Ini Keuntungan Menggunakan Aplikasi Pinjaman Tunai Online

13 May 2021 by kreditpintar
aplikasi pinjaman online

Terkadang kita tidak mempersiapkan dana simpanan untuk menghadapi keadaan-keadaan darurat seperti saat terjadinya kecelakaan, penyakit mendadak, keluar dari pekerjaan (PHK), bencana alam, dan lain-lain. Tidak jarang keadaan-keadaan darurat tersebut membutuhkan dana yang besar dan harus dipenuhi dalam waktu singkat untuk menghindari terjadinya kemungkinan-kemungkinan yang lebih buruk lagi. Pinjaman online hadir sebagai solusi bagi kebutuhan dana darurat. Salah satu layanan pinjaman online terpercaya adalah Kredit Pintar yang menawarkan pinjaman dengan persyaratan mudah dan proses pinjaman dapat dengan mudah diakses via aplikasi pinjaman online di smartphone, menjadi salah satu kelebihan menggunakan fintech lending ini.

Sebelum membahas apa saja kelebihan menggunakan fintech lending, lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu seluk beluk pinjaman online. Pinjaman online adalah fasilitas pinjaman atau kredit yang dapat diajukan melalui aplikasi smartphone secara online. Fasilitas pinjaman online di Indonesia berkembang cukup pesat dalam kurun waktu dua tahun terakhir, ditandai dengan bermunculannya perusahaan-perusahaan fintech yang menyediakan aplikasi layanan pinjaman online di smartphone. Hal ini menjadi tren baru dalam dunia keuangan, dimana proses pengajuan pinjaman yang biasanya dikenal lama dengan persyaratan yang rumit telah beralih ke pinjaman dengan proses cepat dengan persyaratan ringan. Kemudahan dan kecepatan inilah yang menjadi daya tarik utama pinjaman online. 

Keuntungan menggunakan aplikasi pinjaman online

1. Dapat dilakukan secara online via smartphone

Hal pertama yang menjadi kelebihan menggunakan fintech lending adalah proses pinjaman yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan smartphone. Hal ini tentunya dapat memudahkan kita dalam mengajukan pinjaman, terutama saat dihadapkan dengan keadaan-keadaan darurat. Mengajukan pinjaman ke bank akan terasa menyulitkan dalam keadaan tersebut, karena akan memakan waktu untuk datang ke bank.

2. Persyaratan mudah

kelebihan menggunakan fintech lending berikutnya adalah persyaratan yang mudah dan tidak memerlukan jaminan apapun. Untuk mengajukan pinjaman online kita hanya perlu mengisi data pribadi pada aplikasi, tanpa harus melewati proses wawancara terlebih dahulu. Proses verifikasi data juga dilakukan dengan cepat dan setelah itu pinjaman dapat langsung diajukan. Persyaratan yang harus dimiliki untuk mengajukan pinjaman online adalah KTP, email pribadi, dan rekening bank pribadi. Selain itu pengajuan pinjaman online tidak memerlukan jaminan seperti kendaraan, rumah dan surat-surat berharga lainnya. 

3. Cepat cair

Lama waktu pencairan dana yang sangat cepat merupakan kelebihan menggunakan fintech lending yang sangat membantu kita terutama dalam keadaan darurat. Sebagai contoh, pinjaman online yang diajukan di Kredit Pintar hanya memerlukan waktu 5 menit dan dana pinjaman sudah langsung ditransfer ke rekening yang telah didaftarkan. Sangat berbeda dengan pinjaman yang diajukan melalui bank, biasanya akan membutuhkan waktu yang lebih lama dalam hitungan hari bahkan minggu. Terkadang dalam keadaan darurat kita membutuhkan dana pinjaman yang cepat ditransfer, sehingga meminjam dana ke bank dirasa menjadi kurang efektif dalam mengatasi permasalahan tersebut.

4. Suku bunga rendah

Suku bunga yang ditawarkan aplikasi pinjaman online sangat bersaing dan tidak memberatkan. Pinjaman online memberikan suku bunga yang rendah sehingga tagihan saat pengembalian data tidak membengkak. Selain itu suku bunga pinjaman online selalu bernilai tetap tidak seperti pinjaman di bank yang mengikuti perkembangan suku bunga di pasar keuangan. Sebelum melakukan pinjaman, aplikasi pinjaman online biasanya membuat perincian jumlah pengembalian dana. Hal ini tentunya memudahkan kita dalam memperkirakan jumlah dana yang harus dikembalikan sehingga dapat mengajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. 

5. Tenor pinjaman fleksibel

kelebihan menggunakan fintech lending yang sangat menarik adalah tenor atau jangka waktu pinjaman yang fleksibel. Kita dapat menyesuaikan jangka waktu pengembalian dana pinjaman sesuai dengan kemampuan. Misalnya, tenor pinjaman yang diberikan sangat bervariasi mulai dari 30 hingga 360 hari yang dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini tentunya sangat menarik daripada pinjaman langsung ke bank yang biasanya menyediakan tenor minimal 6 bulan, yang belum tentu waktu selama itu dibutuhkan oleh semua orang. 

6. Jumlah bervariasi untuk keperluan apa saja

Poin terakhir yang menjadi kelebihan menggunakan fintech lending adalah dana pinjaman yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari biaya pengobatan, pendidikan, modal usaha hingga kebutuhan belanja dan gaya hidup. Jumlah dana pinjaman yang diberikan sangat bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta. Jumlah pinjaman ini dapat kita sesuaikan dengan keperluan dan kemampuan mengembalikan pinjaman. 

Cara mengajukan pinjaman online

Keuntungan menggunakan aplikasi pinjaman online adalah cara pengajuan pinjaman yang mudah, berikut adalah proses pengajuannya:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengunduh aplikasi pinjaman online melalui website resmi Kredit Pintar atau dapat langsung mengunduh aplikasi di play store.
  2. Setelah selesai mengunduh, isi formulir pendaftaran pada aplikasi pinjaman online dengan mengisi informasi pribadi peminjam. Informasi pribadi yang harus diisikan seperti identitas diri, informasi rekening bank pribadi, dan informasi pekerjaan dan penghasilan.
  3. Tahap selanjutnya adalah menunggu verifikasi data. Verifikasi data ini diperlukan untuk keamanan transaksi keuangan dimana seluruh data akan diawasi oleh Bank Indonesia dan OJK.
  4. Setelah data berhasil diverifikasi, pinjaman dapat langsung dilakukan berdasarkan limit pinjaman dan tenor yang disediakan. Keuntungan menggunakan aplikasi pinjaman online adalah sebelum meminjam kita dapat melihat rincian jumlah dana yang harus dikembalikan beserta bunganya. 
  5. Terakhir adalah menunggu 3 menit dan secara otomatis sejumlah dana pinjaman langsung masuk ke rekening yang telah didaftarkan. 

Itulah enam keuntungan menggunakan aplikasi pinjaman online dan cara mengajukan pinjaman online langsung dari smartphone. Seperti yang telah dijelaskan diatas, pinjaman online menjadi salah satu solusi mudah untuk melakukan pinjaman. Cepat cair dan tanpa jaminan menjadi slogan utama hampir semua aplikasi layanan pinjaman online, selain itu proses pengajuan pinjaman online tidak membutuhkan waktu yang lama dan tidak memerlukan persyaratan-persyaratan yang menyulitkan.

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload