Ingin Kuliah S2 Online? Ini Rekomendasi Kampus Terbaiknya

04 Jul 2023 by kreditpintar, Last edit: 07 Jul 2023

Di tengah kesibukan bekerja, tidak sedikit orang masih ingin mewujudkan mimpinya untuk melanjutkan studi pascasarjana. Hal tersebut biasanya dilakukan demi menambah keahlian sehingga mampu bersaing di masa depan.

Untuk berkuliah sambil bekerja memang saat ini lebih mudah untuk diwujudkan. Makin banyak kampus di Tanah Air yang menyediakan kesempatan bagi orang-orang untuk kuliah S2 online.

Hal tersebut berarti Anda bisa menjalani kuliah sambil bekerja dengan lebih mudah karena tidak perlu datang ke kampus. Bermodalkan perangkat, internet, dan tempat yang nyaman, Anda bisa memperjuangkan gelar S2.

Baca juga: 4 Rekomendasi Kuliah Online untuk yang Bekerja

Rekomendasi Kampus untuk Kuliah S2 Online, Ini yang Terbaik

Demi mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, banyak orang memutuskan untuk melanjutkan studi ke jenjang S2. Ada yang langsung setelah lulus dari S1, ada juga yang berasal dari kalangan orang-orang yang sudah bekerja.

Ada banyak orang ingin berkuliah tanpa harus keluar dari pekerjaan yang tengah dijalani. Beruntungnya, saat ini ada banyak universitas terbaik yang menyediakan kuliah S2 online, termasuk untuk karyawan.

Keuntungan menjalani kuliah secara daring adalah tidak dikenakan tarif uang gedung. Anda bisa memilih beberapa kampus di bawah ini untuk melanjutkan studi pascasarjana.

  1. Universitas Bina Nusantara

Pertama ada Universitas Bina Nusantara sebagai salah satu tempat paling tepat untuk kuliah S2 online. Anda bisa memilih satu dari beberapa jurusan yang disediakan oleh Binus, yakni Teknik Informatika, Teknik Industri, dan Sistem Informasi.

Selain itu, ada juga pilihan jurusan akuntansi dan ilmu komunikasi apabila ingin bidang di luar teknik. Biaya yang perlu dikeluarkan per semesternya juga bergantung pada pilihan jurusan tersebut.

Pembelajaran di Universitas Bina Nusantara telah berlangsung sejak tahun 2008. Biayanya berkisar antara Rp13.500.000 hingga Rp22.000.000. Nominal tersebut masih bisa berubah bergantung pada kebijakan kampus setiap tahunnya.

  1. Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana merupakan salah universitas terbaik dalam kategori swasta yang menyelenggarakan kelas untuk karyawan. Mercu Buana tidak hanya menyediakan kelas online saja, tetapi juga kelas offline pada hari Minggu.

Tujuan diadakannya kelas karyawan di Mercu Buana sendiri sebenarnya untuk membantu mahasiswa dalam melakukan pembayaran biaya pendidikan. Mahasiswa diperbolehkan untuk membayar secara angsuran menyesuaikan kemampuannya.

Untuk mengikuti kuliah S2 online di Universitas Mercu Buana, Anda diharuskan membayar biaya pendidikan sebesar Rp8.500.000 hingga Rp15.500.000 tiap semester. Biaya tersebut bervariasi, bergantung pada masing-masing jurusan yang dipilih.

  1. Universitas Indonesia

Sebagai salah satu universitas terbaik yang ada di Tanah Air, Universitas Indonesia telah membuka kelas daring sejak tahun 2002. Akan tetapi, kebijakannya adalah 50% kredit SKS secara daring dan sisanya tatap muka.

Ada banyak pilihan program studi yang dapat diambil secara daring di UI. Sebagai contoh, Fakultas Psikologi dengan jurusan Ilmu Psikologi, Terapan, serta Profesi.

Hal tersebut tentu memudahkan bagi para mahasiswa yang ingin menempuh kuliah sembari mencari uang di sela-sela waktunya. Yang terpenting adalah keduanya dijalankan secara optimal sehingga tidak berdampak pada salah satunya.

  1. Institut Teknologi Bandung

Salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia adalah Institut Teknologi Bandung. Kampus tersebut juga menyediakan kuliah secara online, tetapi dengan sistem tidak penuh.

Hal itu berarti setiap mahasiswa tetap perlu datang ke kampus untuk menjalani kuliah seperti biasa. Sementara itu, penyampaian tugas, kuis, repository, dan lainnya akan dilakukan secara online.

Jika ingin berkuliah di ITB, berarti Anda perlu mempertimbangkan antara jadwal bekerja dan kuliah. Dengan begitu, tidak sampai terjadi bentrok antara keduanya yang membuat Anda mengalami keteteran.

Baca juga: Pinjaman Uang untuk Mahasiswa yang Sudah dan Belum Bekerja

  1. Univesitas Al-Azhar Indonesia

Jika ingin menimba ilmu pengetahuan umum sekaligus agama, Universitas Al-Azhar Indonesia bisa menjadi solusinya. Kampus satu ini memadukan kurikulum agama sekaligus umum sehingga mempunyai daya tarik tersendiri.

Salah satu program pascasarjana yang tersedia di Universitas Al-Azhar Indonesia adalah Ilmu Hukum. Jika berkuliah di kampus ini, Anda akan memperoleh akses jurnal, e-book, dan sumber belajar lainnya sebagai penunjang.

  1. Universitas Widyatama

Rekomendasi universitas terbaik untuk menjalani perkuliahan pascasarjana adalah Universitas Widyatama. Kampus ini cocok bagi Anda yang ingin mempelajari ilmu di bidang akuntansi dan manajemen.

Selain itu, ada juga pilihan Program Profesi Akuntan (PPAk) sehingga bisa menunjang karier Anda di bidang akuntansi. Untuk karyawan, biaya yang perlu dibayarkan ada dua, yakni biaya masuk Rp4.000.000 dan biaya studi Rp1.500.000 setiap bulan.

Program yang ditawarkan oleh Universitas Widyatama tentu sangat berguna dalam menapaki karier lebih tinggi di perusahaan tempat bekerja. Yang terpenting adalah Anda bisa menjalankan keduanya secara optimal.

  1. Universitas Dr. Soetomo

Universitas Dr. Soetomo merupakan salah satu perguruan tinggi untuk menempuh kuliah S2 online. Berada di Jalan Semolowaru Nomor 84 Surabaya, Unitomo juga membuka kelas untuk karyawan pada jenjang S1.

Kebijakan tersebut dimaksudkan supaya mahasiswa yang sambil bekerja tetap bisa menempuh pendidikan tinggi. Untuk sistemnya, kuliah dilaksanakan setiap hari Sabtu secara e-learning.

Ada banyak sekali pilihan program studi yang ada di kampus satu ini. Mulai dari S2 Pendidikan, Ilmu Hukum, Ilmu Komunikasi, Manajemen SDM, Manajemen Pemasaran, hingga Ilmu Administrasi.

Biayanya sendiri terbilang terjangkau, yakni Rp2.000.000 pada awalnya dan Rp25.200.000 untuk 18 bulan. Hal tersebut berarti Anda hanya perlu membayar Rp1.400.000 setiap bulannya.

Baca juga: Empat Program Kuliah Karyawan di Kampus Unggulan

  1. Universitas Terbuka

Universitas Terbuka atau UT bisa dikatakan sebagai salah satu pilihan terbaik untuk mengambil kuliah S2 online. Kampus ini tersebar di berbagai daerah sehingga Anda sangat mudah untuk dijumpai.

Pelaksanaan perkuliahan di Universitas Terbuka tidak hanya fleksibel saja. Tetapi juga lebih murah dari segi biaya pendidikan, yakni sebesar Rp7.450.000 setiap semesternya.

Ada banyak pilihan kelas untuk karyawan yang bisa dilaksanakan secara daring sepenuhnya. Mulai dari S2 Pendidikan Dasar, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Ilmu Kelautan (Manajemen Perikanan), Ilmu Administrasi (Administrasi Publik), dan Manajemen.

  1. International Open University

Rekomendasi universitas terbaik untuk melaksanakan perkuliahan pascasarjana secara daring adalah International Open University (IOU). Bahkan, perguruan tinggi satu ini sudah diakui oleh PBB.

Pusat dari International Open University berada di Gambia, Afrika dan telah menampung mahasiswa dari berbagai penjuru dunia. Oleh sebab itu, perkuliahan di IOU menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Program studi yang tersedia di IOU adalah S2 Studi Islam dengan tarif per semesternya sebesar Rp2.175.000 bagi mahasiswa Indonesia. Tarif tersebut tergolong murah untuk menempuh pendidikan pascasarjana.

Dengan biaya studi tersebut, Anda akan memperoleh ijazah S2 luar negeri. Hal tersebut bisa menjadi pilihan bagi Anda yang memang bermimpi mendapatkan ijazah luar negeri.

Kuliah S2 online merupakan solusi terbaik bagi Anda yang ingin terus berkarir sekaligus menimba ilmu di pendidikan tinggi. Sembilan universitas terbaik di atas bisa dipertimbangkan sebagai tempat menjalani studi pascasarjana.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi oleh OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
07 Jul 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download