Ini Manfaat Buah Markisa yang Baik Bagi Tubuh

06 Aug 2021 by Laruan

Faktanya, ada banyak manfaat buah markisa yang bisa didapat selain dijadikan sebagai bahan membuat minuman segar. Apa yang terlintas di pikiran begitu mendengar nama markisa? Bayangan daging dan bulir buah berwarna kuning, dengan tampilan biji yang mencolok tapi kaya akan kandungan air tak jarang membuat buah satu ini kerap dijadikan olahan minuman segar yang diandalkan untuk melepas dahaga. 

Ini Manfaat Buah Markisa yang Baik Bagi Tubuh

Markisa merupakan salah satu buah yang berasal dari daerah tropis dan sub tropis di wilayah Amerika, dengan bentuk bulat dan mempunyai biji berselaput kuning. Di Indonesia sendiri ada dua jenis markisa yang umum ditemui, yaitu markisa yang tumbuh di dataran tinggi dan markisa kuning yang tumbuh di dataran rendah.

Buah markisa popular karena rasanya yang tidak hanya manis, namun juga asam dan menyegarkan di saat yang bersamaan. Sama seperti buah lainnya, tentu markisa yang tumbuh baik di daerah subur ini juga memiliki berbagai macam kandungan nutrisi yang dapat memberikan khasiat baik bagi tubuh orang yang mengkonsumsinya.

Berdasarkan data yang dimiliki oleh Fatsecret Australia, berikut beberapa kandungan nutrisi yang bisa didapat dari setiap 100 gram markisa:

  • Protein: 2,2 gram
  • Karbohidrat: 23,38 gram
  • Serat: 10,4 gram
  • Kalsium: 27 mg
  • Fosfor: 203 mg
  • Zat besi: 1,4 mg
  • Natrium: 28 mg
  • Kalium: 348 mg
  • Vitamin B3: 2 mg
  • Vitamin C: 10 mg

Dari sekian banyak kandungan nutrisi yang terkandung di atas, apa saja manfaat buat markisa yang bisa didapatkan bila dikonsumsi secara rutin? Berikut detailnya.

1. Meminimalisir risiko anemia

Bagi anda pemilik gejala anemia, khasiat buah markisa dapat membantu resiko kambuhnya darah rendah berkat kandungan vitamin C. Terbukti, vitamin C berguna untuk membantu penyerapan zat besi. 

Zat besi sangat berguna untuk memproduksi sel darah merah. Jadi, bila kadar zat besi di dalam tubuh seimbang, maka mereka yang mengkonsumsi markisa tidak akan mengalami kekurangan sel darah merah akibat anemia.

2. Mencegah osteoporosis

Markisa terbukti baik untuk kesehatan tulang berkat kandungan mineral  untuk menyusun rangka tulang sehingga kepadatannya terjaga dan terhindar dari osteoporosis. Beberapa mineral yang terkandung dalam markisa dan berperan penting dalam hal ini di antaranya kalsium, fosfor, dan zinc.

3. Membantu memelihara jantung

Berdasarkan hasil riset yang dipublikasi oleh Nutrients, markisa memiliki banyak kandungan serat yang tidak hanya baik untuk pencernaan, tetapi juga berperan untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

Sistemnya, serat membantu mengeluarkan kolesterol dalam pembuluh darah sehingga kandungan serat dan kalium pada buah markisa sangat berguna untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kekinian di mana semua orang dituntut untuk memiliki daya tahan tubuh yang bagus agar terhindar dari virus dan penyakit, khasiat buah markisa bisa sangat membantu berkat kandungan vitamin C yang bekerja sebagai antioksidan, yang menangkal radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan membantu penyerapan zat besi.

5. Memelihara mata

Manfaat buat markisa lain yang dapat didapatkan adalah terpeliharanya bagian mata yang bisa mendapatkan asupan vitamin A yang berasal dari biji-bijian dari buah markisa. Tidak hanya untuk kesehatan mata, vitamin A juga diketahui dapat menjaga kesehatan sel dan kekebalan tubuh.

6. Konsumsi mariska untuk melancarkan pencernaan

Banyaknya kandungan serat dan vitamin C yang dimiliki nyatanya juga bisa membuat khasiat buah markisa banyak membantu dalam melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit yang sering dialami oleh kebanyakan orang.

7. Mencegah penuaan dengan menikmati markisa

Buah markisa memiliki beberapa kandungan antioksidan seperti beta karoten, polifenol, dan vitamin C. Nyatanya, antioksidan punya peran besar dalam menangkal radikal bebas yang berbahaya untuk sel tubuh manusia. 

Radikal bebas diketahui mampu membuat wajah mengalami penuaan dini. Jadi, manfaat buah markisa lain yang bisa didapat oleh mereka yang mengonsumsinya secara rutin juga dapat ditujukan agar wajah tetap sehat.

Itu dia beberapa manfaat buah markisa yang bisa didapat dan sangat berkhasiat bagi mereka yang mengkonsumsi buah ini secara rutin. Namun, yang perlu diperhatikan adalah manfaat buah markisa belum tentu bisa dirasakan oleh beberapa orang terutama mereka yang memiliki alergi lateks.

Bukannya berkhasiat, orang yang memiliki alergi lateks berisiko mengalami alergi dari mengkonsumsi buah markisa, jadi ada baiknya melakukan pemeriksaan atau mencoba mengkonsumsi buah markisa dalam jumlah sedikit lebih dahulu.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload