Kenali Manfaat dan Cara Menerapkan Gaya Hidup Hemat

30 Jun 2021 by Laruan

Rasanya sering sekali mendengar nasihat dari orang tua yang menyatakan untuk “hidup hemat”. Ternyata, itu bukan hanya sekedar nasehat. Gaya hidup hemat memang sudah sepatutnya menjadi prinsip kehidupan mengingat semakin lama, semakin banyak kebutuhan-kebutuhan yang harus terpenuhi dari masing-masing individu. Maka dari itu, tidak ada alasan untuk hidup foya-foya di saat untuk memenuhi kebutuhan pokok saja, kadang masih terasa sulit.

Kenali Manfaat dan Cara Menerapkan Gaya Hidup Hemat

Perlu diingat bahwa kebanyakan dari Sobat Pintar memiliki tujuan untuk tidak selamanya hidup sendiri, melainkan hidup secara berkeluarga bersama dengan pasangan pilihan. Lalu, tujuan selanjutnya adalah memiliki anak, yang mana jumlahnya kemungkinan lebih dari satu. Tentunya, kebutuhan akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah makhluk hidup di keluarga Sobat Pintar. 

Belum lagi apabila Sobat Pintar memiliki niat untuk membalas budi orang tua Sobat Pintar dengan tips menafkahi dan menghidupi mereka di masa tua. Hal ini menandakan bahwa pengeluaran yang Sobat Pintar butuhkan semakin banyak, tidak hanya untuk Sobat Pintar dan keluarga kecil Sobat Pintar. Bisa dibayangkan apabila ketika Sobat Pintar ingin memenuhi seluruh kebutuhan yang telah disebutkan tadi, Sobat Pintar memiliki kendala yang datang dari diri sendiri. Sobat Pintar terkendala dikarenakan tidak dapat menerapkan gaya hidup hemat dengan baik yang berujungkan rugi.

Hidup sederhana mungkin terdengar klise sebagaimana sudah sangat sering dijadikan nasihat, tapi apakah bisa diterapkan dengan baik? Apakah pada kenyataannya memang mudah? Lalu, untuk apa menerapkan hidup sederhana ini? Mari simak kegunaan dan tips menerapkan hidup sederhana.

Manfaat menerapkan gaya hidup hemat

Manfaat menerapkan gaya hidup hemat

Hal ini dapat menjawab pertanyaan di benak Sobat Pintar akan mengapa perlu diterapkannya hidup sederhana. Semua itu tidak lain tidak bukan adalah untuk merasakan kegunaan-kegunaannya. Menerapkan hidup sederhana dapat memberikan kegunaan kepada Sobat Pintar berupa:

1. Melatih kemampuan mengelola keuangan

Dengan menerapkan gaya hidup hemat, secara tidak langsung dapat melatih kemampuan Sobat Pintar dalam mengelola keuangan yang Sobat Pintar miliki. Karena Sobat Pintar tahu banyak kebutuhan-kebutuhan yang harus Sobat Pintar penuhi, maka sudah menjadi keharusan bagi Sobat Pintar untuk mengelola keuangan Sobat Pintar dan mengalokasikannya kepada kebutuhan-kebutuhan yang Sobat Pintar rasa butuh untuk dipenuhi, baik kebutuhan yang bersifat primer maupun sekunder.

Mengelola keuangan tentunya bukanlah hal yang mudah, apabila sudah dihadapkan oleh godaan-godaan kebutuhan yang sebenarnya belum terlalu perlu untuk Sobat Pintar miliki. Tapi, semua itu akan terbiasa seiring dengan berjalannya waktu. Sobat Pintar bisa mulai dengan mengelola keuangan untuk hal-hal yang kecil, seperti memberi target terhadap uang jajan, uang bensin kendaraan, uang makan, uang listrik, dan kebutuhan lainnya dalam sebulan. Dengan adanya target, Sobat Pintar dapat terbantu dalam mengendalikan pengeluaran Sobat Pintar dan merasakan kegunaannya menjalankan hidup sederhana.

2. Menjamin finansial di masa depan

Pepatah “hemat pangkal kaya” bisa dikatakan menunjukkan maksud dari kegunaan yang satu ini. Istilahnya, dengan melakukan penghematan sedini mungkin, itu dapat membantu Sobat Pintar menabung untuk masa depan. Segala hal yang dipersiapkan di masa depan alangkah baiknya dipersiapkan dari sekarang, sebelum akhirnya merasa terlanjur dan kondisi finansial masa depan Sobat Pintar tidak sesuai dengan yang Sobat Pintar harapkan.

Maka dari itu, akan ada masa di mana Sobat Pintar merasa khawatir dan cemas menghadapi kehidupan Sobat Pintar yang semakin tua. Di waktu yang sama, keberadaan anak-anak Sobat Pintar di masa depan pun sudah semakin besar dan pastinya semakin banyak pula kebutuhan yang harus ditanggungnya. Sobat Pintar tidak hanya dapat bergantung kepada anak-anak, tapi akan lebih bahagia dan tenang apabila Sobat Pintar sudah menerapkan hidup sederhana sedari muda yang menghantarkan kondisi finansial Sobat Pintar yang stabil di masa depan.

3. Tidak terjerat masalah finansial

Karena kondisi finansial yang dapat terjamin dengan menerapkan hidup sederhana, maka hal ini juga dapat membuat Sobat Pintar terhindar dari jeratan-jeratan masalah-masalah finansial, salah satunya adalah hutang. Salah satu permasalahan terbesar dalam hidup seseorang adalah terjerat utang. Tidak sedikit masyarakat yang memutuskan untuk mengakhiri hidupnya hanya karena terlilit utang.

Dengan persediaan keuangan yang lebih karena hidup sederhana, kegunaan lainnya yang dapat Sobat Pintar rasakan adalah tidak mengalami tekanan-tekanan yang dapat berimplikasi pada mental Sobat Pintar. Efek psikologis yang ditimbulkan akibat dari masalah finansial tidak dapat disepelekan. Maka dari itu, menerapkan hidup sederhana dapat membantu Sobat Pintar untuk menyisihkan uang-uang untuk keperluan-keperluan tidak terduga, yang mana pada akhirnya dapat melindungi Sobat Pintar dari masalah finansial di masa depan. 

Cara Hidup Hemat

Selanjutnya, Sobat Pintar dapat merasakan kegunaan-kegunaan tersebut apabila sudah melakukan cara-caranya yang efektif dan efisien. Tips untuk hidup sederhana yang dapat Sobat Pintar terapkan adalah:

Cara Hidup Hemat

1. Menerapkan gaya hidup hemat

Hal ini akan mudah terasa ketika Sobat Pintar sudah merasakan kegunaan dari mengelola keuangan yang baik. Pintar mengelola uang, berarti pintar juga mengatur diri untuk tidak menjadi boros. Gaya hidup yang sederhana juga mendukung pengelolaan uang Sobat Pintar menjadi semakin baik. 

Sobat Pintar pasti pernah mendengar pepatah tentang “hidup bagaikan roda yang berputar”. Pepatah ini mengandung arti bahwa kehidupan memiliki dua sisi, diatas dan di bawah. Apabila Sobat Pintar selama ini menerapkan gaya hidup yang tidak sederhana, mungkin tidak akan terasa dampaknya ketika diri Sobat Pintar sedang ada di atas. Namun apabila roda kehidupan bergerak ke bawah, Sobat Pintar pasti akan merasa berat dan sulit untuk menjalani kehidupan karena Sobat Pintar tidak terbiasa untuk menerapkan gaya hidup yang sederhana.

Apabila Sobat Pintar sudah menerapkan gaya hidup sederhana, maka ketika roda sedang di bawah pun Sobat Pintar tidak akan merasa berat karena memang sudah keseharian Sobat Pintar untuk tidak melakukan hal-hal yang berlebihan.

2. Membuat prioritas kebutuhan

Sering kali Sobat Pintar merasa bahwa rasanya ingin sekali membeli dan memiliki seluruh hal yang sudah masuk ke dalam daftar yang harus dibeli. Namun, itu bukanlah tindakan yang bijak apabila ingin menjalani kehidupan dengan tips berhemat. Sobat Pintar harus memilah kira-kira apa saja yang harus Sobat Pintar miliki karena sifatnya kebutuhan, bukan keinginan. Hal-hal yang harus dimiliki karena sesuai dengan kebutuhan Sobat Pintar, dapat dikatakan sebagai prioritas.

Inilah perlawanan yang harus Sobat Pintar hadapi antara kebutuhan dan keinginan. Prioritas akan terbentuk seiring dengan diri Sobat Pintar yang memutuskan untuk mendapatkan hal-hal kebutuhan terlebih dahulu sebelum akhirnya memilih hal-hal yang diinginkan. Tidak masalah bagi Sobat Pintar untuk memberikan self-reward kepada diri Sobat Pintar sendiri ketika telah berhasil melakukan sesuatu. Namun, hal ini dapat menjadi bumerang ketika Sobat Pintar terlalu sering merogoh kocek untuk hal yang bersifat keinginan seperti itu.

Pada penerapannya, hidup sederhana tidak memberikan kesempatan bagi Sobat Pintar untuk merasa tidak diuntungkan. kegunaan dan tips untuk menerapkan hidup sederhana dapat Sobat Pintar rasakan apabila Sobat Pintar sudah berkomitmen kepada diri sendiri untuk menjalani kehidupan yang lebih baik. Tanpa keinginan yang kuat, tips hidup sederhana akan sangat sulit dilakukan. Lalu, manfaatnya pun tidak dapat langsung dirasakan karena Sobat Pintar masih belum bisa menerapkan mengirit anggaran.

Sudah saatnya Sobat Pintar menerapkan gaya hidup hemat demi masa depan yang lebih baik dan terjamin.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload