Memasuki Bulan Ramadan, Tren Belanja Online Apa Yang Sedang Ngehits?

30 Apr 2021 by kreditpintar
tren belanja online

Sudah bukan sesuatu yang aneh lagi sebenarnya, saat memasuki dan selama bulan Ramadan ini tren belanja masyarakat Indonesia meningkat dengan pesat. Begitu pula dengan tren belanja online nya. Ada banyak faktor, salah satunya adalah saat bulan Ramadan bonus biasanya langsung cair dari perusahaan. 

Tren belanja online ini sudah muncul di Indonesia semenjak diperkenalkannya marketplace dan sampai saat ini, metode belanja yang satu ini (secara online) tidak kalah ramai dengan datang langsung ke toko. 

Bacaan ini mungkin cocok untuk Sobat Pintar yang juga memiliki usaha. Sehingga setidaknya tahu dan dapat menggunakan kesempatan meningkatnya tren belanja online ini dengan baik. 

Di bawah ini akan kita breakdown atau jabarkan perilaku belanja secara daring apa saja yang selama bulan Ramadan ini paling ngehits. Simak selengkapnya di bawah ini:

1. Belanja Bahan Makanan

tren belanja online 1

Belanja bahan makanan merupakan suatu hal yang baru di pasar online. Namun tidak disangka ternyata sekarang ini sudah menjadi tren belanja online yang baru. Dengan hadirnya beberapa platform seperti Happyfresh atau SayurBox, tren belanja bahan makanan secara online pun meningkat. 

2. Frozen Food

tren belanja online 2

Semenjak kehadiran pandemic, frozen food merupakan alternatif yang paling banyak diambil oleh pelaku usaha makanan di Indonesia (dan bahkan mungkin hampir seluruh dunia). 

Walaupun Frozen Food itu awalnya tidak terlalu banyak dilirik, namun dengan adanya media online dan ternyata kemudahan yang didapatkan dari makanan frozen food ini. Berjualan makanan beku saat bulan puasa adalah pilihan yang tepat.

Orang-orang biasanya membeli makanan frozen food untuk mempersiapkan sahur mereka atau menu buka puasa mereka. Tentunya makanan frozen food yang Sobat Pintar tawarkan nanti harus stand out bila dibandingkan dengan yang lainnya.

3. Hampers atau Gift Box

tren belanja online 3

Sebenarnya sebelum datangnya bulan puasa, hampers atau gift box ini pun sudah banyak diminati oleh Masyarakat. Namun dengan datangnya bulan puasa, pembelian produk hampers atau gift box ini pun menjadi meningkat. 

Peningkatan itu dapat Sobat Pintar manfaatkan untuk juga berjualan secara online dan ikut meramaikan aktivitas belanja daring yang saat ini sedang meningkat karena hadirnya bulan puasa. 

Isi dari Hampers tersebut dapat bermacam-macam tergantung dari produk apa yang Sobat Pintar jual. Bila Sobat Pintar menjual makanan, maka Sobat Pintar dapat mengkreasikan hampers tersebut dengan makanan yang Sobat Pintar jual.

Ingat! Alasan utama kenapa orang membeli produk hampers ini adalah packaging nya yang bagus dan cocok untuk dijadikan hadiah. Saat menjelang tutup bulan puasa nanti, sudah bukan hal yang aneh lagi apabila setiap orang saling memberikan hadiah. 

Walaupun biasanya kalau yang dulu-dulu itu, uang tunai. Sekarang tidak menutup kemungkinan juga bahwa mereka bertukar hadiah dengan hampers.

4. Baju Set Keluarga 

baju set

Sekarang generasi keluarga di Indonesia perlahan demi perlahan sedang memasuki babak baru. Banyak keluarga muda di Indonesia dan itu menjadikan pasar bagi Sobat Pintar yang termasuk ke dalam pelaku usaha fashion.

Coba deh untuk membuat pakaian set untuk keluarga. Pakaian ini dipakai saat Idul Fitri tiba dengan memakainya satu keluarga penuh. Membuat keluarga tersebut terlihat lebih kompak dan harmonis.

5. Ada Satu Lagi Tren Belanja Online di bulan Puasa ini, Yakni Berjualan Uang Tunai

berjualan uang

Sebenarnya yang satu ini tidak dianjurkan karena dapat melanggar peraturan. Sudah tidak aneh lagi kalau menjelang Idul Fitri banyak orang yang bonusnya langsung cair dan mereka pun langsung juga mendatangi Bank untuk mengambil bonus tersebut. 

Namun tidak sedikit dari mereka yang ternyata menjual Kembali uang tersebut… Lho, menjual uang, memangnya bisa?

Di bulan puasa ini, banyak orang yang ingin mendapatkan uang baru. Oleh karena itu, banyak di antara mereka pun yang akhirnya menjual uang-uang baru tersebut dengan menaikan nominalnya. Misalkan, ada penjual uang Rp75.000 yang baru, lalu dijual Rp85.000. Maka mereka untung Rp10.000.

Menarik bukan?

Tetapi sebagai saran, sebaiknya hal tersebut langsung dihindari saja. Apalagi dengan adanya Kredit Pintar, kalau Sobat Pintar ingin mendapatkan uang baru, ajukan saja pinjaman ke Kredit Pintar dan dana tersebut pun langsung masuk ke rekening Sobat Pintar dan tinggal datang ke Bank untuk mengambil tunainya tersebut.

kredit pintar