Impor dari Cina: Praktis, mudah dan bersahabat

24 Sep 2021 by Laruan

Ingin memulai bisnis dengan cara jualan online? Tapi tidak punya cukup modal untuk mendapatkan stock barang untuk dijual ke pelanggan. Sudah saatnya Anda mengikuti langkah para supplier sukses di luar sana dengan menjadi importir dari China. Terdapat beberapa alasan mengapa banyak orang rela melakukan impor dari China padahal banyak barang yang tersedia di dalam negeri. 

Impor | UKM Indonesia

Bisnis impor dari China kian diminati oleh banyak pengusaha dan calon pengusaha. Selain karena harga yang murah, proses pengiriman barang dari luar negeri ini juga ternyata tidak begitu sulit. Perkembangan teknologi informasi dan transportasi yang begitu pesat membuat bisnis ini semakin besar. Pengiriman barang dapat dilakukan dengan mudah dan dalam waktu yang singkat. 

Alasan mengapa impor barang dari China

1.    Harga yang murah

Satu alasan yang paling mendasar, yaitu harga yang amat sangat murah. Jauh jika dibandingkan dengan barang-barang yang disediakan oleh supplier lokal. Padahal kualitasnya cenderung sama. Jika Anda pernah belanja di beberapa marketplace di Indonesia, seperti lazada, tokopedia atau shopee Anda akan melihat selisih harga hingga dua sampai lima kali lipat jika dibandingkan dengan barang-barang yang diproduksi oleh China. 

China berani menekan harga produksi secara besar-besaran untuk menghasilkan barang yang murah. Dengan harga yang terjangkau tersebut, mereka bisa menjual jutaan produk dalam sehari.

2.    Produk berkualitas

Meskipun memiliki harga yang tidak masuk akal murahnya. Bukan berarti mereka memiliki kualitas yang ala kadarnya. Produk yang diciptakan oleh mesin-mesin China pasti sudah memenuhi standar yang berlaku di negara itu. Kualitasnya tidak kalah dengan produk-produk dalam negeri yang berlabel SNI.

Bahan-bahan yang digunakan dalam proesea produksi serta teknik perakitannya sudah sama canggihnya dengan yang ada di negara lain. China tidak akan rela jika pelangganya pergi, sehingga mereka terus menjaga kualitas barang serta membuat produk mereka menjadi semurah mungkin

3.    Produksi cepat 

Selain produknya yang bagus, Cina juga dikenal sebagai produsen yang memproduksi barang dalam jumlah besar dengan proses yang cepat. Sehingga, selaku importir Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan stok barang. Selain memiliki teknologi yang canggih, China juga mempunyai pekerja yang disiplin dan tangguh. Jadi, tidak salah jika produksi mereka begitu banyak dan cepat.

Cara impor barang dari China

Bagaimana? Apakah Anda semakin tertarik untuk memulai bisnis ini? Anda tidak perlu modal yang besar untuk memulainya. Bahkan jika Anda tidak punya modal sama sekali Anda bisa menjadi dropshipper untuk barang-barang impor tersebut. Banyak marketplace yang memungkinkan Anda untuk melakukannya. Selain itu, Anda juga bisa memperoleh pinjaman jika Anda mau. Terkadang untuk menjadi besar, kita harus rela sedikit berkorban. 

Untuk bisa memulai bisnis impor yang menjanjikan ini, tidak ada salahnya untuk mendapat kan sedikit pinjaman. Namun, tidak sedikit orang yang akhirnya mengurungkan niatnya tersebut. Mereka beranggapan bahwa proses pencairan dana pinjaman bank sangat sulit dan butuh jaminan. Sedangkan pinjaman online sangat berisiko bagi mereka, belum lagi nasabah dihadapkan pada suku buka yang sangat besar. Hal ini tentu tidak baik bagi keuangan pebisnis pemula dengan modal yang minim. 

Kredit pintar adalah sebuah solusi untuk para calon pebisnis masa kini. Tidak hanya proses pencairan yang mudah dan cepat, tapi sistem ini memungkinkanmu untuk melakukan transaksi dari mana saja dan kapan saja. Mereka juga ramah pada kantong nasabah, angsuran ringan dengan bunga yang rendah. 

Setelah memiliki cukup modal, selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara melakukan impor barang dari China. 

1. Melalui marketplace

Metode pertama yang dapat dilakukan untuk mendapatkan barang-barang berharga super miring dari China untuk dijual kembali di pasar Indonesia adalah melalui marketplaces. Istilah marketplace mungkin sudah sangat familiar di telinga orang Indonesia. Namun, jika ini pertama kalinya Anda mendengar istilah ini maka gambarannya adalah sebuah tempat yang mewadahi transaksi antara penjual dan pembeli. Dimana penjual memiliki toko di tempat tersebut layaknya sebuah pasar atau mall di dunia nyata. 

Terdapat banyak pilihan marketplace yang dapat digunakan untuk melakukan impor barang dari China, seperti Alibaba groub (Alibaba.com, aliexpress.com, 1688.com), Taobao, JD.ID Global, Lazada global, dan shopee. 

– Alibaba groub

Alibaba merupakan sebuah perusahaan raksasa di bidang marketplace yang sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu. Alibaba memiliki jutaan pelanggan diseluruh dunia dengan berbagai jenis penjualan. Pedagang China sudah lama menjadi bagian dari Alibaba. Anda bisa memesan barang melalui tiga website alibaba group yang telah disebutkan di atas. Barang tersedia dalam jumlah besar, sehingga Anda bisa membeli secara grosir. Pembayaran biasanya dilakukan melalui kartu kredit, PayPal atau western union.  

Perusahaan turunan dari alibab, 1688.com memiliki bahasa mandarin sebagai bahasa pengantar di websitenya. Namun, Anda tidak oerlu khawatir karena mereka mengizinkan fitur translate untuk dapat menerjemahkan apa yang tertera pada lama website ke dalam bahasa yang Anda mengerti. 

-Taobao

 Situs ini memang tidak sepopuler alibaba, namun banyak importir yang merekomendasikan situs ini. Jika ingin mencobanya, Anda dapat mengunjungi world.taobao.com. Terdapat banyak pilihan barang yang menanti Anda disana.

-JD.ID global, Lazada Global, dan Shopee

Mereka adalah tiga marketplace yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, karena iklannya yang tersebar dimana-mana. Mungkin Anda bisa menyaksikan iklan shopee sebanyak sepuluh kali dalam sehari di siaran televisi rumah Anda. Atau lzada dan JD.ID yang kerap muncul di channel youtube yang sedang Anda tonton. Ketiga situs tersebut juga bisa menjadi wadah bagi Anda untuk impor barang dari China. Untuk JD.ID, Anda bisa mengunjungi global.jd.id. Sedangkan untuk lazada dan shopee cukup dengan mengatur filter lokasi menjadi luar negeri. 

2.    Melalui pelabuhan

Cara ini merupakan cara kuno. Sudah dilakukan jauh sebelum adanya jaringan internet. Namun, hingga saat ini masih banyak yang melakukannya terutama yang melakukan pesanan dalam jumlah besar. Metode ini mengharuskan penjual dan pembeli bertemu secara langsung untuk melakukan transaksi dan negosiasi. Mereka akan bertemu di pelabuhan dan melakukan proses pengiriman melalui pelabuhan itu juga.

Syarat impor barang dari China

Untuk yang melakukannya melalui marketplace, sepertinya tidak ada syarat khusus yang diberlakukan. Namun, jika Anda melakukannya sendiri dengan berkomunikasi secara langsung dengan perusahaan di China maka terdapat beberapa syarat yang harus Anda penuhi.

  • Memiliki kelengkapan perizinan impor seperti API, NIK, NPWP dan kelengkapan lainnya. 
  • Importir harus menyiapkan dokumen berupa invoice, packing list, HS code number dan brosur barang.
  • Membawa semua syarat dan kelengkapan dokumen tersebut ke kantor bea cukai dan pastikan mereka sesuai.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk impor barang dari China. Jangan takut untuk memulai bisnis ini, apalagi jika hanya perkara modal. Karena sekarang sudah ada kredit pintar yang bisa menjamin pinjaman online Anda berjalan dengan lancar, begitu juga dengan bisnis yang sedang Anda rencanakan

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload