Ini 5 Penyebab Kenapa Laptop Tidak Bisa Connect WiFi

01 Oct 2021 by Laruan

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini masyarakat semakin bergantung kepada internet. Hal itu wajar saja terjadi karena banyak sekali sesuatu yang dapat dilakukan dengan adanya internet. Salah satu cara mendapatkan internet adalah dengan menyambungkan laptop atau ponsel ke jaringan WiFi. Akan tetapi, terkadang laptop tiba-tiba tidak bisa tersambung ke WiFi. Kalau Sobat Pintar sedang mengalaminya, simak artikel ini untuk mengetahui kenapa laptop tidak bisa connect wifi sekaligus cara mengatasinya.

Ini 5 Penyebab Kenapa Laptop Tidak Bisa Connect WiFi

Beberapa Penyebab Kenapa Laptop Tidak Bisa Connect WiFi

Ketika laptop tiba-tiba tidak dapat tersambung ke internet, tentu akan membuatmu merasa kesal. Terlebih saat Sobat Pintar benar-benar sedang membutuhkan koneksi internet untuk mengerjakan tugas kuliah dan semacamnya. Belum lagi kalau hanya laptopmu saja yang tidak terkoneksi WiFi, sedangkan laptop teman-temanmu tidak mengalami masalah serupa. Nah, kira-kira alasan laptop tidak tersambung dengan wifi? Berikut disajikan beberapa penyebab laptop tidak tersambung WiFi yang perlu Sobat Pintar ketahui.

1. Rusaknya Hardware pada Laptop

Penyebab pertama yang membuat laptop tidak terkoneksi jaringan WiFi adalah rusaknya hardware atau perangkat keras pada laptop. Hal itu dapat ditengarai dengan melihat lampu indikator yang terdapat pada laptop. Apabila lampu indikator menunjukkan warna merah, maka perangkat keras laptopmu sedang mengalami kerusakan. Hal itu dapat mengakibatkan driver menjadi tidak bisa terdeteksi.

2. Penggunaan SSH dan Proxy

Penggunaan SSH atau pun proxy biasanya dilakukan dengan mengubah setelan network connection. Hal itu dilakukan untuk menyambungkan laptop ke jaringan internet tertentu. Namun, selanjutnya Sobat Pintar tidak dapat menyambungkan laptop ke WiFi umum. Jika Sobat Pintar dalam kondisi tersebut, maka yang perlu Sobat Pintar lakukan adalah menyetel ulang network connection pada laptop milikmu.

3. Driver Ethernet Controller Belum Terpasang

Untuk dapat menyambungkan laptop ke jaringan WiFi, Sobat Pintar perlu memasang driver ethernet control pada laptop milikmu. Untuk mengetahui sudah terpasang atau belum, Sobat Pintar dapat mengeceknya di device manager. Biasanya kalau sudah terpasang akan tampil ikon tanda tanya berwarna kuning.

4. Airplane Mode Sedang Aktif

Sobat Pintar tidak bisa menyambungkan laptop ke WiFi saat airplane mode sedang aktif. Sobat Pintar mungkin mengaktifkan mode pesawat secara tidak sengaja sebelumnya. Oleh karena itu, pastikan laptopmu tidak sedang dalam mode pesawat. Pada laptop tertentu, ada lampu indikator yang menyala saat berada dalam mode pesawat.

5. Salah Memasukkan Kata Sandi WiFi

Penyebab laptop tidak tersambung WiFi yang kelima adalah salah memasukkan kata sandi WiFi. Sobat Pintar harus mengetikkan kata sandi dengan benar, tidak boleh salah satu pun. Oleh sebab itu, Sobat Pintar harus mengetiknya dengan teliti dan mengeceknya kembali sampai benar. Kalau sudah benar, tetapi tidak bisa tersambung, maka bisa jadi penyebabnya ialah antara poin satu sampai empat.

Solusi Ampuh Mengatasi Laptop Tidak Connect WiFi

Sejak adanya pandemi memang manusia semakin membutuhkan jaringan internet, baik itu berupa paket data maupun WiFi untuk menyelesaikan berbagai tugas dan pekerjaan. Namun, sangat menjengkelkan tentunya saat laptop tidak bisa terhubung ke WiFi. Beberapa penyebabnya kenapa laptop tidak bisa connect WiFi sudah dijelaskan sebelumnya. Lalu bagaimana cara mengatasi laptop tidak bisa connect WiFi? Ini dia solusi ampuh yang dapat Sobat Pintar lakukan supaya terhubung ke WiFi.

1. Jika Ada Tanda Seru Berwarna Kuning

Salah satu tanda laptop tidak tersambung WiFi yang umum terjadi adalah munculnya ikon tanda seru berwarna kuning pada internet access. Jika hal itu yang sedang terjadi di laptopmu, maka yang perlu Sobat Pintar lakukan adalah dengan mengubah setelan adapter.

Sumber: trikinet.com

  • Pertama, ketuk ikon “Start”, lalu pilihlah menu “Control panel”;
  • Setelah itu, akan muncul beberapa menu pada “Control panel”, Sobat Pintar perlu memilih yang “Network and Internet”;
  • Ketuk pilihan “Network and Sharing Centre” yang ada di bagian atas;
  • Pada menu sebelah kiri akan muncul pilihan “Change adapter settings”, ketuk pilihan tersebut;
  • Kalau sudah tampil “Network Connection”, segera klik kanan “Wireless Connection” dan pilihlah “Properties”;
  • Setelah itu, akan tampil “Local Area Connection Properties”, klik dua kali pada pilihan “Internet Protocol Version 4”;
  • Pada pilihan “Internet Protocol Version 4 Properties”, klik pada pilihan “Obtain an IP address automatically” dan pilihan “Obtain DNS server address automatically”;
  • Jika sudah klik dua pilihan tadi, langsung saja klik “OK”;
  • Langkah terakhir, Sobat Pintar hanya perlu menunggu beberapa saat, lalu mengecek apakah tanda serunya sudah tidak ada. Jika demikian, artinya laptopmu sudah tersambung ke WiFi.

2. Jika WiFi “Limited Access”

Saat masa aktif IP address telah habis, maka perangkat tidak dapat tersambung ke WiFi dan muncul tulisan “Limited Access”. Penyebab laptop tidak tersambung WiFi karena muncul tulisan limited access juga dapat terjadi ketika posisimu terlalu jauh dari lokasi WiFi. Selain itu, kemungkinan data cache WiFi di laptopmu sudah cukup banyak sehingga tidak bisa tersambung. Nah, jika itu terjadi, maka berikut ini cara mengatasinya.

  • Ketuk “Start” dan carilah “Command Prompt” dengan cara mengetiknya di kolom pencarian. Selain itu, Sobat Pintar juga dapat menggunakan shortcut CTRL+R, lalu mengetikkan “cmd”;
  • Kalau sudah tampil “cmd”, Sobat Pintar perlu mengetikkan perintah “netsh winsock reset catalog”;
  • Ketuk tombol “Enter” setelah mengetik perintah tersebut;
  • Langkah berikutnya yang perlu Sobat Pintar lakukan adalah mengetik perintah “netsh int ipv4 reset.log, lalu ketuk tombol “Enter”;
  • Setelah beberapa detik, tutup “cmd” dan lakukan “Mulai Ulang” atau “Restart” pada laptop milikmu;
  • Langkah terakhir, Sobat Pintar sudah dapat mencoba menyambungkan laptop ke jaringan WiFi.

3. Jika WiFi “Unidentified”

Masalah lain yang menandakan laptop tidak tersambung ke WiFi adalah adanya keterangan “Unidentified network”. Keterangan tersebut muncul pada saat Sobat Pintar mengecek di notification area. Jika hal itu terjadi, artinya laptopmu tidak dapat menerima IP address dan DNS server dari jaringan WiFi tersebut. Cara mengatasi laptop tidak connect WiFi karena unidentified ialah dengan langkah-langkah berikut.

  • Ketuk ikon WiFi pada laptop;
  • Ketuk jaringan WiFi yang terdapat tulisan “Unidentified”;
  • Ketuk tombol “Disconnect;
  • Kalau jaringan sudah terputus, sekarang Sobat Pintar perlu menyambungkannya lagi dengan cara mengetuk “Connect”;
  • Tunggu beberapa saat sampai tersambung ke WiFi, lalu coba mengetes kecepatan internet.

Itulah beberapa penyebab kenapa laptop tidak bisa connect WiFi beserta solusi ampuh yang dapat Sobat Pintar lakukan. Cobalah untuk mengidentifikasi penyebabnya terlebih dahulu. Dengan begitu, Sobat Pintar dapat melakukan cara yang tepat untuk mengatasinya. Selain itu, Sobat Pintar juga perlu mencari posisi yang dekat dengan WiFi. Makin dekat posisimu, semakin mudah juga untuk terhubung ke internet. Semoga dapat membantu.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat. Ajukan pinjaman online tanpa agunan di Kredit Pintar, bisa dilakukan hanya dalam waktu 5 menit.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload