JBA Lelang Mobil Berkualitas dan Terpercaya

10 Oct 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 10 Oct 2022

JBA lelang mobil merupakan perusahaan yang menjalankan lelang otomotif. Mempunyai visi menyediakan wadah jual beli berupa kendaraan dan menjadi tempat paling diandalkan di Indonesia. 

Lelang mobil JBA terus memperluas jaringan dengan menawarkan berbagai pilihan kendaraan lelang mulai dari mobil, motor, alat berat dan saat ini berkembang ke kendaraan niaga. 

JBA Lelang Mobil Berkualitas dan Terpercaya

Daftar Kendaraan dan Jadwal JBA Lelang Mobil 

Lelang mobil JBA telah mempunyai 22 hub dengan 15 cabang dan melakukan pelelangan lebih dari satu juta kendaraan bekas. Pelelangan kendaraan hingga alat berat sudah dimulai sejak tahun 2011.

Peserta yang terdaftar berjumlah 70.000, menjalin kerja sama dengan 400 dealer kendaraan bekas dan di dalamnya hampir 300 perusahaan melelang kendaraanya. Mempunyai layanan unggulan yaitu kemudahan berpartisipasi lelang dengan sistem lelang online. 

Selain itu perusahaan JBA lelang mobil ini juga bekerja sama dengan perusahaan finansial terpercaya untuk memudahkan transaksi pelelangan.

Pembelian dan pembayaran lelang dapat dilakukan dengan sistem kredit. Tersedia berbagai pilihan kredit yang menyesuaikan dengan minat dan kebutuhan Anda. Caranya sangat mudah, cukup dengan melakukan klik pada pilihan kredit dari perusahaan finansial yang telah tersedia. 

Setelah Anda melakukan klik, berarti Anda telah memilih salah satu sistem kredit dari perusahaan finansial mitra. Setelah itu akan diproses oleh pihak perusahaan finansial tersebut untuk diterima atau ditolak.

Informasi lebih lanjut bisa langsung menghubungi salah satu perusahaan finansial kredit mobil. Salah satu mitra yang banyak dipakai yaitu Kredit Pintar. 

JBA Lelang Mobil Berkualitas dan Terpercaya

Daftar Kendaraan Paling Banyak Dicari

Tersedia ratusan lot lelang kendaraan JBA lelang mobil yang bisa dipilih. Anda bisa memilih dari tahun kendaraan, harga jarak tempuh hingga jenis transmisi. Setidaknya ada lebih dari 700 lot yang bisa dibayar saat lelang.

Pilih satu atau beberapa yang menurut Anda paling tepat. Beberapa kendaraan yang menjadi incaran saat pembukaan lelang adalah sebagai berikut:

  1. Toyota Innova  tahun 2017 dengan transmisi BBM solar
  2. Suzuki Ciaz tahun 2015 transmisi BBM bensin
  3. Honda Brio tahun 2022 transmisi BBM bensin
  4. Mitsubishi Xpanader tahun 2021 transmisi BBM bensin
  5. Toyota Sienta tahun 2018 transmisi BBM bensin
JBA Lelang Mobil Berkualitas dan Terpercaya
  1. Mitsubishi Pajero Sport tahun 2013 BBM solar
  2. Mitsubishi FE tahun 2009 transmisi BBM solar
  3. Honda Jazz GE8 tahun 2013 transmisi BBM bensin
  4. Toyota Fortuner tahun 2014 transmisi BBM solar
  5. Mercedes Benz Sprinter tahun 2017 transmisi BBM solar
  6. Daihatsu Gran Max tahun 2022 transmisi BBM bensin
  7. Toyota Avanza tahun 2019 transmisi BBM bensin
  8. Mitsubishi L tahun 2021 transmisi BBM solar
  9. Toyota Calya tahun 2021 transmisi BBM bensin
  10. Toyota Navi tahun 2016 transmisi BBM bensin
  11. Suzuki ST 150 Futura tahun 2003 transmisi BBM bensin
  12. Honda HRV tahun 2016 transimsi BBM bensin

Jadwal Lelang Mobil JBA Bulan Agustus

Memasuki bulan Agustus 2022, berikut jadwal JBA lelang mobil dimulai tanggal 11 Agustus 2022. Tanggal 11 diadakan di beberapa kota besar di Indonesia yaitu Bandung, Lampung, Banjarmasin, Jakarta, Jambi, Makassar, Pekanbaru dan Semarang.

Lalu dilanjutkan tanggal 16 Agustus 2022 di kota Balikpapan, Jakarta ada ada dua wilayah, Medan, Manado, Palembang, Pontianak dan Surabaya. 

Kemudian untuk tanggal 18 Agustus 2022 berada di kota Bandung, Lampung, Banjarmasin, Jakarta, Jambi, Makassar, Pekanbaru dan Semarang.

Jadwal berlanjut ke tanggal 23 Agustus 2022 berada di kota Balikpapan, Jakarta ada di dua wilayah, Medan, Palembang, Pontianak dan Surabaya. Kemudian di tanggal 25 ada di kota Bandung, Lampung, Banjarmasin, Jakarta, Jambi, Makassar, Pekanbaru dan Semarang. 

Terakhir tanggal 30 Agustus 2022 di kota Balikpapan, Jakarta dua wilayah, Medan, Manado, Palembang, Pontianak dan Surabaya. 

Tata Cara Mengikuti Lelang Mobil JBA 

Pertama pendaftar harus mendaftarkan diri ke situs resmi dari JBA lelang mobil. Setelah selesai melakukan pendaftaran, cara selanjutnya adalah melakukan pengecekan unit mobil yang masuk kategori lelang. Pelelang akan memberikan informasi mengenai jenis kendaraan selama sesi open house.

Saat open house, pastikan Anda melakukan pengecekan unit kendaraan secara detail. Anda tidak bisa melakukan pengecekan di akhir ketika proses ini sudah selesai. 

Anda akan diminta menyerahkan jaminan uang tunai sebesar 5 juta rupiah. jaminan tersebut digunakan untuk membayar lot dari lelang kendaraan atau untuk membeli slot atau peluang. Jika ingin membeli beberapa barang lelang maka harus bayar beberapa biaya sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Lelang JBA:Cara Ikut, Bayar, dan Jadwal Lelang | Kredit Pintar

Langkah selanjutnya yaitu mengikuti sesi lelang kendaraan secara resmi. Pastikan jaminan lot kendaraan lelang sudah diserahkan kepada pelelang ataupun melalui nomor rekening yang telah diinfokan.

Peserta harus mendapatkan NIPL (Nomor Induk Peserta Lelang) untuk bisa mengikuti lelang mobil JBA

Cara mendapatkan NIPL dengan memberikan bukti jika sudah membayar jaminan. Lengkapi dengan fotokopi dari indentitas maupun KTP di konter JBA. 

Sistem pelelangan akan dipandu oleh pejabat lelang yang sedang bertugas. Bid untuk memulai lelang dimulai dari 500 ribu rupiah untuk mobil. Penawar tertinggi adalah pemenang lelang. 

Setelah menang lelang, selanjutnya yaitu wajib melakukan pembayaran kemenangan lelang. Batas waktu yang diberikan untuk membayar lelang yaitu 5 hari terhitung dari tanggal pelelangan. Caranya hanya perlu menyodorkan bukti pembayaran beserta serah terima dokumen di JBA lelang mobil

Jika dalam waktu 5 hari setelah pelelangan tidak kunjung dibayarkan, maka pemenang akan diberikan wanprestasi.

Wanprestasi merupakan pembatalan sebagai pemenang. Selain itu, uang yang dijadikan jaminan untuk pembayaran lot di awal pelelangan tidak akan kembali.

Sebaliknya, jika kalah dalam JBA lelang mobil, maka uang lot kendaraan di awal akan dikembalikan secara utuh tanpa adanya potongan. Maka dari itu setiap peserta harus menyimpan NIPL dengan baik.

NIPL harus dikembalikan bagi peserta yang kalah sebagai ganti uang jaminan dapat kembali. Jika NIPL hilang, peserta akan dikenakan denda sebanyak Rp.100.000. 

Kelebihan Mengikuti Lelang Mobil JBA

Jika Anda merupakan peserta pertama atau pemula dalam pelelangan, ada baiknya membaca lebih banyak informasi tentang lelang. Salah satunya adalah aturan yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Ini akan sangat membantu berjalannya pelelangan. Anda juga bisa menerapkan tips yang banyak disarankan untuk memenangkan lelang, berikut kelebihannya.

  1. Memilih beberapa kendaraan dengan harga miring
  2. Anda bisa memilih kendaraan seperti truk maupun bis
  3. Dapat memeriksa langsung kendaraan lelang
  4. Dapat memeriksa keaslian dokuman
  5. Dapat memeriksa harga pasar 
  6. Dapat juga menjual kendaraan melalui lelang

Itulah berbagai informasi dari JBA lelang mobil mulai dari jadwal, data kendaraan paling banyak disukai, tata cara lelang hingga melakukan pembayaran serta kelebihan mengikuti pelelangan.

Pelelangan di JBA tidak hanya bisa membeli hasil mobil lelang, namun juga bisa menjualnya. Anda juga bisa membeli maupun menjual kendaraan lain seperti motor dan bis.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
10 Oct 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download