Mengenal Tentang Materai 10000

08 Oct 2021 by Laruan

Pada beberapa waktu lalu kementerian keuangan tepatnya direktorat jenderal pajak telah mengeluarkan sebuah materai baru yaitu materai 10000

Mengenal Tentang Materai 10000

Hal tersebut seperti yang yang telah dilansir oleh beberapa Apa situs berita bahwa materai tersebut ini saat ini sudah tersedia dan dapat digunakan oleh banyak masyarakat.

Untuk mendapatkan materai ini kita hanya perlu datang ke kantor PT pos Indonesia di seluruh wilayah dan disana kita bisa mendapatkan materi tersebut.

Rencananya untuk materai keluaran terbaru ini akan menjadi salah satu pengganti dari matra yang memiliki desain lama yaitu materi desain keluaran 2014 kemarin.

Akan tetapi meskipun materai ini menjadi salah satu materai terbaru dan juga pengganti materai dengan desain lama pemerintah masih mengatakan bahwa untuk materai jenis lama juga masih akan tetap berlaku dan bisa digunakan selama masa peralihan.

Untuk masa peralihan nya sendiri pemerintah mengatakan akan berakhir sampai dengan tanggal 31 Desember 2021 mendatang.

Jadi bagi Sobat Pintar yang mungkin saja masih memiliki baterai dengan desain lama Sobat Pintar bisa menjualnya atau pun bisa menggunakannya sendiri mulai dari sekarang karena seperti yang telah kita ketahui sebentar lagi materai di selama akan tidak diberlakukan.

Pemerintah juga mengatakan bahwa masyarakat masih bisa untuk menggunakan materai lama dengan nilai paling sedikit yaitu 9 ribu.

Jadi misalnya Sobat Pintar bisa menggunakan ataupun menggabungkan kedua materai yaitu materai 3000 dan juga 6000 pada satu dokumen yang akan Sobat Pintar berikan materai.

Adapun bagi Sobat Pintar yang belum mengetahui ciri-ciri materai tersebut tersebut asli atau pun tidak Sobat Pintar bisa menyimak beberapa ciri-cirinya berikut ini.

Baca juga: 3 Cara Dapat Uang 500rb Sehari: Direkomendasikan Oleh Kredit Pintar

Ciri Materai 10000 Asli

Untuk meningkatkan tingkat kewaspadaan kita terhadap banyak beredarnya materai palsu kita tentunya harus mengetahui apa saja ciri-ciri baterai yang asli.

Terlepas dari itu tentunya kami sarankan ketika Sobat Pintar ingin membeli sebuah baterai Sobat Pintar bisa mengunjungi langsung pada tempat pembelian resmi dan juga terpercaya.

Pemerintah juga telah menyebutkan dalam pasal 5 yaitu peraturan menteri keuangan nomor 4/PMK.03/2021 yang mana untuk baterai asli sendiri memiliki dua ciri yaitu ciri umum dan juga ciri khusus.

Bagi Sobat Pintar yang ingin mengetahui ciri umum dan khusus tentang materai asli Sobat Pintar bisa menyimak nya berikut ini.

Ciri umum 

Ada beberapa ciri umum yang harus Sobat Pintar ketahui ketika Sobat Pintar nantinya akan membeli materai tersebut agar Sobat Pintar tidak salah membeli materai dan malam membeli materai yang palsu, adapun untuk ciri umumnya yaitu sebagai berikut.

  1. Ciri umum yang pertama adalah materi tersebut memiliki sebuah lambang negara yaitu Garuda Pancasila
  2. Yang kedua adalah materi tersebut terdapat teks mikro modulasi yang bertuliskan Indonesia
  3. Jadi yang ketiga adalah pada materi asli pada sisi kiri badan materainya terdapat sebuah angka 10000 dan tulisan sepuluh ribu rupiah yang mana hal tersebut menunjukkan tarif bea materai
  4. Cari berikutnya adalah terdapat sebuah tulisan TGL.20 serta materai tempel
  5. Ciri umum berikutnya adalah pada mata asli terdapat sebuah blok ornamen khas Indonesia.
  6. Ciri umum terakhir adalah materai asli memiliki sebuah efek raba.

Ciri khusus

Selain memiliki ciri umum materai tersebut juga memiliki sebuah ciri khusus yang membedakan dengan materai palsu, adapun untuk beberapa ciri khususnya yaitu Sobat Pintar bisa menyimaknya berikut ini.

  1. Ciri khusus yang pertama adalah memiliki warna yang dominan merah muda dengan sebuah perekat yang berada pada sisi belakang nya.
  2. Yang kedua adalah memiliki bentuk segi empat yang mana sisinya dilengkapi sebuah pola motif khusus.
  3. Selanjutnya adalah untuk materi asli pada bagian badan baterainya terdapat sebuah warna merah dan juga kuning yang akan tampak pada sebuah kertas.
  4. Ciri khusus berikutnya adalah memiliki sebuah logam yang berbentuk persegi panjang pada sisi kiri materai yang mana ornamen tersebut memuat sebuah gambar Garuda Pancasila bintang dan juga logo kementerian keuangan yang bertuliskan DJP.
  5. Selanjutnya pada blok ornamen terdapat sebuah efek perubahan warna yang mana dari magenta akan berubah menjadi hijau pada sisi kanan blok ornamen.
  6. Ciri khusus yang membedakan selanjutnya adalah pada materi asli memiliki sebanyak 17 digit nomor seri.
  7. Selanjutnya pada materi asli memiliki sebagian cetakan yang berpendar kuning jika berada di bawah sinar UV.
  8. Berikutnya adalah beroperasi berbentuk bintang oval dan juga bulat.
  9. Ciri khusus yang terakhir adalah materai asli memiliki sebuah gambar raster berupa logo kementerian keuangan dan juga tulisan DJP.

Setelah kita mengetahui beberapa ciri pada materai tersebut selanjutnya kita juga perlu mengetahui Apa saja kegunaan dari materai ini, Sobat Pintar yang ingin mengetahui apa saja kegunaan nya Sobat Pintar bisa menyimak nya berikut ini.

Fungsi Materai 10000

Seperti yang sudah kita ketahui secara umum kegunaan materai merupakan sebuah label yang dapat digunakan untuk membayar sebuah pajak atas surat resmi.

Hal ini seperti yang terkandung pada pasal 3 ayat 1 undang-undang nomor 10 tahun 2020 yang mana mengatakan bahwa surat resmi yang dikenal Ali bea materai adalah surat resmi yang bersifat perdata atau digunakan sebagai alat bukti pada pengadilan.

Adapun bagi Sobat Pintar yang ingin mengetahui juga tentang apa saja surat resmi yang bersifat perdata Sobat Pintar bisa menyimak apa saja surat resminya di bawah ini.

  1. Yang pertama adalah surat perjanjian, surat keterangan, surat pernyataan, dan juga beberapa surat yang sejenis lainnya.
  2. Surat resmi  yang bersifat perdata berikutnya adalah akta notaris beserta grose serta salinan dan juga kutipannya.
  3. Yang ketiga adalah akses pejabat pembuat akta tanah beserta salinan dan kutipannya.
  4. Yang keempat adalah sebuah surat berharga dengan nama dan juga dalam bentuk apapun yang sudah diberi materai.
  5. Berikutnya adalah perjanjian transaksi surat berharga termasuk juga seperti akta transaksi kontrak yang memiliki jangka waktu.
  6. Akta lelang yang mana memiliki sebuah kutipan risalah lelang.
  7. Kemudian data-data yang terakhir adalah surat resmi  yang menyatakan an-nas dengan jumlah minimal lima juta, adapun untuk detailnya seperti yang memiliki penyebutan penerimaan uang dan juga pengakuan hutang yang telah dilunasi ataupun diperhitungkan.

Selain itu dokumen lain seperti dokumen ijazah surat-surat yang berkaitan dengan lalu lintas orang dan barang slip gaji pensiunan tunjangan dan juga dokumen lainnya.

Kita sudah mengetahui Apa saja fungsi dari materai tersebut mulai dari ciri-ciri umum dan khususnya dan juga fungsi dari materai itu sendiri jadi di sebaiknya sekarang ketika Sobat Pintar sudah membaca tulisan ini Sobat Pintar sudah bisa menggunakan materai sebagaimana mestinya.

Baca juga: 6+ Cara Mendapatkan Dana Bantuan Pemerintah 2021 

Penutup

Mungkin hanya itu saja pembahasan kali ini tentang Mengenal Tentang Materai 10000 semoga bisa bermanfaat bagi Sobat Pintar yang membaca, akhir kata terima kasih!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload