Ingin Beli Rumah? Ini Syarat dan Cara Daftar KPR Mandiri

Ingin Beli Rumah? Ini Syarat dan Cara Daftar KPR Mandiri

28 May 2021 by kreditpintar
Ingin Beli Rumah? Ini Syarat dan Cara Daftar KPR Mandiri

Memiliki rumah adalah impian yang gagal dipenuhi banyak orang dalam hidup mereka. Butuh waktu, tenaga dan pengorbanan banyak keinginan untuk mengumpulkan modal yang cukup untuk membeli rumah. Tenang, PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk memberikan kemudahan bagi Anda dengan produk KPR Mandiri.

Persyaratan Pinjaman KPR Mandiri

Seperti pinjaman lainnya, tentunya ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, salah satunya adalah persyaratannya. Apa saja syarat yang harus ada saat Anda mengajukan Kredit Pemilikan Rumah dari Mandiri?

1. Usia minimal 21 tahun dan juga maksimal 55 tahun bagi Anda yang karyawan atau 60 tahun untuk profesional dan pengusaha.

2. Pengambil Kredit Pemilikan Rumah dari haruslah WNI (Warga Negara Indonesia) dan juga harus berdomisili di Indonesia. Jadi, tidak bisa WNI yang saat ini sedang tinggal di luar negeri. Anda juga harus sudah memiliki KTP.

3. Anda harus memiliki penghasilan yang tetap dengan maturity (usia kerja) selama minimal 1 tahun. Atau untuk pengusaha dan profesional, Anda harus sudah bekerja di bidang yang sama selama minimal 2 tahun. Jadi selama 2 tahun ke belakang, Anda belum pernah melakukan pindah bidang.

Itu adalah 3 syarat yang harus dipenuhi oleh calon nasabah saat mengajukan Kredit Pemilikan Rumah dari Mandiri.

Dokumen Persyaratan

Selain syarat yang harus dipenuhi, ada juga beberapa dokumen yang harus dipersiapkan oleh calon pemohon saat mengajukan Kredit Pemilikan Rumah dari di Bank Mandiri.

  1. Formulir aplikasi yang telah diisi lengkap dan benar
  2. Fotokopi KTP milik pemohon dan fotokopi KTP pasangan jika sudah menikah
  3. Fotokopi Buku Nikah atau Surat Cerai bagi yang sudah tidak dalam status menikah namun pernah menikah. Untuk dokumen pendukung bagi perceraian, bawa juga fotokopi surat keterangan pisah harta yang sudah ditandatangani notaris.
  4. Fotokopi NPWP pemohon
  5. Slip gaji (bagi karyawan) atau surat keterangan penghasilan (pengusaha dan professional) bulan terakhir.
  6. Fotokopi Kartu Keluarga
  7. Surat pernyataan tentang kredit properti yang saat ini sedang dimiliki jika Anda sudah punya Kredit Pemilikan Rumah lainnya.
  8. Fotokopi rekening koran

Selain itu, untuk wiraswasta, ada beberapa dokumen tambahan sebagai syarat dan ketentuan yang diperlukan fotokopi dokumen usaha seperti:

  • SIUP
  • TDP
  • NPWP Badan Usaha
  • Akta Pendirian/Perubahan
  • Fotokopi Buku Tabungan Perusahaan selama 3 bulan terakhir

Khusus untuk Profesional, Anda wajib menyiapkan beberapa dokumen berikut sebagai syarat dan ketentuan.

  • Fotokopi Izin Praktek

Selain beberapa dokumen di atas, Anda juga nantinya wajib menyerahkan beberapa fotokopi dokumen berikut yang didapat dari rumah yang akan Anda ajukan.

  • Sertifikat Hak Milik / Hak Guna Bangunan / Strata Title (untuk apartemen)
  • Ijin Mendirikan Bangunan
  • Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan
  • Akta Jual Beli

Itulah beberapa dokumen yang harus dipersiapkan sebelum mengajukan Kredit Pemilikan Rumah dari Mandiri. Pastikan Anda sudah mempersiapkan semua dokumen di atas sesuai dengan pekerjaan Anda apakah karyawan, pengusaha, atau profesional.

Jenis-Jenis Produk KPR Mandiri

Selain persyaratannya, Anda juga harus setidaknya mengerti beberapa jenis Kredit Pemilikan Rumah dari Mandiri yang tersedia untuk Anda. Berikut ini adalah beberapa jenis Kredit Pemilikan Rumah dari dari Bank Mandiri.

1. KPR Take Over

Jenis produk ini merupakan produk Mandiri yang memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin mendapatkan rumah take over atau rumah yang dijual oleh pemiliknya dalam status masih menjadi jaminan untuk pinjaman Kredit Pemilikan Rumah alias masih ada cicilan per bulannya.

2. Mandiri KPR Top Up

Jenis produk ini terbilang cukup unik karena memberikan kemudahan bagi nasabah untuk mengajukan pinjaman lagi dengan jaminan rumah yang di-KPR-kan dengan syarat tidak ada kendala pembayaran selama setahun terakhir.

Produk ini sangat cocok untuk Anda yang sedang Kredit Pemilikan Rumah dan tiba-tiba membutuhkan dana yang cukup besar secara mendadak tanpa adanya persiapan. Dengan produk ini, Anda tidak perlu mengajukan jaminan baru, namun Anda menambah pinjaman Kredit Pemilikan Rumah Anda.

3. Mandiri Kredit Pemilikan Rumah Flexible

Untuk Kredit Pemilikan Rumah yang satu ini, Anda bisa melunasi rumah Anda dengan bayaran yang fleksibel dan tidak ditetapkan per bulan atau per tahun. Namun, Anda memiliki jangka waktu pelunasan yang tetap dan Anda bebas melunasi dengan fraksi pembayaran selama periode pelunasan itu. Untuk Anda yang ingin melunasi rumah dengan cepat dan sudah memiliki jaminan pemasukan yang besar, maka ini bisa jadi pilihan.

4. Mandiri Kredit Pemilikan Rumah Angsuran Berjenjang

Angsuran berjenjang adalah jenis angsuran yang membebaskan Anda dari bunga yang besar bila dilakukan angsuran normal dengan tenor puluhan tahun. Dengan begini, biaya total yang dihabiskan akan lebih murah.

Rumah Impian dengan KPR Mandiri

Setiap orang ingin membeli rumah impian mereka, tetapi sangat sulit untuk menabung untuk sebuah rumah ketika ada banyak masalah lain yang harus diatasi. Setiap kali seseorang mulai menabung untuk sebuah rumah; masalah lain menghadang.

Sekalipun seseorang mampu mengumpulkan uang sebanyak itu, pada saat mereka mampu melakukannya, harga properti itu naik. Dengan pinjaman rumah, daya beli seorang individu meningkat dan mereka dapat membeli rumah impian mereka!

Keunggulan Yang Didapatkan Nasabah

Nah, dengan berbagai syarat dan ketentuan dari pihak bank, Anda bisa mengajukan pinjaman Kredit Pemilikan Rumah dengan sangat mudah.

  1. Suku Bunga Rendah

Keunggulan lain dari pinjaman rumah adalah suku bunga rendah. Ancaman terbesar bagi pemberi pinjaman adalah bahwa peminjam tidak dapat membayar kembali pinjaman tersebut. Dalam hal pinjaman rumah, jika peminjam gagal melunasi pinjaman, pemberi pinjaman dapat menjual rumah untuk mengambil uangnya kembali, dan inilah yang memberlakukan tingkat bunga pinjaman yang rendah dibandingkan dengan yang lain.

Seperti halnya Kredit Pemilikan Rumah Mandiri. Anda akan mendapatkan bunga yang cukup rendah dibandingkan jika Anda meminjam dengan program pinjaman non KPR. Merupakan keunggulan yang menarik, bukan?

  1. Kemudahan dalam Pembayaran

Pinjaman rumah yang diambil tidak harus dibayar sekaligus. Seorang peminjam dapat melunasi hutangnya dengan angsuran bulanan. Jumlah cicilan bulanan lebih rendah dari pendapatan bulanan seseorang, yang lebih mudah dibayar. Lamanya waktu di mana seseorang harus membayar kembali pinjamannya dapat dipilih berdasarkan usia dan tahun-tahun yang tersisa untuk pensiun mereka.

Ini adalah sebuah keunggulan yang akan didapatkan oleh nasabah.

Kapan membeli rumah menggunakan dana sendiri

Tidak ada jawaban tunggal untuk dilema “dana sendiri vs. pinjaman rumah”. Menggunakan dana Anda sendiri untuk membeli rumah bisa menjadi langkah yang baik ketika Anda benar-benar yakin bahwa itu tidak akan mempengaruhi tujuan keuangan penting Anda lainnya dan Anda akan memiliki cukup likuiditas bahkan setelah melakukan pembayaran.

Melakukannya bisa menjadi pilihan yang layak bahkan bagi mereka yang merasa tidak nyaman dalam menangani hutang jangka panjang. Meski begitu, jika Anda membutuhkan dana cepat, tidak ada salahnya mengajukan pinjaman yang non Kredit Pemilikan Rumah seperti pinjaman berbasis fintech dari Kredit Pintar yang bisa membantu Anda untuk pendanaan jangka pendek dan menengah.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk