5 Kartu Pokemon Termahal dengan Harga Miliaran Rupiah

05 Jul 2022 by Laruan, Last edit: 05 Jul 2022

Penggemar Pokemon wajib mengetahui harga kartu Pokemon termahal di dunia. Harganya memang tidak masuk akal, apalagi setelah pandemi permainan ini semakin populer.

Permainan kartu Pokemon pertama kali dirilis pada 20 Oktober 1996, tiga tahun kemudian permainan ini menjadi sangat populer di seluruh dunia. Bahkan tidak hanya pasar game saja, Pokemon merambah pasar menjadi serial TV animasi di Jepang.

Baca juga: Game NFT: Main Dapat Cuan

Sejak pertama kali dirilis, kartu Pokemon setidaknya sudah dicetak lebih dari 30 miliar kartu. Tidak heran beberapa kartu Pokemon yang langka dibanderol dengan harga sangat hingga, bahkan mencapai miliaran rupiah.

5 Kartu Pokemon Termahal di Dunia

Ternyata kartu pokemon bisa menjadi barang mewah dan mahal, bahkan semakin langka kartunya juga akan semakin mahal harganya. Jangan kaget harga satu kartu pokemon termahal dalam daftar ini seharga 1 unit rumah mewah, cek saja selengkapnya berikut ini.

1998 Japanese Promo Card- HOLO – Illustrator Pikachu – PSA 7 NRMT

Kartu dengan nilai terjual paling mahal sepanjang sejarah dari hasil pelelangan seharga USD 375.000 atau setara 5,345 miliar rupiah. Kartu ini menjadi lebih mahal harganya karena hanya ada 39 buah di dunia.

Sebenarnya kartu ini merupakan hadiah spesial yang hanya diberikan untuk pemenang Kontes Ilustrasi Komik Coro-Coro untuk Pokemon pada tahun 1998. Kolektor kartu Pokemon pasti akan memburu kartu bergambar Pikachu dengan dua kuas yang sangat langka ini.

1st Edition Charizard, Holographic – SGC GOLD LABEL PRISTINE 10

Kartu edisi Charizard yang berhasil dimiliki influencer, Logan Paul seharga USD 369.000 atau sekitar 5,260 miliar rupiah. Paul juga memperlihatkan kartu ini saat bertanding melawan Floyd Mayweather. 

Ternyata kartu edisi Charizard ini merupakan salah satu pokemon paling langka. Charizard juga dikenal menjadi maskot pertama game Pomen dan menjadi salah satu monster paling kuat pada masanya. 

“Backless Blastoise” – Commissioned Presentation Galaxy Star Hologram

Edisi Blastoise ini juga paling langka karena tidak pernah dipasarkan. Bahkan digadang-gadang hanya dicetak dua buah kartu saja, sayangnya kartu satunya hingga kini tidak pernah ditemukan.

Tidak heran kalau Backless Blastoise yang terjual adalah satu-satunya yang ada di dunia, harganya pun terjual sangat mahal yaitu USD 360.000 atau senilai 5,1 miliar rupiah. 

Japanese Promo Card- Family Event Trophy – Holo Kangaskhan

Salah satu kartu Pokemon ini awalnya juga didistribusikan sebagai hadiah untuk pemenang turnamen Parent atau Child Mega Battle di Jepang tahun 1998. Turnamen ini merupakan pertandingan antar keluarga.

Itu lah sebabnya, Holo Kangaskhan menjadi kartu pokemon yang langka di dunia. Bahkan kartu ini terjual saat pelelangan mencapai USD 150.100 atau senilai 2,139 miliar rupiah.

2000 – Neo Genesis 1St Edition Holographic Lugia

Kartu edisi pertama Lugia yang baru saja terjual pada Mei 2021 lalu, harganya sangat fantastis mencapai USD 144.300 atau senilai 2 miliar rupiah. Karakter Lugia merupakan generasi kedua pokemon yang pernah menjadi cover kaset game Pokemon Silver.

Baca juga: Epic Games Free Games yang Seru Dimainkan

Apa Fungsi dari Kartu Pokemon?

Untuk bermain kartu Pokemon, pemain membutuhkan kartu yang harus digunakan setiap kali ingin mengalahkan salah satu pokemon musuh. Setidaknya dalam bermain membutuhkan 60 kartu, dimana sepertiganya adalah kartu energi.

Kartu Pokemon semakin banyak diminati sejak influencer youtuber Logan Paul dan Penguinz0 terus memperlihatkan koleksinya. Ternyata mengumpulkan kartu Pokemon langka seperti investasi emas, harganya bisa semakin meningkat tiap tahunnya.

Untuk mendapatkan kartu Pokemon termahal dan langka biasanya bisa langsung membelinya saat menghadiri pameran TGC dan konvensi. Penggemar kartu Pokemon juga bisa beli kartu-kartu langka langsung dari perusahaan yang menilai kartu.

Jual beli kartu Pokemon cukup menjanjikan juga ya? Sobat Pintar punya koleksi beberapa kartu dan berniat untuk menjualnya? Coba ketahui saja dulu cara mengetahui nilai kartu Pokemon berikut ini.

Cara Mengetahui Kartu Pokemon Bernilai Tinggi

Cara berikut ini tidak hanya bisa mengetahui nilai koleksi kartu Pokemon, tapi sekaligus cara terbaik mengetahui kartu-kartu mana saja yang berpotensi punya nilai jual tinggi.

  1. Cek Tingkat Kelangkaan Kartu

Tingkat kelangkaan kartu memang bukan menjadi satu-satunya faktor yang menentukan nilai kartu. Namun setiap kartu memiliki tingkat kelangkaan yang menentukan adanya kemungkinan kartu terbuka saat di booster pack. 

Simbol yang menandakan kartu Pokemon sangat langka antara lain simbol bintang H atau tiga bintang. Ada pun simbol lain yang menandakan kartu dijual dari produk khusus, untuk mengetahuinya langsung saja cek versi Promo, Deck Kit, atau Boxtopper.

  1. Cari Kartu Berhologram

Kartu Pokemon yang memiliki lapisan perak berkilau pada bagian gambar karakternya biasanya memiliki nilai tinggi. Bahkan beberapa kartu spesial memiliki bagian hologram di sekeliling bingkainya saja. 

  1. Cek Simbol atau Kata Tambahan

Kartu Pokemon yang langka biasanya disebut SP atau  Special Pokemon, lalu diikuti dengan karakter spesial seperti G, GL, 4, C, FB atau M. Biasanya logo SP akan ditemukan pada sudut kiri bawah gambar karakter. 

  1. Cek Kartu Terdahulu

Kartu Pokemon yang berpotensi memiliki nilai jual tinggi biasanya terdapat cap kartu edisi pertama pada bagian bawah dan di sebelah kiri gambar. Cap tersebut menyerupai angka 1 di dalam lingkaran hitam dengan garis cahaya di atasnya.

  1. Cek Nomor Kolektor Pada Kartu

Cara mengenali kartu pokemon langka dengan harga jual nilai tinggi adalah memeriksa nomor kolektor yang ada di pojok kanan bawah kartu. Biasanya kartu langka memiliki nomor kolektor lebih tinggi dari total kartu seharusnya, contohnya 65/64 atau 110/105.

Namun beberapa kartu tidak memiliki nomor, tapi terdapat kode “SH” atau Shining Pokemon. Ada pun yang tidak satupun memiliki nomor ataupun kode, kemungkinan kartu tersebut merupakan produksi terdahulu.

  1. Cek Karakteristik Lain

Beberapa kartu Pokemon dengan nilai tinggi dikenali dari karakteristik yang dijelaskan sebelumnya. Contohnya para kolektor menyebutnya dengan kartu Full Art atau FA yaitu kartu yang ditampilkan di seluruh kartu dengan teks atau tulisan yang dicantumkan di bagian atas kartu. 

Ada pun kartu World Championship yang memiliki bagian belakang berbeda dengan kartu biasa. Kartu ini biasanya tidak boleh dipermainkan dalam turnamen, biasanya hanya dijadikan sebagai barang koleksi saja.

Itu lah cara mengetahui seberapa tinggi nilai kartu Pokemon, kalau Sobat Pintar memiliki kartu lawas sebaiknya cek terlebih dahulu. Segera saja jual kartu tersebut jika memang termasuk langka dan bisa masuk dalam daftar kartu Pokemon termahal. 

Salah satu trik memenangkan permainan kartu Pokemon adalah menggunakan kekuatan spesial untuk menyerang. Nah kartu spesial ini bisa ditemukan dalam daftar kartu Pokemon termahal.

Baca juga: 4 Hal yang Penting Tentang Voucher Game UniPin

Harganya memang cukup mahal, tapi biasanya potensi menang dalam pertandingan sangat besar. Tenang saja, Sobat Pintar bisa mengandalkan pinjaman Kredit Pintar untuk mendapatkan dana mendadak. Proses pengajuannya sangat mudah, aman dan cepat, tentunya sudah terdaftar resmi di OJK. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
05 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download