dan tunggu sampai halaman utamanya terbuka.
  2. Untuk bisa menggunakan fitur-fiturnya, Sobat Pintar perlu melakukan registrasi terlebih dahulu. Sobat Pintar bisa menaikkan resolusi foto secara gratis segera setelah menyelesaikan proses pendaftaran.
  3. Klik pada tombol Upload di bagian sebelah kanan layar setelah berhasil masuk menggunakan akun yang baru.
  4. Pilih salah satu gambar yang tersimpan di perangkat lalu upload ke situs web ini untuk diubah resolusi dan ukurannya.
  5. Klik tombol Advance Settings. Di bagian ini, Sobat Pintar bisa memilih salah satu ukuran foto sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Sobat Pintar.
  6. Setelah itu klik tombol Start Processing. Segera setelah proses perubahan ukuran foto selesai, klik pada tombol Download dan simpan gambar yang resolusinya sudah lebih besar ke penyimpanan perangkat.

Cara menaikkan resolusi foto yang satu ini memang terasa lebih rumit dibandingkan dengan du acara sebelumnya. Beberapa orang tidak terlalu menyukai cara yang ketiga ini karena melibatkan proses pendaftaran. Gunakan dua cara sebelumnya jika Sobat Pintar tidak tertarik untuk mendaftar.

Menaikkan Resolusi Foto dengan Aplikasi Android

Pengguna Android yang sering mengubah resolusi foto bisa mempertimbangkan penggunaan aplikasi khusus. Aplikasi pengubah resolusi foto bisa digunakan berulang kali dengan lebih praktis. Tidak perlu mengingat-ingat alamat situs web setiap kali akan mengubah resolusi foto.

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan bernama Photo Compress 2.0. Sobat Pintar perlu mengunduh dan memasang aplikasinya di perangkat Android terlebih dahulu. Setelah berhasil terpasang, jalankan aplikasinya lalu tap pada pilihan pick an image from gallery.

Kemudian pilih beberapa foto yang akan Sobat Pintar perbesar resolusinya. Sobat Pintar juga bisa mengubah resolusi foto satu per satu. Gunakan menu Resize Image untuk mengubah resolusi foto.

Gunakan Aplikasi Berbayar untuk Membuat Foto Berkualitas

Tidak sedikit pengguna perangkat elektronik yang ingin menggunakan aplikasi berbayar untuk menaikkan resolusi foto. Aplikasi berbayar memang lebih berkualitas karena dirancang untuk keperluan pengeditan ala profesional. Untuk hasil yang optimal, Sobat Pintar bisa menggunakan salah satu aplikasi tersebut.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
22 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download