6 Kampus Jurusan Bisnis Internasional Terbaik di Indonesia

21 Jul 2023 by kreditpintar, Last edit: 18 Jul 2023

Tahap pertama ketika berencana untuk studi berupa kuliah tentu harus memikirkan matang-matang akan mengambil jurusan apa dan di mana. Misalnya ingin mengambil jurusan bisnis internasional, perlu memikirkan kampus yang tepat. Berikut beberapa kampus dengan jurusan bisnis internasional terbaik di Indonesia

6 Kampus Jurusan Bisnis Internasional Terbaik di Indonesia

Baca Juga: Bagaimana Cara Daftar KIP Kuliah & Apa Fasilitasnya? 

Jurusan Bisnis Internasional Terbaik di Indonesia

6 Kampus Jurusan Bisnis Internasional Terbaik di Indonesia

Salah satu jurusan yang memiliki karir cemerlang, bisnis internasional menjadi incaran banyak calon mahasiswa. Berikut ini beberapa kampus yang memiliki jurusan bisnis internasional di Indonesia:

1. Institut Teknologi Bandung

Sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia, Institut Teknologi Bandung menyediakan jurusan bisnis internasional. Mengingat banyaknya peminat di jurusan ini membuat ITB ramai kedatangan calon mahasiswa baru yang mendaftar ke jurusan tersebut.Untuk informasi selengkapnya mengenai jurusan internasional di Institut Teknologi Bandung bisa mengunjungi laman resminya di sbm.itb.ac.id/programakademik/bachelor-of-management/bisnisinternasional   

2. Universitas Padjadjaran

Salah satu kampus dengan jurusan bisnis internasional terbaik di Indonesia adalah Universitas Padjadjaran. Lokasinya sama dengan ITB, yaitu di Bandung yang juga merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia. Bukan berita baru lagi kalau Unpad selalu kedatangan banyak mahasiswa baru dari berbagai macam jurusan termasuk bisnis internasional. Tugas bagi lulusan bisnis internasional adalah untuk mengatasi berbagai permasalahan bisnis yang terjadi di era serba canggih ini. Selain itu, prospek kedepannya untuk jurusan bisnis internasional juga sangat dibutuhkan dalam mengatur perdagangan internasional. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa banyak mahasiswa ingin mendaftar ke Unpad. 

3. Universitas Diponegoro

Masih dengan Universitas Negeri yang juga menyediakan jurusan bisnis internasional, Undip atau Universitas Diponegoro selalu ramai kedatangan mahasiswa baru dari berbagai daerah. Khusus untuk jurusan bisnis internasional, Undip fokus pada teori manajemen dan penerapannya. Adapun pembelajaran pada jurusan tersebut adalah pengantar studi manajemen hingga mengenalkan proses manajemen sumber daya manusia, kewirausahaan, keuangan, operasi, dan pemasaran. Sebagai salah satu kampus dengan jurusan bisnis internasional terbaik di Indonesia, Universitas Diponegoro juga fokus mengajarkan mahasiswanya mengenai komunikasi antar budaya. Oleh karena itu, pihak universitas juga menyelipkan pelajaran lintas budaya. Apabila ingin informasi lebih lanjut mengenai jurusan bisnis internasional di Universitas Diponegoro bisa langsung ke situs resmi kampus terkait. 

4. Universitas Surabaya 

Rekomendasi kampus berikutnya yang juga menyediakan jurusan bisnis internasional adalah Universitas Surabaya. Kali ini datang dari kampus swasta bergengsi di Jawa Timur. Adapun fokus yang diajarkan ke mahasiswa untuk jurusan ini adalah bidang ekonomi bisnis. Mahasiswa akan diajarkan bagaimana caranya membangun jiwa kepemimpinan, pengembangan etika bisnis, dan profesionalisme dalam bisnis. Orientasi tersebut tentu saja tertuju pada kebutuhan masyarakat akan industri bisnis di masa mendatang. 

5. Universitas Indonesia 

Kampus dengan jurusan bisnis internasional terbaik di Indonesia lainnya adalah Universitas Indonesia yang terkenal dengan almamater berwarna kuning. Memang ada banyak sekali jurusan yang tersedia di kampus terbaik ini. Khusus untuk fakultas Ekonomi memiliki tiga jurusan yaitu ilmu akuntansi, ilmu ekonomi, dan ilmu manajemen. Selain Eduniversal, lembaga QS World University mengklaim bahwa Universitas Indonesia memiliki jurusan bisnis terbaik di Indonesia. 

6. Universitas Bina Nusantara 

Terakhir datang dari salah satu kampus elit di Indonesia yaitu Bina Nusantara. Sebagai kampus swasta terbaik, Bina Nusantara juga menyediakan jurusan bisnis internasional yang selalu ramai peminat setiap tahunnya. Jurusan bisnis internasional di Binus memiliki kurikulum yang aplikatif sehingga mahasiswa lebih mudah menerima pembelajaran. Tujuannya adalah setelah lulus dari BINUS, mahasiswa diharapkan langsung bisa bekerja di perusahaan dalam maupun luar negeri. Hal tersebut yang menjadi alasan mengapa kampus ini selalu banyak peminat walaupun uang masuknya mahal. Untuk mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikan di bisnis internasional BINUS bisa langsung mengunjungi situs resminya.

Baca Juga: Info Beasiswa Kuliah Indonesia dan Luar Negeri | Kredit Pintar

Prospek Kerja Lulusan Sarjana Bisnis Internasional

Setelah tahu di mana saja kampus denga jurusan bisnis internasional terbaik di Indonesia berikutnya adalah prospek kerja atau profesi yang bisa digeluti oleh para lulusan. Profesi di bawah ini diperuntukkan bagi semua lulusan dari kampus swasta maupun negeri.

1. Manajer Penjualan dan Pemasaran 

Profesi pertama adalah sebagai seorang manajer pemasaran dan penjualan. Tugasnya adalah bertanggung jawab atas segala proses penjualan di perusahaan. Selain itu, manajer juga memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan tujuan dan mengawasi kinerja dari pegawai. Seorang manajer juga harus memastikan bahwa setiap penjualan yang dilakukan oleh perusahaan bisa membuahkan hasil. Selain itu, lulusan bisnis internasional juga ditugaskan untuk mengatur strategi penjualan sesuai dengan perkembangan bisnis internasional.

2. Konsultan Valuta Asing

Lulusan bisnis internasional juga bisa menjadi seorang konsultan valuta asing. Tugas utama seorang konsultan valuta asing adalah mengurus masalah investasi internasional. Nantinya, konsultan akan melakukan analisis dan meneliti nilai tukar di pasar dunia. Seorang konsultan valuta asing harus memiliki kemampuan dalam berkomunikasi, bisa merekrut klien, dan memahami teknik penjualan. Biasanya perusahaan internasional atau startup membutuhkan profesi ini.

3. Profesor Bisnis

Para lulusan dari jurusan bisnis internasional terbaik di Indonesia juga bisa mengabdikan dirinya menjadi seorang profesor di kampus. Akan tetapi, jika ingin menjadi seorang profesor maka harus menempuh pendidikan hingga ke jenjang doktor atau S3.Tidak hanya mengajar, Anda juga bisa berkontribusi terhadap perkembangan ekonomi dengan membuat artikel ilmiah terkait bisnis internasional. 

4. Akuntan atau Manajer Keuangan 

Profesi berikutnya adalah sebagai seorang akuntan atau manajer keuangan. Memang ada banyak akuntan yang tidak memiliki latar belakang bisnis, akan tetapi dalam prakteknya profesi ini membutuhkan kemampuan untuk menganalisa perkembangan bisnis.Kemampuan tersebut bisa Anda dapatkan dengan menempuh kuliah di jurusan bisnis internasional. Dengan begitu kesempatan Anda untuk diterima di perusahaan menjadi lebih besar. 

5. International Business Analyst

Menjadi seorang business analyst di kancah internasional juga merupakan prospek untuk para lulusan jurusan bisnis internasional terbaik di Indonesia. Adapun tugas utamanya adalah menganalisa potensi, strategi, dan pembiayaan dalam bisnis dunia. Bisnis analis tidak hanya dibutuhkan di perusahaan dalam negeri saja melainkan juga dari perusahaan luar. Dengan begitu kesempatan Anda untuk mengenal budaya luar akan semakin besar. Beberapa perusahaan yang membutuhkan jurusan sebagai bisnis analis adalah perusahaan pariwisata dan transportasi. 

6. Perwakilan Penjualan Internasional

Profesi lain yang cocok untuk alumni bisnis internasional adalah sebagai perwakilan penjualan internasional. Semua perusahaan dalam negeri tentu ingin melebarkan sayapnya ke kancah dunia sehingga membutuhkan seorang perwakilan penjualan. Hal ini karena hanya lulusan dari bisnis internasional saja yang memiliki kemampuan untuk menjadi perwakilan penjualan di kancah dunia. Mahasiswa sudah dibekali kemampuan dalam menganalisa budaya atau tren dunia.

Baca Juga: Begini Cara Dapatkan Pinjaman Pendidikan Bunga Rendah Tanpa Jaminan | Kredit Pintar

Ada banyak kampus yang menyediakan jurusan bisnis internasional terbaik di Indonesia. Biayanya memang besar kalau memilih masuk kampus swasta. Tapi tenang saja karena Anda bisa meminta bantuan dari Kredit Pintar. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
18 Jul 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download