Kartu Prakerja: Cara Daftar, Syarat, dan Segudang Manfaatnya

23 Apr 2021 by kreditpintar
kartu prakerja

Kartu Prakerja adalah salah satu program pemerintah yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Minat yang tinggi ini membuat orang-orang berlomba-lomba untuk mencari tahu cara daftar dan syarat yang diperlukan untuk ikut serta dalam program Kartu Prakerja. Mengapa masyarakat Indonesia begitu berminat dengan program yang satu ini? Karena rupanya kartu ini punya segudang manfaat bagi pekerja maupun pencari kerja.

Apa itu Kartu Prakerja?

Kartu Prakerja adalah program pemerintah yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi masyarakat Indonesia dengan menyalurkan bantuan biaya. Biaya ini ditujukan untuk para pencari kerja, pekerja yang ter-PHK, dan pekerja yang perlu untuk meningkatkan kompetensi.

prakerja

Siapa Saja yang Bisa Mendaftar Program Kartu Prakerja?

Program ini dibuat untuk masyarakat Indonesia yang sedang dalam tahap pencarian kerja. Istilah “tahap pencarian kerja” ini mengacu pada kondisi yang cukup luas; bisa ditujukan untuk para lulusan baru yang tengah mencari kerja, juga bisa diperuntukkan bagi pekerja yang terkena kebijakan PHK.

Selain itu, pekerja bukan penerima upah termasuk pelaku usaha mikro juga bisa ikut serta dalam program yang bisa diakses dengan kartu ini.

Syarat Pendaftaran 

Berikut ini adalah persyaratan yang dibutuhkan. Pendaftar harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Berusia minimal 18 tahun
  3. Tidak sedang menempuh pendidikan formal

Persyaratan yang sederhana ini membuat banyak masyarakat berminat untuk mendaftarkan diri mendapatkan kartu ini.

Cara melakukan pendaftaran

Cara untuk daftar Kartu Prakerja cukup mudah. Pertama, kamu harus membuat akun di halaman Prakerja dengan cara berikut ini:

Cara Membuat Akun Prakerja

  1. Kunjungi situs Prakerja, kemudian klik bagian “Buat Akun”.
  2. Isi alamat e-mail, password, serta konfirmasi password dengan mengetik ulang password yang telah kamu buat. Lalu centang pernyataan yang ada di bawahnya dan klik “Buat Akun”.
  3. Tunggu verifikasi e-mail yang akan masuk ke email kamu. Setelah e-mail verifikasi sampai, jangan lupa untuk klik tautan verifikasi.
  4. Akhirnya, kamu telah berhasil membuat akun di situs Prakerja.

Cara Melanjutkan Tahap Pendaftaran Prakerja

Setelah kamu berhasil membuat akun di situs Prakerja, saatnya menjalani tahap pendaftaran selanjutnya.

  1. Lakukan log in dan masuk ke area dashboard akun Prakerja kamu
  2. Lakukan verifikasi identitas dengan cara mengisi tanggal lahir, nomor KTP, serta nomor Kartu Keluarga. Pastikan data ini tidak keliru.
  3. Selanjutnya, kamu perlu melengkapi data dirimu dan mengunggah foto KTP.
  4. Lakukan pengisian data di formulir yang tersedia, seperti alamat email, nama lengkap, alamat sesuai KTP, serta bagian-bagian lainnya untuk kebutuhan kelengkapan data. Kamu pun akan diminta mengisi pertanyaan topik pelatihan online apa yang ingin kamu ikuti.
  5. Jangan lupa untuk mengunggah KTP dan mengklik kotak di kiri bawah yang menunjukkan kesediaanmu setelah formulir terisi lengkap.
  6. Selanjutnya, masuk ke tahap verifikasi nomor handphone. Kamu akan menerima SMS yang berisi kode OTP lewat nomor yang sudah kamu daftarkan. Kamu perlu mengisi kode OTP tersebut.
  7. Terakhir, kamu harus mengisi berbagai pernyataan pendaftar yang tersedia sampai selesai.

Manfaat yang bisa didapatkan

Kartu Prakerja memberikan banyak manfaat untuk kita sebagai penerima bantuan. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Kamu bisa mendapatkan pelatihan keterampilan yang sesuai dengan keinginan
  2. Kamu dapat memperoleh bantuan langsung tunai/insentif
  3. Kartu Prakerja dapat membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung pekerja dan perusahaan
  4. Program Prakerja dapat melengkapi pendidikan formal yang ditempuh peserta
  5. Kamu dapat memiliki nilai tambah karena telah memiliki kemampuan tertentu

Itulah informasi lengkap mengenai cara daftar, syarat, dan manfaat yang ditawarkan oleh program Kartu Prakerja. Butuh waktu yang cukup lama untuk mendapatkan kepastian apakah kita menjadi peserta. Namun ada solusi instan untuk kamu yang ingin segera mengikuti pelatihan online tetapi terkendala biaya atau masih menunggu kepastian penerimaan, yaitu dengan memanfaatkan pinjaman instan.

Kredit Pintar sebagai platform pinjaman instan yang diproses secara online bisa menjadi jawaban dari keinginanmu. Selagi menunggu pengumuman program Prakerja, Kamu bisa mencairkan dana dari Kredit Pintar untuk membayar biaya pelatihan. Pinjaman instan Kredit Pintar siap membantumu mewujudkan rencanamu untuk belajar lebih banyak dan punya skill yang kompeten.

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload