Komunitas Bisnis Digital, Tempat Seru Belajar Ilmu Bisnis

20 Sep 2021 by Laruan

Semakin hari kian banyak pengusaha muda bermunculan. Entah mereka yang mendirikan startup hingga mencapai level unicorn atau merintis usaha kecil-kecilan. Kalau Sobat Pintar memiliki cita-cita serupa, cobalah bergabung dengan komunitas bisnis digital. Di sana tempat berkumpulnya para ahli bisnis, profesional, dan orang-orang yang berpengalaman. Dapatkan ilmu mereka secara gratis karena komunitas ini sering menyelenggarakan workshop atau pelatihan.

Sebagai penyelenggara, ada alasan tersendiri mengapa seminar-seminar digelar tanpa biaya. Orang-orang yang telah sukses di sana ingin mengajak orang lain mengikuti jejak mereka. Sebab, akan sangat luar biasa jadinya kalau Indonesia memiliki banyak pengusaha yang berhasil. Selain itu, salah satu tujuan acaranya juga ingin membuka mata bagi siapa pun yang belum “melek” dengan bisnis digital.

Mengenal Komunitas Bisnis Digital

Komunitas Bisnis Digital, Tempat Seru Belajar Ilmu Bisnis

Komunitas merupakan sebuah kelompok yang berisi orang-orang dengan ketertarikan serupa. Sesuai namanya, berarti komunitas ini adalah tempatnya orang-orang yang senang terhadap dunia bisnis digital. Terlepas ia telah memiliki usahanya sendiri, perintis, atau memiliki ketertarikan dengan ilmu bisnis ini. Sebab, komunitas juga berfungsi sebagai wadah pengembangan diri. Dari sana seseorang bisa membangun pertemanan dari berbagai macam kalangan.

Kalau Sobat Pintar seorang pemula, sangat disarankan untuk bergabung dengan komunitas ini. Sobat Pintar akan mendapatkan banyak sekali keuntungan. Salah satunya adalah lokakarya yang sering diadakan dalam waktu tertentu. Untuk komunitas yang skalanya sudah nasional atau internasional, acara digelar dengan sangat besar. Tak tanggung-tanggung, pembicara yang didatangkan bisa berasal dari luar negeri atau seseorang dengan jam terbang tinggi.

Ada banyak sekali komunitas untuk bisnis digital di Indonesia. Sobat Pintar bisa mencarinya di internet dan bergabung sesuai pilihan. Caranya menjadi anggota komunitas bermacam-macam. Ada yang cukup mengisi formulir lewat situs, menghubungi contact person di komunitas tersebut, dan sebagainya. Jika sudah menjadi bagian komunitas ini, berarti Sobat Pintar sudah melakukan langkah besar untuk mencapai kesuksesan bisnis yang diimpikan.

Yang terbaru dari Kredit Pintar: 3 Cara Dapat Uang 500rb Sehari: Direkomendasikan Oleh Kredit Pintar

Belajar Bisnis Lewat Workshop

Komunitas Bisnis Digital, Tempat Seru Belajar Ilmu Bisnis

Seperti yang disebutkan di atas, Sobat Pintar akan bertemu dengan orang-orang hebat di komunitas tersebut. Beruntungnya, mereka ini senang berbagi ilmu dan pengalaman. Maka dari itu, sering ada lokakarya yang diadakan. Mengingat saat ini sedang pandemi, jadinya pelatihan tersebut diselenggarakan secara online. Walaupun demikian, tak menghilangkan esensi ilmunya.

Acara seperti ini dilangsungkan lewat zoom meeting. Tanpa memungut biaya sedikit pun, penyelenggara menyiapkan susunan acara yang menarik. Jadi tak heran kalau pesertanya bisa mencapai seratus orang lebih. Biasanya, hal-hal yang akan disampaikan pada acara tersebut adalah:

1. Berbisnis dari Rumah

Zaman sekarang bisnis bisa dilakukan dari mana saja. Siapa pun itu, baik pegawai kantoran, ibu rumah tangga, atau mahasiswa, semuanya punya kesempatan yang sama. Dengan bantuan teknologi, bisnis kini bisa dijalankan dari rumah. Hanya saja tidak semua orang tahu bagaimana menjalankannya.

Bagi Sobat Pintar yang menginginkan fleksibilitas hidup, cobalah untuk menjalankan bisnis dari rumah. Buat yang belum berpengalaman, maka ikutilah acara seminar bisnis online. Di sini akan dibagikan ide-ide bisnis apa saja yang bisa dijalankan, bagaimana membangunnya dari nol, hingga mengambangkan usaha menjadi skala besar.

2. Membangun Bisnis yang Aman

Salah satu tantangan untuk menjalankan bisnis online adalah keamanan. Wajar saja karena bisnis ini harus didasari kepercayaan yang kuat antara penjual dan pembeli. Kalau penjual tidak menjaga kualitas produknya, maka pembeli akan kecewa. Begitu pun pembeli, perlu bersikap jujur dalam perihal pembayaran dan review produk.

Hal-hal seperti ini tidak disadari oleh semua orang. Padahal menjadi faktor penting dalam dunia bisnis online. Lewat lokakarya yang diselenggarakan, pesertanya akan mengetahui bagaimana cara membangun bisnis yang aman, terpercaya, dan profesional. Selain itu, pebisnis pun bisa melindungi dirinya dari segala bentuk penipuan.

3. Trik Promosi Tanpa Biaya

Internet membuat semuanya jadi mudah. Apalagi setelah kemunculan media sosial, segalanya terasa tanpa sekat. Kalau kondisi ini dimanfaatkan secara bijaksana, maka Sobat Pintar bisa melakukan promosi bisnis tanpa biaya. Tidak tahu caranya? Ikuti workshop komunitas tersebut. Selain ilmu tentang mengembangkan bisnis, di sini juga dibagikan caranya promosi yang zero budget.

Setelah mengikuti acara ini, Sobat Pintar akan tahu kekuatan internet, khususnya media sosial. Ucapkan selamat tinggal dengan pos pengeluaran promotion budget dalam pencatatan keuangan Sobat Pintar. Akhirnya, Sobat Pintar bisa mengalihkan dana untuk kegiatan lainnya. Ini sangat berguna untuk pengembangan bisnis kedepannya.

4. Cara Menaikkan Omset

Tujuan penyelenggara acara ini tentu saja ingin seluruh pesertanya menjadi pebisnis yang sukses. Itulah sebabnya dibagikan juga rahasia menaikkan omset bisnis. Sebab, tak sedikit para pemula yang akhirnya mundur di tengah jalan karena merasa bisnisnya tidak berkembang. Supaya peserta acara tidak mengalami hal serupa, maka pembicara akan memberitahu tips dan triknya.

Di samping melakukan cara-cara yang diberikan, para pengusaha pastinya harus mempertahankan semangat mereka. Hanya saja ini tidaklah mudah. Berbagai kondisi, seperti pandemi ini, pasti akan menantang. Namun, dengan mengetahui rahasia pebisnis sukses, setidaknya orang-orang tahu apa yang harus dilakukan.

5. Sesi Motivasi

Menyambung dari poin sebelumnya, memang tak mudah mempertahankan semangat menjalankan bisnis. Guna melengkapi ilmu yang dibagi, pada akhir acara tak jarang ditutup dengan sesi motivasi. Harapannya melalui acara ini para peserta terus semangat atau mereka yang mengalami kebangkrutan menjadi optimis kembali. Pada sesi ini, Sobat Pintar akan merasakan aura positif yang sangat kuat.

Sesi motivasi bisa diisi oleh berbagai pembicara. Ada yang diisi oleh pengusaha sukses atau motivator khusus. Namun, sebenarnya, kalau Sobat Pintar cukup jeli selama mengikuti workshop, para pembicara kerap memberikan semangat di tengah-tengah materinya. Dengan begitu, setelah acara ini selesai, mindset Sobat Pintar akan berubah memandang keberhasilan bisnis online di depan mata.

Saatnya Bergabung dengan Komunitas Bisnis Digital

Dengan penjelasan di atas dan mengetahui keuntungannya, maka tunggu apalagi? Bagi yang belum bergabung dengan komunitas tersebut, inilah saat yang tepat untuk join dan menjadi anggota perkumpulan tersebut. Yakinlah, disini Sobat Pintar tidak akan membuang waktu. Semua hal yang dibagi di dalamnya sangat bermanfaat.

Setelah Sobat Pintar mendapatkan ilmu serta pencerahan mau berbisnis apa, lakukanlah segera! Di luar sana orang-orang sudah merintisnya sejak lama. Kalau Sobat Pintar bingung soal modal, Sobat Pintar tak perlu khawatir karena Kredit Pintar hadir untuk membantu. Lewat fasilitas pinjaman online dari Kredit Pintar, Sobat Pintar dapat mewujudkan impian bisnis online.

Ada banyak keuntungan yang diberikan oleh Kredit Pintar. Mulai dari nominal pinjaman yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, nilai bunga yang ringan, hingga kesempatan untuk top up pinjaman. Tapi, sebelum itu, gabung dulu di komunitas bisnis digital, ya!

Yang terbaru dari Kredit Pintar: 6+ Cara Mendapatkan Dana Bantuan Pemerintah 2021 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload