Catat! Cara Mengedit Foto di Lightroom Mudah

19 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 21 Nov 2021

Untuk menunjang keindahan foto yang diambil, beberapa orang biasanya menggunakan aplikasi edit foto yang saat ini sudah banyak tersedia di smartphone yang bisa digunakan ketika hasil foto dirasa kurang bagus atau kurang memuaskan. Ada banyak aplikasi edit foto yang bisa Anda dapatkan dari store di smartphone Anda seperti Lightroom, selain itu cara edit foto di Lightroom juga mudah dilakukan. Berikut ini adalah cara mengedit foto di Lightroom yang bisa Anda ikuti langkahnya agar Anda bisa memiliki foto yang menarik untuk diunggah ke media sosial Anda.

Catat! Cara Mengedit Foto di Lightroom Mudah

Apa Itu Cara Mengedit Foto di Lightroom

Aplikasi Adobe Lightroom biasa juga dikenal dengan nama Lightroom ini merupakan software yang dapat Anda gunakan untuk manipulasi image dan image organizer contohnya seperti melakukan import dan export foto, melihat, mengatur, menyimpan, menandai, bahkan mengedit foto, dan masih banyak fungsi lainnya. Namun, dalam penggunaannya aplikasi ini lebih sering digunakan untuk mengedit warna dan juga pencahayaan pada foto.

Lightroom memang dirancang untuk digunakan dalam dunia fotografi terutama untuk para fotografer yang memanfaatkannya untuk mengubah sedikit foto yang diambil dan juga untuk memainkan gradasi warna pada foto agar hasil foto lebih indah dan terlihat lebih artistik. Bagi orang awam, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengedit warna pada foto agar sesuai dengan feeds Instagram sehingga terlihat aesthetic.

Kelebihan Cara Mengedit Foto di Lightroom

Catat! Cara Mengedit Foto di Lightroom Mudah

Sebelum mulai mengetahui cara edit foto di lightroom, Anda mungkin perlu tahu dahulu beberapa kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi Lightroom ini, yaitu:

1. Mendukung file dengan format RAW

Jenis file dengan format ini memang lebih disukai oleh fotografer dan Lightroom bisa mendukung file foto dengan format RAW serta dapat mengimpornya dan melakukan editing foto lewat smartphone.

2. Memiliki Tools yang lengkap

Lightroom menyediakan berbagai macam tool untuk Anda mengedit foto seperti penambahan tekstur pada foto, pengaturan kontras foto, saturation, vibrance, dan highlight.

3. Tersedia Cloud Storage

Untuk memudahkan para penggunanya dalam mengedit foto di manapun dan kapanpun Lightroom memberikan fitur penyimpanan awan atau cloud storage dan dapat mengaksesnya dari perangkat yang berbeda. Selain itu, fitur ini juga memudahkan Anda untuk melakukan import dan export preset dengan mudah. Kapasitas dari cloud storage yang disediakan adalah sebanyak 100 GB.

4. Fitur pendukung yang lebih banyak

Walaupun tidak berbeda jauh dengan Photoshop, namun Lightroom memiliki fitur pendukung yang lebih lengkap seperti adanya beragam tool editing untuk pewarnaan foto, efek noise, dapat mengatur resolusi dan ukuran foto, adanya fitur watermark, dan lain-lain.

5. User Interface ramah pengguna

Lightroom memiliki user interface (UI) yang lebih unggul karena ramah pengguna seperti kemudahan untuk penambahan foto yang akan dilakukan pengeditan serta tombol dan ikon yang tersusun rapi sehingga mudah ditemukan dan digunakan.

6. Adanya fitur histori

Setelah Anda selesai melakukan cara edit lightroom, hasil editan tersebut akan tersimpan dalam histori dan Lightroom tidak akan menghilangkannya walaupun software ditutup atau komputer dimatikan.

7. Adanya fitur web sharing

Dengan menggunakan Lightroom, Anda dapat membagikan foto-foto ke orang banyak dengan melalui menu share option yang merupakan fitur premium di mana Anda harus membayar terlebih dahulu untuk bisa menggunakan fitur sharing tersebut.

Selain ketujuh kelebihan dari aplikasi Lightroom di atas, masih banyak lagi kelebihan lain yang akan Anda dapatkan jika menggunakan aplikasi atau software edit foto yang satu ini.

Cara Mengedit Foto di Lightroom

Catat! Cara Mengedit Foto di Lightroom Mudah

Dari segi fungsi, Lightroom memang lebih mudah untuk dioperasikan dibandingkan dengan Photoshop, dikarenakan Lightroom memang difokuskan untuk mengatur pencahayaan pada foto saja. Berikut ini adalah cara edit Lightroom yang bisa dilakukan di smartphone Anda atau di komputer karena keduanya hampir sama.

1. Buka Aplikasi Lightroom

Untuk memulai cara mengedit foto di lightroom ala selebgram, pastikan Anda sudah menginstall terlebih dahulu aplikasi atau software Lightroom di perangkat yang akan Anda gunakan untuk mengedit foto. Saat Anda membuka aplikasi ini, akan muncul perkenalan mengenai Lightroom, kamu bisa mengikutinya agar lebih mengenal aplikasi ini atau bisa langsung melewatinya dengan klik tulisan ‘Skip’.

2. Sign In Akun Adobe

Lightroom merupakan perangkat lunak keluaran Adobe, oleh karena itu ketika akan menggunakannya Anda akan diminta untuk sign in ke akun Adobe Anda terlebih dahulu. Jika Anda sudah memiliki akunnya, bisa langsung memasukkan email dan passwordnya, tapi ada alternatif sign in dengan menggunakan akun Facebook atau akun Google milik Anda,

3. Klik Tanda ‘New Item’ dan Buat Album Foto

Untuk memulai cara edit foto di Lightroom, Anda klik bagian ‘New Item’ untuk menambahkan item baru, kemudian pilih ‘Album’. Setelah itu, isi kolom nama Album dengan nama yang Anda inginkan lalu klik ‘OK’ dan secara otomatis album dengan nama yang sudah Anda ketik akan ditambahkan.

4. Tambahkan Foto dari Device Anda

Setelah klik Album yang sudah dibuat, tambahkan foto dari device yang Anda gunakan untuk melakukan pengeditan dengan tap ikon foto dengan tanda ‘+’ dan pilih pilihan ‘Device’ untuk menambahkan gambar dari device yang digunakan. Selain itu, Anda juga bisa mengambil foto secara langsung dari Lightroom dengan cara klik ikon kamera.

Pilih foto yang akan diedit dan ketuk sampai muncul tanda checklist dan border biru, jika sudah muncul dua tanda tersebut Anda bisa pilih tombol ‘Add’ untuk menambahkan foto tersebut.

5. Proses Editing

Setelah proses import foto selesai, Anda bisa langsung mengeditnya dengan memilih foto di album yang sudah dibuat sebelumnya dan secara otomatis foto tersebut akan dibawa ke halaman pengeditan, Anda dapat segera memulai proses editing foto dengan menggunakan berbagai macam tool yang ada di bagian bawah layar. Untuk menggunakan preset Lightroom, klik ‘Profiles’ dan Anda akan menemukan banyak preset Lightroom gratis yang bisa Anda gunakan, jika menginginkan sedikit variasi Anda juga bisa mengotak-atiknya.

6. Menyimpan Foto ke Device

Jika Anda sudah menyelesaikan cara edit foto di Lightroom ala selebgram, untuk menyimpannya ke galeri smartphone dengan klik ikon titik tiga horizontal yang ada pada bagian kanan atas layar dan pilihlah menu ‘Save to Device’. Ketika akan menyimpan, Anda dapat memilih resolusi foto yang diinginkan dan klik ‘Ok’. Setelah muncul pop up dengan tulisan ‘… photo exported successfully’ maka proses editing foto Anda sudah selesai dan bisa dilihat di galeri Anda untuk dibagikan ke media sosial.

Itulah penjelasan lengkap mengenai apa itu aplikasi atau software Adobe Lightroom serta bagaimana cara mengedit foto di Lightroom ala selebgram untuk hasil foto yang lebih indah.Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload